Satu Jam Bersama Pak Selamet, Cerita Sukses Budidaya Ikan Lele

Foto: Selamet Riyadi dan lokasi budidaya ikan lele miliknya.

TANGERANG | Jika ada kemauan pasti ada jalan. Adagium inilah yang diyakini Selamet Riyadi untuk banting setir dari semula sebagai sopir menjadi pembudidaya ikan lele.

Pria usia 62 tahun ini terus membagikan semangatnya dalam menggeluti usaha di bidang peternakan. Ia sudah delapan tahun dikenal sebagai pemijah ikan lele.

Ketekunan Selamet di tengah peluang bisnis budidaya ikan lele yang sedang naik daun, membuatnya mampu meraup cuan yang tidak sedikit.

Kepada Vinus, Selamet mengaku pernah bekerja sebagai supir Arimbi selama 25 tahun. Antar jemput karyawan KMK. Dari Cikupa ke Jambe.

Baca Juga

Dia nekat berhenti dari pekerjaannya untuk fokus menjadi pembudidaya lele secara menyeluruh. Mulai dari pemijahan, pembesaran, sampai penjualan.

“Dulu kerja di Arimbi selama 25 tahun. Pada tahun 2013 berhenti. Setelah itu fokus belajar pemijahan dan pembesaran ikan lele,” ujarnya saat berbincang dengan Vinus, pada Sabtu, (18/09).

Selamet pernah mengikuti beberapa kali pelatihan. Seperti: Bimtek Diversifikasi Usaha Budidaya Perikanan, Transfer Teknologi Nutrisi Pakan Alami dan Buatan, dan Pelatihan Budidaya Ikan Hias dan Ikan Konsumsi.

Selain itu, dirinya juga sudah mendapat Sertifikat Operator Budidaya Perikanan. Usaha yang ia geluti selama delapan tahun kini sudah mendapatkan hasil.

Selamet mengatakan, lele yang dijual ukuran 5 sampai 8 cm. Tak hanya itu, ia juga menjual indukan lele. Berbagai jenis.

Untuk ukuran 5-6 cm dijual dengan harga 200 rupiah. Sedangkan ukuran 7-8 harganya 250 rupiah. Itu jika partai besar. Kalau eceran harganya beda, lebih mahal.

Adapun jenis lele yang dijual berupa Sangkuring dan Mutiara. Menurutnya, budidaya lele dari pemijahan sampai bisa dikonsumsi membutuhkan waktu 5 bulan.

“Kalau dari ukuran 5-6 cm, tiga bulan sudah bisa dikonsumsi atau dijual. Ukuran daging 10 ekor per kilo, itu hasil pembesaran” tuturnya.

Tata Cara Pemijahan

Selamet menuturkan, berkembang biak merupakan salah satu cara makhluk hidup untuk meneruskan keturunan agar tidak punah. Perkembangbiakan makhluk hidup yang baik, dilakukan sesuai naluri dan tanpa campur tangan dari manusia.

Begitu juga dengan lele. Apabila sudah memasuki waktu untuk melakukan perkawinan atau pemijahan, ikan tersebut akan melakukannya secara alamiah tanpa adanya bantuan dari manusia.

Berikut tata cara pemijahan lele:

Pertama, masukkan induk lele betina dan jantan yang siap dipijah ke dalam kolam. Buat suasana kondusif sesuai dengan syarat hidup ikan lele. Sesekali amati pasangan lele tersebut. Kemudian diamkan selama 24 jam.

Masih kata Selamet, pada pagi harinya, lihat kembali kolam pemijahan. Jika sudah selesai proses pemijahan, maka telur ikan sudah tampak ada disekitaran media injuk.

Kemudian, pisahkan antara indukan dengan telur yang berada di injuk ke dalam kolam steril. Setelah satau sampai dua hari, telur akan menetas dan menjadi larva lele, beri makan cacing sutra selama dua minggu, baru perkenalkan makanan jenis pelet.

