Unik! Mahasiswa Ini Rintis Usaha Kedai Kopi Sepeda

Foto: Ahmad Pucuk Maksum dan kedai kopi sepeda miliknya.

TANGERANG | Tempat ngopi saat ini begitu menjamur di berbagai daerah. Paling umum berkonsep kafe atau kedai. Namun, di Talaga Bestari ada kedai kopi dengan konsep unik.

Mengusung nama SEKOLAH (Sepeda Kopi Lah). Kedai ini menjadi pembeda dari tukang kopi lainnya. Tampilannya sederhana, tapi keberadaannya cukup menarik perhatian.

Pemiliknya adalah Ahmad Pucuk Maksum. Mahasiswa semester 3 UNIS Tangerang ini melakukan inovasi usaha di masa pandemi dengan modal terjangkau. Usaha kedai kopi dengan sepeda.

Pucuk, sapaan akrabnya, mendesain gerobaknya seperti perkakas. Bisa digunakan sebagai meja, sekaligus tempat menyimpan berbagai perlengkapan untuk meracik kopi.

Baca Juga

Dengan peralatan layaknya barista kafe mahal, Pucuk pun tak kalah lihai meracik kopi. Begitu ada pesanan, ia dengan segera menyajikannya. Dalam waktu tidak terlalu lama.

“Ide awalnya gara-gara gagal bikin kedai kopi permanen. Terus temen kasih ide buat bikin kopi di sepeda,” ujarnya saat berbincang dengan Vinus, pada Minggu, (03/10).

Pucuk mengaku, bakat meracik kopi didapatnya secara otodidak. Melalui teman dan melihat YouTube. Bukan melalui kursus barista yang harganya mahal itu.  

Ia hanya banyak bertanya dan belajar dari bebebrapa teman yang sudah dulu buka usaha serupa. Teman waktu di Bandung. Yang sudah lama menjalani usaha kopi.

Meski begitu, tidak mengurangi kualitas menu kopi yang diraciknya. Pelanggannya pun menjaring dari semua kalangan. Mulai anak-anak, hingga orang dewasa. Bahkan tidak sedikit dari kalangan orang tua.

Kedai kopi sepeda milik Pucuk buka setiap hari di dua tempat berbeda. Setiap malam Senin sampai Sabtu, ia berjualan di dekat Patung Balaraja. Sesekali ke lampu merah.

Sedangkan untuk hari Minggu, Pucuk berjualan di Talaga Bestari. Tepatnya di depan TK 123. Buka dari pukul 7 pagi sampai 12 siang. Biasanya jam 10 bergeser ke dekat Indomaret.

“Pembelinya banyak dari orang-orang yang sedang olahraga di kawasan Talaga Bestari. Ada juga yang tidak sengaja karena penasaran dengan kedai kopi sepeda,” tuturnya.

Beragam Menu

Kedai kopi sepeda milik pucuk memiliki beragam sajian kopi yang bisa dipilih. Mulai dari Vietnam Drip, SMA (susu mix aren), V69, hingga Ekonomi (tubruk). Ada juga es kopi gula aren.

Soal rasa, tak perlu diragukan lagi. Sudah banyak penikmat kopi yang mulai tersihir racikan Pucuk. Bahkan pengakuannya sudah mulai banyak yang kembali datang karena ingin kembali seruput kopi buatannya.

Meski hanya dari pinggir jalan, rasanya tak kalah dari minuman yang disajikan di kedai, kafe, atau restoran. Tentu dengan harga yang terjangkau. Murah tapi tidak murahan. Terjangkau oleh berbagai kalangan.

“Harganya mulai dari 5 sampai 10 ribu. Itu sudah bisa ngobrol soal barista. Juga sharing usaha kopi sepeda,” jelas Pucuk sembari meracik kopi pesanan pelanggan.

Konsumen pun tinggal menikmati kopi di tengah suasana yang cukup asri. Dengan banyaknya pepohonan besar di sekitar lokasi. Sambil menikmati suasana. Diselingi canda dan obrolan ringan. Sesama pembeli.

