Unik! Mahasiswa Ini Rintis Usaha Kedai Kopi Sepeda

Foto: Ahmad Pucuk Maksum dan kedai kopi sepeda miliknya.

TANGERANG | Tempat ngopi saat ini begitu menjamur di berbagai daerah. Paling umum berkonsep kafe atau kedai. Namun, di Talaga Bestari ada kedai kopi dengan konsep unik.

Mengusung nama SEKOLAH (Sepeda Kopi Lah). Kedai ini menjadi pembeda dari tukang kopi lainnya. Tampilannya sederhana, tapi keberadaannya cukup menarik perhatian.

Pemiliknya adalah Ahmad Pucuk Maksum. Mahasiswa semester 3 UNIS Tangerang ini melakukan inovasi usaha di masa pandemi dengan modal terjangkau. Usaha kedai kopi dengan sepeda.

Pucuk, sapaan akrabnya, mendesain gerobaknya seperti perkakas. Bisa digunakan sebagai meja, sekaligus tempat menyimpan berbagai perlengkapan untuk meracik kopi.

Baca Juga

Dengan peralatan layaknya barista kafe mahal, Pucuk pun tak kalah lihai meracik kopi. Begitu ada pesanan, ia dengan segera menyajikannya. Dalam waktu tidak terlalu lama.

“Ide awalnya gara-gara gagal bikin kedai kopi permanen. Terus temen kasih ide buat bikin kopi di sepeda,” ujarnya saat berbincang dengan Vinus, pada Minggu, (03/10).

Pucuk mengaku, bakat meracik kopi didapatnya secara otodidak. Melalui teman dan melihat YouTube. Bukan melalui kursus barista yang harganya mahal itu.  

Ia hanya banyak bertanya dan belajar dari bebebrapa teman yang sudah dulu buka usaha serupa. Teman waktu di Bandung. Yang sudah lama menjalani usaha kopi.

Meski begitu, tidak mengurangi kualitas menu kopi yang diraciknya. Pelanggannya pun menjaring dari semua kalangan. Mulai anak-anak, hingga orang dewasa. Bahkan tidak sedikit dari kalangan orang tua.

Kedai kopi sepeda milik Pucuk buka setiap hari di dua tempat berbeda. Setiap malam Senin sampai Sabtu, ia berjualan di dekat Patung Balaraja. Sesekali ke lampu merah.

Sedangkan untuk hari Minggu, Pucuk berjualan di Talaga Bestari. Tepatnya di depan TK 123. Buka dari pukul 7 pagi sampai 12 siang. Biasanya jam 10 bergeser ke dekat Indomaret.

“Pembelinya banyak dari orang-orang yang sedang olahraga di kawasan Talaga Bestari. Ada juga yang tidak sengaja karena penasaran dengan kedai kopi sepeda,” tuturnya.

Beragam Menu

Kedai kopi sepeda milik pucuk memiliki beragam sajian kopi yang bisa dipilih. Mulai dari Vietnam Drip, SMA (susu mix aren), V69, hingga Ekonomi (tubruk). Ada juga es kopi gula aren.

Soal rasa, tak perlu diragukan lagi. Sudah banyak penikmat kopi yang mulai tersihir racikan Pucuk. Bahkan pengakuannya sudah mulai banyak yang kembali datang karena ingin kembali seruput kopi buatannya.

Meski hanya dari pinggir jalan, rasanya tak kalah dari minuman yang disajikan di kedai, kafe, atau restoran. Tentu dengan harga yang terjangkau. Murah tapi tidak murahan. Terjangkau oleh berbagai kalangan.

“Harganya mulai dari 5 sampai 10 ribu. Itu sudah bisa ngobrol soal barista. Juga sharing usaha kopi sepeda,” jelas Pucuk sembari meracik kopi pesanan pelanggan.

Konsumen pun tinggal menikmati kopi di tengah suasana yang cukup asri. Dengan banyaknya pepohonan besar di sekitar lokasi. Sambil menikmati suasana. Diselingi canda dan obrolan ringan. Sesama pembeli.