Baca Juga

“Pemindahan indukan ini perlu dilakukan karena ikan lele memiliki sifat kanibalisme. Sehingga jika dibiarkan di kolam pemijahan, maka lele tersebut akan memakan telur-telurnya,” katanya.

Siap Berbagi Ilmu

Pria kelahiran Betawi ini menceritakan, dirinya memulai semuanya dari nol. Hingga kini, area ternaknya menjadi laboratorium pendidikan bagi pelajar maupun masyarakat umum.

Bagi Selamet, selain menghasilkan uang, kesuksesannya dalam pemijahan lele diharapkan mampu menginspirasi yang lain. Termasuk generasi milenial untuk berternak.

Ia juga bersedia mengajarkan anak muda yang tertarik mengikuti langkahnya untuk sukses menjadi seorang pembudidaya ikan lele.

“Siap, datang saja ke tempat saya di Kampung Pabuaran atau Sodong PLN Desa Sodong Kecamatan Tigaraksa, atau bisa menghubungi 0852-8455-6269,” ucapnya bersemangat.

Pengalaman Gagal

Perjalanan usaha Selamet tidak melulu mulus. Pada tahun 2019 ia mengalami kerugian. Ikan lelenya mati semua.

Penyebabnya ialah saat itu cuaca yang tidak menentu. Ditandai dengan curah hujan tinggi, namun tiba-tiba langsung panas.

Hal ini mempengaruhi suhu kolam tempat lele dibesarkan. Berdampak pada suhu air mendadak panas dan ikan lele pada mati.

Menurutnya, daya tahan tubuh benih lele tidak mampu menghadapi perubahan cuaca yang cukup ekstrem.

“Selama satu bulan rugi 4 juta. Namun, ya, disukuri aja Kang,” ujarnya sambil tersenyum.

Keuntungan

Kini, usaha pemijahan lele milik Selamet banyak dikunjungi dari sekitar Tangerang. Ada juga dari Bogor bagian barat. Untuk belajar usaha atau sekadar membeli lele.

Selamet juga mengenang, rintisan menjadi pemijah lele memang tidak mudah. Semenjak dirinya menjadi sopir karyawan, sudah berpikir untuk budidaya ikan berkumis ini.

Ia mengaku, diawal uji coba usahanya tak memiliki banyak modal dan hanya mengandalkan 1 kolam. Hanya butuh 500 ribu untuk membeli terpal dan bibit lele.

“Tahun 2013 saya bertekad memulai budidaya lele, awalnya 1 kolam. Saat ini sudah punya 27 kolam,” ungkapnya.

Kini, Ayah 3 anak dan 5 cucu ini usaha budidaya ikan lele di tanah pribadi seluas 600 meter. Ditemani sang istri tercinta, Sumiati.

Hasil Budidaya lele Selamet bisa meraup 4 sampai 5 juta setiap bulan. Pernah juga sekali panen bisa membeli sepeda motor. “Alhamdulillah,” katanya sambil seruput kopi buatan istri tercinta.

“Dulu modal awal pake uang istri. Uang tersebut untuk dibelikan terpal dan bibit ikan lele,” pungkasnya.

Selamet Riyadi juga menerima tamu yang hanya sekadar ingin bertanya-tanya atau belajar. Rumahnya terbuka. Dan siap berbagi ilmu. |We

 5,245 kali dilihat,  3 kali dilihat hari ini

TANGERANG | Perhelatan Musyawarah Daerah (Musda) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Tangerang tinggal menghitung hari. Beberapa figur mulai bermunculan. Salah satu kandidat yang siap...

TANGERANG | Seorang Balita di Desa Pasir Muncang Kecamatan Jayanti mengalami kurang gizi. Kondisi bayi usia 8 bulan tersebut begitu memprihatinkan. Bayi bernama Maudi itu...

TANGERANG | Saya siap maju memperebutkan kursi Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Tangerang pada Musda XV mendatang. Kesiapan perebutan pucuk pimpinan induk organisasi...