Jika dirasa kurang nyaman dengan suasana di lokasi, sambung pria usia 22 tahun itu, kopi tinggal dibawa dan dinikmati di tempat lain. Disediakan gelas siap saji. Bentuknya unik dan sederhana.

“Untuk informasi lebih lanjut, kepoin aja Instagram @sekoolah, ada banyak yang di share,” kata pria kelahiran Cikupa ini.

Modal dan Keuntungan

Pria lulusan salah satu SMA Negeri di Kabupaten Tangerang ini menuturkan, membuka usaha seperti kedai kopi tak melulu harus dimulai dengan modal besar. Soal uang tidak menjadi utama.

Salah satu cara menekan besaran modal awal dengan tidak menyewa ruko, tapi membuka lapak non permanen. Seperti kedai kopi di atas sepeda. Seperti yang Ia iya tekini saat ini.

“Modal awal kira-kira abis sekitar 3 jutaan. Buat bikin gerobak dan beli alat-alat, termasuk membeli sepeda second,” kata pria yang tinggal di Perumahan Villa Balaraja ini.

Adapun alat-alat yang dipersiapkan untuk merintis kedai kopi sepeda antara lain: kompor portable, grinder manual, termometer suhu, timbangan, teko air, V69, vietnam drip, dan beberapa alat penunjang lainnya.

Lebih lanjut, Pucuk mengungkapkan, sejak membuka kedai kopi SEKOLAH pada bulan Juli 2021 lalu, omzet penjualannya tembus 20 hingga 40 cangkir per hari. Bahkan sesekali bisa sampai 50.

“Untuk keuntungan bersih, kisaran antara 80 sampai 120 ribu per hari, kalau malam Minggu lebih besar, bisa tembus 125 ribu,” ungkapnya seraya tersenyum.

Tantangan di Tengah Pandemi

Bagi Pucuk, membuka usaha di tengah pandemi memang memiliki tantangan tersendiri. Apalagi, aturan dan kebijakan pemerintah juga berubah-ubah. Terkait PPKM saat pandemi Covid-19.

Sejak awal usaha ini didirikan, geliat yang ada dirasa lumayan menggiurkan. Dalam sehari ia bisa mencapai 50 cangkir kopi terjual. “Alhamdulillah,” katanya bersyukur.

Pria kelahiran tahun 1999 ini menceritakan, pernah pemasukan turun drastis. Semenjak adanya PPKM Darurat. Bahkan kesulitan mencari lokasi keramaian. Serba dilarang. Namun dirinya tidak merasa rugi, lantaran kopi diracik saat ada pembeli.

“Kendalanya di situ (aturan yang berbah-ubah) sih. Kan pelanggan kebanyakan minum di tempat ya, sedangkan PPKM Darurat waktu itu dibatasi. Makanya penjualan sempat berkurang,” tuturnya.

Namun, kini usahanya mulai bangkit lagi seiring angka kasus Covid-19 mulai melandai dan ada kelonggaran untuk para pedagang. Pendapatan Pucuk kembali normal. Semalam saja mengantongi untung 110 ribu.

Menurut Pucuk, layaknya bisnis lainnya, menjadi usahawan kedai kopi sepeda tak hanya dibutuhkan keterampilan dan semangat saja, tapi juga harus konsisten. Meski diterpa beberapa kondisi bukan alasan untuk menyerah.

Sukses merupakan tujuan dalam berbisnis, namun hal tersebut tentu akan dapat diperoleh secara bertahap dan membutuhkan proses. Bagaimana, tertarik untuk berbisnis kedai kopi sepeda? |We

 4,140 kali dilihat,  4 kali dilihat hari ini

TANGERANG | Perhelatan Musyawarah Daerah (Musda) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Tangerang tinggal menghitung hari. Beberapa figur mulai bermunculan. Salah satu kandidat yang siap...

TANGERANG | Seorang Balita di Desa Pasir Muncang Kecamatan Jayanti mengalami kurang gizi. Kondisi bayi usia 8 bulan tersebut begitu memprihatinkan. Bayi bernama Maudi itu...