Jika dirasa kurang nyaman dengan suasana di lokasi, sambung pria usia 22 tahun itu, kopi tinggal dibawa dan dinikmati di tempat lain. Disediakan gelas siap saji. Bentuknya unik dan sederhana.

“Untuk informasi lebih lanjut, kepoin aja Instagram @sekoolah, ada banyak yang di share,” kata pria kelahiran Cikupa ini.

Modal dan Keuntungan

Pria lulusan salah satu SMA Negeri di Kabupaten Tangerang ini menuturkan, membuka usaha seperti kedai kopi tak melulu harus dimulai dengan modal besar. Soal uang tidak menjadi utama.

Salah satu cara menekan besaran modal awal dengan tidak menyewa ruko, tapi membuka lapak non permanen. Seperti kedai kopi di atas sepeda. Seperti yang Ia iya tekini saat ini.

“Modal awal kira-kira abis sekitar 3 jutaan. Buat bikin gerobak dan beli alat-alat, termasuk membeli sepeda second,” kata pria yang tinggal di Perumahan Villa Balaraja ini.

Adapun alat-alat yang dipersiapkan untuk merintis kedai kopi sepeda antara lain: kompor portable, grinder manual, termometer suhu, timbangan, teko air, V69, vietnam drip, dan beberapa alat penunjang lainnya.

Lebih lanjut, Pucuk mengungkapkan, sejak membuka kedai kopi SEKOLAH pada bulan Juli 2021 lalu, omzet penjualannya tembus 20 hingga 40 cangkir per hari. Bahkan sesekali bisa sampai 50.

“Untuk keuntungan bersih, kisaran antara 80 sampai 120 ribu per hari, kalau malam Minggu lebih besar, bisa tembus 125 ribu,” ungkapnya seraya tersenyum.

Tantangan di Tengah Pandemi

Bagi Pucuk, membuka usaha di tengah pandemi memang memiliki tantangan tersendiri. Apalagi, aturan dan kebijakan pemerintah juga berubah-ubah. Terkait PPKM saat pandemi Covid-19.

Sejak awal usaha ini didirikan, geliat yang ada dirasa lumayan menggiurkan. Dalam sehari ia bisa mencapai 50 cangkir kopi terjual. “Alhamdulillah,” katanya bersyukur.

Pria kelahiran tahun 1999 ini menceritakan, pernah pemasukan turun drastis. Semenjak adanya PPKM Darurat. Bahkan kesulitan mencari lokasi keramaian. Serba dilarang. Namun dirinya tidak merasa rugi, lantaran kopi diracik saat ada pembeli.

“Kendalanya di situ (aturan yang berbah-ubah) sih. Kan pelanggan kebanyakan minum di tempat ya, sedangkan PPKM Darurat waktu itu dibatasi. Makanya penjualan sempat berkurang,” tuturnya.

Namun, kini usahanya mulai bangkit lagi seiring angka kasus Covid-19 mulai melandai dan ada kelonggaran untuk para pedagang. Pendapatan Pucuk kembali normal. Semalam saja mengantongi untung 110 ribu.

Menurut Pucuk, layaknya bisnis lainnya, menjadi usahawan kedai kopi sepeda tak hanya dibutuhkan keterampilan dan semangat saja, tapi juga harus konsisten. Meski diterpa beberapa kondisi bukan alasan untuk menyerah.

Sukses merupakan tujuan dalam berbisnis, namun hal tersebut tentu akan dapat diperoleh secara bertahap dan membutuhkan proses. Bagaimana, tertarik untuk berbisnis kedai kopi sepeda? |We

 4,707 kali dilihat,  4 kali dilihat hari ini

BANTEN | Pengurus Koordinator Cabang (PKC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Provinsi Banten memulai rangkaian agenda Konferensi Koordinator Cabang  (Konkoorcab) yang ke-VII. Rangkaian perhelatan Konkoorcab...