Oleh: Muhdi Perdiansyah* SANTRI, ketika mendengar kata ini apa yang terlitas di pikiran ? Ya, mungkin jawabannya ialah kaum sarungan, berkopiah, atau pun yang mengkaji...

VINUS TV

BERITA TERBARU

Nok Ida Daftar Calon Ketua KNPI, Tim Pemenangan: Ini Bukti Keseriusan

TANGERANG | Ketua KNPI Kecamatan Rajeg Nok Ida datangi Graha Pemuda. Mendaftarkan diri sebagai bakal calon ketua KNPI Kabupaten Tangerang. Kedatangan Nok Ida didampingi oleh...

Memaknai Hari Santri Nasional

Oleh: Muhdi Perdiansyah* SANTRI, ketika mendengar kata ini apa yang terlitas di pikiran ? Ya, mungkin jawabannya ialah kaum sarungan, berkopiah, atau pun yang mengkaji...

Andika Hazrumy: Banten Pengekspor Ekonomi Kreatif Terbesar, Tapi Partisipasi Generasi Milenial Masih Rendah

BANTEN | Berdasarkan data Kemenparekraf RI, Provinsi Banten merupakan pengekspor ekonomi kreatif ketiga terbesar nasional. Namun, di sisi lain partisipasi generasi milenial pada sektor...

Peringati Hari Santri, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Launching Aplikasi NU Tangerang

TANGERANG | Peringatan Hari Santri Nasional yang jatuh pada bulan Oktober, selalu dirayakan setiap tahunnya. Tak terkecuali oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Tangerang. Tahun...

Panitia Musda KNPI: Setelah Verifikasi Jumlah Pemilih Ada 107 Suara

TANGERANG | Steering Committee (SC) Musda ke-XV KNPI Kabupaten Tangerang telah menetapkan peserta dan peninjau. Termasuk jumlah undangan.  Hari ini, rangkaian Musda memasuki tahapan pendaftaran...

Jelang Musda, Nok Ida Nyatakan Siap Maju Sebagai Calon Ketua KNPI   

TANGERANG | Perhelatan Musyawarah Daerah (Musda) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Tangerang tinggal menghitung hari. Beberapa figur mulai bermunculan. Salah satu kandidat yang siap...

Maudi, Balita Asal Tangerang Derita Kurang Gizi

TANGERANG | Seorang Balita di Desa Pasir Muncang Kecamatan Jayanti mengalami kurang gizi. Kondisi bayi usia 8 bulan tersebut begitu memprihatinkan. Bayi bernama Maudi itu...

Rakernas JMSI Akan Dihadiri Ketua DPR dan Dewan Pers

SEMARANG | Walikota Semarang Hendrar Prihadi menyambut baik dan sangat mendukung penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) di Kota...

Rubah Kuda-Kuda, Joe Dipasang Tarung Perebutan KNPI Tangerang

TANGERANG | Saya siap maju memperebutkan kursi Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Tangerang pada Musda XV mendatang. Kesiapan perebutan pucuk pimpinan induk organisasi...

IKLAN

BERITA TERPOPULER

Bendera Negara Asing Berkibar di Klinik Milik PNS, Warga Minta Aparat Bertindak Tegas

TANGERANG | Pemandangan kurang pantas terjadi di Perumahan Villa Tangerang Elok Kelurahan Kuta Jaya Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang. Berkibar bendera Palestina tanpa berdampingan...

Setelah Didemo Warga Terkait BLT, Kepala Desa Lebak Wangi Gantung Diri

TANGERANG | Kabar duka datang dari Kepala Desa Lebak Wangi Kecamatan Sepatan Timur Kabupaten Tangerang. Setelah sebelumya didemo masyarakat terkait transparansi bantuan Covid-19, Kepala...

Warga Sekitar Kawasan Millenium Butuh Pekerjaan, Pabrik Lebih Memilih Titipan Dinas

TANGERANG | Puluhan warga berunjuk rasa di depan PT Green Source Indonesia (GSI) yang berlokasi Kawasan Industri Millenium Kelurahan Kaduagung Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang. Tidak...