TANGERANG | Saya siap maju memperebutkan kursi Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Tangerang pada Musda XV mendatang. Kesiapan perebutan pucuk pimpinan induk organisasi...

Oleh: Muhdi Perdiansyah* SANTRI, ketika mendengar kata ini apa yang terlitas di pikiran ? Ya, mungkin jawabannya ialah kaum sarungan, berkopiah, atau pun yang mengkaji...

VINUS TV

BERITA TERBARU

Nok Ida Daftar Calon Ketua KNPI, Tim Pemenangan: Ini Bukti Keseriusan

TANGERANG | Ketua KNPI Kecamatan Rajeg Nok Ida datangi Graha Pemuda. Mendaftarkan diri sebagai bakal calon ketua KNPI Kabupaten Tangerang. Kedatangan Nok Ida didampingi oleh...

Memaknai Hari Santri Nasional

Oleh: Muhdi Perdiansyah* SANTRI, ketika mendengar kata ini apa yang terlitas di pikiran ? Ya, mungkin jawabannya ialah kaum sarungan, berkopiah, atau pun yang mengkaji...

Andika Hazrumy: Banten Pengekspor Ekonomi Kreatif Terbesar, Tapi Partisipasi Generasi Milenial Masih Rendah

BANTEN | Berdasarkan data Kemenparekraf RI, Provinsi Banten merupakan pengekspor ekonomi kreatif ketiga terbesar nasional. Namun, di sisi lain partisipasi generasi milenial pada sektor...

Peringati Hari Santri, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Launching Aplikasi NU Tangerang

TANGERANG | Peringatan Hari Santri Nasional yang jatuh pada bulan Oktober, selalu dirayakan setiap tahunnya. Tak terkecuali oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Tangerang. Tahun...

Panitia Musda KNPI: Setelah Verifikasi Jumlah Pemilih Ada 107 Suara

TANGERANG | Steering Committee (SC) Musda ke-XV KNPI Kabupaten Tangerang telah menetapkan peserta dan peninjau. Termasuk jumlah undangan.  Hari ini, rangkaian Musda memasuki tahapan pendaftaran...

Jelang Musda, Nok Ida Nyatakan Siap Maju Sebagai Calon Ketua KNPI   

TANGERANG | Perhelatan Musyawarah Daerah (Musda) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Tangerang tinggal menghitung hari. Beberapa figur mulai bermunculan. Salah satu kandidat yang siap...

Maudi, Balita Asal Tangerang Derita Kurang Gizi

TANGERANG | Seorang Balita di Desa Pasir Muncang Kecamatan Jayanti mengalami kurang gizi. Kondisi bayi usia 8 bulan tersebut begitu memprihatinkan. Bayi bernama Maudi itu...

Rakernas JMSI Akan Dihadiri Ketua DPR dan Dewan Pers

SEMARANG | Walikota Semarang Hendrar Prihadi menyambut baik dan sangat mendukung penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) di Kota...

Rubah Kuda-Kuda, Joe Dipasang Tarung Perebutan KNPI Tangerang

TANGERANG | Saya siap maju memperebutkan kursi Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Tangerang pada Musda XV mendatang. Kesiapan perebutan pucuk pimpinan induk organisasi...

IKLAN

BERITA TERPOPULER

Bendera Negara Asing Berkibar di Klinik Milik PNS, Warga Minta Aparat Bertindak Tegas

TANGERANG | Pemandangan kurang pantas terjadi di Perumahan Villa Tangerang Elok Kelurahan Kuta Jaya Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang. Berkibar bendera Palestina tanpa berdampingan...

Setelah Didemo Warga Terkait BLT, Kepala Desa Lebak Wangi Gantung Diri

TANGERANG | Kabar duka datang dari Kepala Desa Lebak Wangi Kecamatan Sepatan Timur Kabupaten Tangerang. Setelah sebelumya didemo masyarakat terkait transparansi bantuan Covid-19, Kepala...