TANGERANG | Sebagai bentuk kepedulian dan pelestarian budaya, Remaja Bojong Manuk (Reboma) bersama TBM Sundung Literasi menggelar acara Pentas Seni Budaya Tradisional. Acara yang berlangsung...

TANGERANG | Balai Besar Sungai Cidanau-Ciujung-Cidurian (BBWSC-3) menyurati PT Mayora Indah Tbk. Surat tersebut disampaikan sebagai tembusan. Pasalnya, bangunan parkir liar tersebut berlokasi di sempadan...

TANGERANG | Meski baru diresmikan dan mulai beroperasi pada 03 Mei 2022 lalu, Taman Bermain Anak dan Kolam Renang Annisa Jaya selalu ramai dikunjungi...

VINUS TV

BERITA TERBARU

Tekan Angka Stunting di Tangerang, Tim Percepatan Tetapkan 15 Lokus

TANGERANG | Sebagai upaya percepatan, pencegahan, dan penanggulangan stunting di Kabupaten Tangerang, Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) menandatangani penetapan 15 lokasi khusus (Lokus). Penetapan 15...

Polisi Tangkap Remaja Cabul Asal Carenang

SERANG | Seorang remaja berinisial AF (19) asal Kecamatan Carenang ditangkap personel Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Serang. AF ditangkap lantaran melarikan diri...

Jalin Kerja Sama, UI dan BRI Research Institute Dampingi Produk UMKM

BANTEN | Universitas Indonesia melalui UI Halal Center melakukan Nota Kesepahaman Bersama (NKB) dengan BRI Research Institute dalam upaya mendorong UMKM naik kelas serta...

Lestarikan Budaya, Reboma dan Sundung Literasi Selenggarakan Pentas Seni

TANGERANG | Sebagai bentuk kepedulian dan pelestarian budaya, Remaja Bojong Manuk (Reboma) bersama TBM Sundung Literasi menggelar acara Pentas Seni Budaya Tradisional. Acara yang berlangsung...

Kabar Gembira untuk Warga Gunung Kaler, Kini Hadir Kolam Renang Annisa Jaya

TANGERANG | Meski baru diresmikan dan mulai beroperasi pada 03 Mei 2022 lalu, Taman Bermain Anak dan Kolam Renang Annisa Jaya selalu ramai dikunjungi...

PMII Banten Akan Konkoorcab: Pilih Ketua Baru

BANTEN | Pengurus Koordinator Cabang (PKC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Provinsi Banten memulai rangkaian agenda Konferensi Koordinator Cabang  (Konkoorcab) yang ke-VII. Rangkaian perhelatan Konkoorcab...

Sambut Pemilu 2024, Gerindra se-Tangerang Raya Lakukan Konsolidasi

TANGERANG | Ribuan kader Partai Gerindra se-Tangerang Raya mengikuti konsolidasi dalam rangka persiapan Pemilu 2024 mendatang. Bertempat di Sport Center Stadion Indomilk Arena, pada...

BPS Tangerang Akan Kembali Lakukan Sensus Penduduk

TANGERANG | Sensus penduduk lanjutan tahun 2020 resmi dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tangerang. Mulai15 Mei sampai 30 Juni 2022 mendatang. Kegiatan pengumpulan...

Antisipasi Libur Panjang, Polda Banten Lakukan Sidak

SERANG | Guna mengantisipasi libur panjang, Bidang Profesi dan Pengamanan (Bidpropam) Polda Banten menggelar inspeksi mendadak (Sidak) ke Polsek Taktakan Polresta Serang. Sidak yang dipimpin...

IKLAN

BERITA TERPOPULER

Sekarang Tidak Ribet, Ini Cara Mengaktifkan SPPT Wilayah Tangerang

TANGERANG | Inovasi dan peningkatan layanan terus diupayakan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tangerang. Terlebih soal permohonan pengaktifan Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) Pajak...

Banten Berduka, Abuya Uci Cilongok Tutup Usia

TANGERANG | Kabar duka, Pengasuh Pondok Pesantren Al Istiqlaliyah Cilongok Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang, Abuya Uci Cilongok tutup usia. Informasi yang dihimpun Vinus, Abuya...