Miris, BLT Pusat Terindikasi Diselewengkan Aparat Kelurahan Sukamulya

TANGERANG | Merasa janggal terkait undangan pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari APBN melalui Kantor Pos, Siti Aminah mempertanyakan bantuan yang hendak...

Ingin Mengajukan Bantuan Presiden Tanpa Antre, Begini Caranya

TANGERANG | Kabar baik bagi para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UMKM). Khususnya yang terdampak pandemi Covid-19. Lantaran pemerintah akan memberikan langsung Bantuan Presiden Produktif...

Banten Berduka, Qori Internasional Hawasyi Nawawi Tutup Usia

TANGERANG | Kabar duka datang dari Qori Internasional sekaligus pimpinan Pondok Pesantren Quran Annawawiyah, KH. Hawasyi Nawawi. Kepastian kabar duka itu dibagikan keluarga besar, santri,...

Ini Jadwal dan Tahapan Pilkades Serentak Kabupaten Tangerang

TANGERANG | Jadwal tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 77 desa se-Kabupaten Tangerang telah selesai dibahas. Bahkan sudah mulai disosialisasikan oleh dinas terkait. Mulai...

AGENDA

BERITA TERKAIT

Teras Kayoe Balaraja, Kafe Unik Incaran Kaum Milenial

TANGERANG | Kafe menjadi usaha yang banyak digeluti saat ini. Umumnya, ditargetkan untuk milenial yang menyukai suasana baru. Tempat yang asyik, pas untuk berkumpul,...

Komunitas Cangkir Jalanan Serbu Citra Raya, Sajikan Seribu Kopi Gratis

TANGERANG | Hari Kopi Internasional jatuh pada awal bulan Oktober. Selalu diperingati oleh beragam pecinta kopi. Tak terkecuali Komunitas Cangkir Jalanan. Momentum tersebut digunakan Komunitas...

Unik! Mahasiswa Ini Rintis Usaha Kedai Kopi Sepeda

TANGERANG | Tempat ngopi saat ini begitu menjamur di berbagai daerah. Paling umum berkonsep kafe atau kedai. Namun, di Talaga Bestari ada kedai kopi...

Mengenal Jenis Pisang Cavendish, Pas Untuk Dikembangkan

PISANG cavendish menjadi salah satu komoditas yang mempunyai peluang besar di pasaran. Tak heran jika pisang jenis ini kerap memenuhi rak supermarket dan pasar-pasar...

Pengobatan Alternatif Asep Setrum, Tangani Stroke dan Urat Kejepit

PENGOBATAN alternatif masih cukup populer dan banyak diminati masyarakat di era modern saat ini. Terapi strum salah satunya. Diyakini dapat menyembuhkan stroke. Hal itu diungkapkan...

Bahaya Konsumsi Daging Kambing Berlebihan

TANGERANG | Umat Islam merayakan Iduladha 1442 H. Seperti diketahui, hari raya ini identik dengan hidangan berbahan dasar daging.  Selain sapi, daging kambing merupakan yang...

Si Lidah Emas Dirampok Begal

Cerita pendek oleh: Budi Sabarudin (Budi Euy)* NEGERI Orowodol gempar segempar-gemparnya. Penyebabnya, seorang politisi yang dijuluki si Lidah Emas dirampok begal. Lidahnya dibawa kabur. Entah...

IKLAN

SEPUTAR BANTEN

Andika Hazrumy: Banten Pengekspor Ekonomi Kreatif Terbesar, Tapi Partisipasi Generasi Milenial Masih Rendah

BANTEN | Berdasarkan data Kemenparekraf RI, Provinsi Banten merupakan pengekspor ekonomi kreatif ketiga terbesar nasional. Namun, di sisi lain partisipasi generasi milenial pada sektor...

Bus Rombongan Ziarah Asal Curug Alami Kecelakaan Beruntun

TANGERANG | Empat bus pariwisata yang membawa rombongan peziarah mengalami kecelakaan beruntun di Tol Tangerang-Merak KM 69, pada Sabtu, (16/10). Dalam rekaman video amatir yang...