Warga Sekitar Kawasan Millenium Butuh Pekerjaan, Pabrik Lebih Memilih Titipan Dinas

TANGERANG | Puluhan warga berunjuk rasa di depan PT Green Source Indonesia (GSI) yang berlokasi Kawasan Industri Millenium Kelurahan Kaduagung Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang. Tidak...

Miris, BLT Pusat Terindikasi Diselewengkan Aparat Kelurahan Sukamulya

TANGERANG | Merasa janggal terkait undangan pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari APBN melalui Kantor Pos, Siti Aminah mempertanyakan bantuan yang hendak...

Ingin Mengajukan Bantuan Presiden Tanpa Antre, Begini Caranya

TANGERANG | Kabar baik bagi para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UMKM). Khususnya yang terdampak pandemi Covid-19. Lantaran pemerintah akan memberikan langsung Bantuan Presiden Produktif...

Banten Berduka, Qori Internasional Hawasyi Nawawi Tutup Usia

TANGERANG | Kabar duka datang dari Qori Internasional sekaligus pimpinan Pondok Pesantren Quran Annawawiyah, KH. Hawasyi Nawawi. Kepastian kabar duka itu dibagikan keluarga besar, santri,...

Ini Jadwal dan Tahapan Pilkades Serentak Kabupaten Tangerang

TANGERANG | Jadwal tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 77 desa se-Kabupaten Tangerang telah selesai dibahas. Bahkan sudah mulai disosialisasikan oleh dinas terkait. Mulai...

AGENDA

BERITA TERKAIT

Teras Kayoe Balaraja, Kafe Unik Incaran Kaum Milenial

TANGERANG | Kafe menjadi usaha yang banyak digeluti saat ini. Umumnya, ditargetkan untuk milenial yang menyukai suasana baru. Tempat yang asyik, pas untuk berkumpul,...

Komunitas Cangkir Jalanan Serbu Citra Raya, Sajikan Seribu Kopi Gratis

TANGERANG | Hari Kopi Internasional jatuh pada awal bulan Oktober. Selalu diperingati oleh beragam pecinta kopi. Tak terkecuali Komunitas Cangkir Jalanan. Momentum tersebut digunakan Komunitas...

Satu Jam Bersama Pak Selamet, Cerita Sukses Budidaya Ikan Lele

TANGERANG | Jika ada kemauan pasti ada jalan. Adagium inilah yang diyakini Selamet Riyadi untuk banting setir dari semula sebagai sopir menjadi pembudidaya ikan...

Mengenal Jenis Pisang Cavendish, Pas Untuk Dikembangkan

PISANG cavendish menjadi salah satu komoditas yang mempunyai peluang besar di pasaran. Tak heran jika pisang jenis ini kerap memenuhi rak supermarket dan pasar-pasar...

Pengobatan Alternatif Asep Setrum, Tangani Stroke dan Urat Kejepit

PENGOBATAN alternatif masih cukup populer dan banyak diminati masyarakat di era modern saat ini. Terapi strum salah satunya. Diyakini dapat menyembuhkan stroke. Hal itu diungkapkan...

Bahaya Konsumsi Daging Kambing Berlebihan

TANGERANG | Umat Islam merayakan Iduladha 1442 H. Seperti diketahui, hari raya ini identik dengan hidangan berbahan dasar daging.  Selain sapi, daging kambing merupakan yang...

Si Lidah Emas Dirampok Begal

Cerita pendek oleh: Budi Sabarudin (Budi Euy)* NEGERI Orowodol gempar segempar-gemparnya. Penyebabnya, seorang politisi yang dijuluki si Lidah Emas dirampok begal. Lidahnya dibawa kabur. Entah...

IKLAN

SEPUTAR BANTEN

Andika Hazrumy: Banten Pengekspor Ekonomi Kreatif Terbesar, Tapi Partisipasi Generasi Milenial Masih Rendah

BANTEN | Berdasarkan data Kemenparekraf RI, Provinsi Banten merupakan pengekspor ekonomi kreatif ketiga terbesar nasional. Namun, di sisi lain partisipasi generasi milenial pada sektor...