Respons Tindakan Polisi, GEMA Mathla’ul Anwar Banten: Seharusnya Tidak Dengan Kekerasan

BANTEN | Reaksi terhadap aksi polisi yang membanting mahasiswa saat unjuk rasa di Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang mendapat tanggapan dari berbagai kalangan. Kali ini datang...

GEMA Mathla’ul Anwar Dukung Erick Tohir Bersihkan Indikasi Korupsi Krakatau Steel

BANTEN | Dewan Pimpinan Pusat Generasi Muda (DPP GEMA) Mathla'ul Anwar mendukung langkah Erick Thohir bersih-bersih BUMN. Termasuk PT Krakatau Steel. Pasalnya, perusahaan pelat merah...

Keterbukaan Informasi Publik Sebuah Keniscayaan

BANTEN | Informasi publik merupakan satu kebutuhan dan suatu keniscayaan di tengah masyarakat yang semakin terbuka. Sebab seluruh masyarakat berhak mengakses informasi yang dimiliki...

Dinilai Cacat Hukum, HPN Se-Banten Menolak Konferwil Mambruk

BANTEN | Konferensi Wilayah (Konferwil) Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) yang sedianya akan digelar pada Sabtu, (09/10) mendatang, mendapat penolakan dari Pengurus Cabang (PC) HPN...

Refleksi HUT Banten ke-21: Korupsi, Kemiskinan, dan Pengangguran Masih Jadi Persoalan

BANTEN | Provinsi Banten genap berusia 21 tahun, tepat hari ini, Senin 04 Oktober 2021. Peringatan HUT tahun ini Pemprov mengusung tema ‘Banten Sehat,...

IKLAN

SEPUTAR DESA

Ini Jadwal dan Tahapan Pilkades Serentak Kabupaten Tangerang

TANGERANG | Jadwal tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 77 desa se-Kabupaten Tangerang telah selesai dibahas. Bahkan sudah mulai disosialisasikan oleh dinas terkait. Mulai...

Banyak Kejanggalan, Belasan Warga Cibadak Datangi Kecamatan, Persoalkan Penggunaan Dana Desa

TANGERANG | Penggunaan dana desa sejatinya diprioritaskan untuk membiayai pembangunan, pemberdayaan, dan penyelenggaraan pemerintahan desa. Transparansi penggunaan Dana Desa mutlak adanya. Agar publik bisa mengetahui....

Realisasi Pembangunan Desa Bantar Panjang Banyak Masalah, Camat Tigaraksa Tetap Rekomendasi Pencairan

TANGERANG | Carut-marut realisasi pembangunan Desa Bantar Panjang Kecamatan Tigaraksa tidak berarti kucuran dana dari pemerintah tersendat. Hal ini terbukti dari terus berlangsung pencairan dana...

Refleksi 7 Tahun UU Desa: Ingat, Desa Membangun, Bukan Membangun Desa

TANGERANG | Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa sudah memasuki tahun ketujuh. Sejak disahkan pada 15 Januari 2014. Dalam rangka refleksi 7 tahun terbitnya...

Pemdes Pete Tetapkan 362 Penerima BLT Dana Desa

TANGERANG | Pemerintahan Desa Pete Kecamatan Tigaraksa melakukan Musyawarah Desa. Agenda tersebut membahas validasi, finalisasi, serta penetapan calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang...

Pengumuman: Pilkades Tangerang Digelar Juli 2021

TANGERANG | Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 77 desa se-Kabupaten Tangerang akan digelar bulan Juli tahun ini. Adapun terkait tahapan dimulai pada...

Serdang Wetan Wakili Banten Dalam Ajang Pemilihan Desa Brilian Bacth 1 Tingkat Nasional

TANGERANG | Penghargaan tingkat nasional diberikan kepada 10 desa pada program Desa Brilian Bacth 1 tahun 2021 oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI). Salah satunya...