Bus Rombongan Ziarah Asal Curug Alami Kecelakaan Beruntun

TANGERANG | Empat bus pariwisata yang membawa rombongan peziarah mengalami kecelakaan beruntun di Tol Tangerang-Merak KM 69, pada Sabtu, (16/10). Dalam rekaman video amatir yang...

Respons Tindakan Polisi, GEMA Mathla’ul Anwar Banten: Seharusnya Tidak Dengan Kekerasan

BANTEN | Reaksi terhadap aksi polisi yang membanting mahasiswa saat unjuk rasa di Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang mendapat tanggapan dari berbagai kalangan. Kali ini datang...

GEMA Mathla’ul Anwar Dukung Erick Tohir Bersihkan Indikasi Korupsi Krakatau Steel

BANTEN | Dewan Pimpinan Pusat Generasi Muda (DPP GEMA) Mathla'ul Anwar mendukung langkah Erick Thohir bersih-bersih BUMN. Termasuk PT Krakatau Steel. Pasalnya, perusahaan pelat merah...

Keterbukaan Informasi Publik Sebuah Keniscayaan

BANTEN | Informasi publik merupakan satu kebutuhan dan suatu keniscayaan di tengah masyarakat yang semakin terbuka. Sebab seluruh masyarakat berhak mengakses informasi yang dimiliki...

Dinilai Cacat Hukum, HPN Se-Banten Menolak Konferwil Mambruk

BANTEN | Konferensi Wilayah (Konferwil) Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) yang sedianya akan digelar pada Sabtu, (09/10) mendatang, mendapat penolakan dari Pengurus Cabang (PC) HPN...

Refleksi HUT Banten ke-21: Korupsi, Kemiskinan, dan Pengangguran Masih Jadi Persoalan

BANTEN | Provinsi Banten genap berusia 21 tahun, tepat hari ini, Senin 04 Oktober 2021. Peringatan HUT tahun ini Pemprov mengusung tema ‘Banten Sehat,...

IKLAN

SEPUTAR DESA

Ini Jadwal dan Tahapan Pilkades Serentak Kabupaten Tangerang

TANGERANG | Jadwal tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 77 desa se-Kabupaten Tangerang telah selesai dibahas. Bahkan sudah mulai disosialisasikan oleh dinas terkait. Mulai...

Banyak Kejanggalan, Belasan Warga Cibadak Datangi Kecamatan, Persoalkan Penggunaan Dana Desa

TANGERANG | Penggunaan dana desa sejatinya diprioritaskan untuk membiayai pembangunan, pemberdayaan, dan penyelenggaraan pemerintahan desa. Transparansi penggunaan Dana Desa mutlak adanya. Agar publik bisa mengetahui....

Realisasi Pembangunan Desa Bantar Panjang Banyak Masalah, Camat Tigaraksa Tetap Rekomendasi Pencairan

TANGERANG | Carut-marut realisasi pembangunan Desa Bantar Panjang Kecamatan Tigaraksa tidak berarti kucuran dana dari pemerintah tersendat. Hal ini terbukti dari terus berlangsung pencairan dana...

Refleksi 7 Tahun UU Desa: Ingat, Desa Membangun, Bukan Membangun Desa

TANGERANG | Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa sudah memasuki tahun ketujuh. Sejak disahkan pada 15 Januari 2014. Dalam rangka refleksi 7 tahun terbitnya...

Pemdes Pete Tetapkan 362 Penerima BLT Dana Desa

TANGERANG | Pemerintahan Desa Pete Kecamatan Tigaraksa melakukan Musyawarah Desa. Agenda tersebut membahas validasi, finalisasi, serta penetapan calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang...

Pengumuman: Pilkades Tangerang Digelar Juli 2021

TANGERANG | Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 77 desa se-Kabupaten Tangerang akan digelar bulan Juli tahun ini. Adapun terkait tahapan dimulai pada...

Serdang Wetan Wakili Banten Dalam Ajang Pemilihan Desa Brilian Bacth 1 Tingkat Nasional

TANGERANG | Penghargaan tingkat nasional diberikan kepada 10 desa pada program Desa Brilian Bacth 1 tahun 2021 oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI). Salah satunya...