Bendera Negara Asing Berkibar di Klinik Milik PNS, Warga Minta Aparat Bertindak Tegas

TANGERANG | Pemandangan kurang pantas terjadi di Perumahan Villa Tangerang Elok Kelurahan Kuta Jaya Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang. Berkibar bendera Palestina tanpa berdampingan...

Setelah Didemo Warga Terkait BLT, Kepala Desa Lebak Wangi Gantung Diri

TANGERANG | Kabar duka datang dari Kepala Desa Lebak Wangi Kecamatan Sepatan Timur Kabupaten Tangerang. Setelah sebelumya didemo masyarakat terkait transparansi bantuan Covid-19, Kepala...

Warga Sekitar Kawasan Millenium Butuh Pekerjaan, Pabrik Lebih Memilih Titipan Dinas

TANGERANG | Puluhan warga berunjuk rasa di depan PT Green Source Indonesia (GSI) yang berlokasi Kawasan Industri Millenium Kelurahan Kaduagung Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang. Tidak...

Sensasi Daging Burung Belibis, Kenyal dan Gurih

TANGERANG | Ayam dan bebek adalah jenis unggas paling sering dibuat olahan masakan. Tapi, selain kedua jenis unggas tersebut, ada satu lagi yang tak...

Di Kampung Markisa, KKN Mahasiswa UMT Kembangkan Literasi

KOTA TANGERANG | Kuliah Kerja Nyata (KKN) Terpadu Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) tahun 2020 difokuskan pada pengembangan dan penguatan literasi di masyarakat.   Hal itu...

AGENDA

BERITA TERKAIT

Rampak Bedug, Tradisi Unik dari Banten

INDONESIA merupakan salah satu negara yang memiliki beragam tradisi dan kesenian unik. Tradisi tersebut menjadi warna tersendiri bagi setiap daerah. Salah satunya rampak bedug. Sebuah...

Keutamaan dan Niat Puasa Syawal 

SETELAH menjalani kewajiban berpuasa di bulan Ramadan, ada beberapa ibadah yang dapat dilaksanakan umat Islam. Salah satunya puasa Syawal. Meski tak bersifat wajib alias memiliki...

Menjadi Hidangan Saat Lebaran, Ini Makna dan Filosofi Ketupat

SELAIN kumpul keluarga, ada sesuatu yang dinanti saat lebaran tiba, yaitu sajian ketupat. Salah satu hidangan khas hari raya. Ketupat sudah menjadi tradisi setiap tahunnya...

Jangan Ajari Anak Minta Uang Saat Lebaran

MEMBERI hadiah pada saat Lebaran atau Tunjangan Hari Raya (THR) pada sanak saudara merupakan tradisi yang sudah dilakukan sejak dulu. Biasanya anak-anak akan mendapatkan THR...

Hindari Pajak Progresif, Berikut Cara Blokir STNK Setelah Jual Kendaraan

TANGERANG | Jika kita menjual kendaraan atas nama pribadi, jangan lupa untuk segera memblokir STNK tersebut. Tujuannya agar tidak terkena pajak progresif. Pasalnya, meski kendaraan...

Ini Dampak Negatif Makan Gorengan Saat Berbuka Puasa

BAGI sebagian orang, mungkin kurang lengkap rasanya jika tidak makan gorengan saat berbuka puasa. Rasanya yang gurih dan tekstur yang renyah tentu sangat menggoda. Namun,...

Besok Mulai Puasa, Ini Bacaan Niat Sebulan Penuh

TANGERANG | Niat merupakan bagain tak terpisahkan dari puasa Ramadan. Para ulama sepakat, niat menjadi satu di antara rukun puasa sehingga tidak boleh ditinggalkan...

IKLAN

SEPUTAR BANTEN

Polisi Tangkap Remaja Cabul Asal Carenang

SERANG | Seorang remaja berinisial AF (19) asal Kecamatan Carenang ditangkap personel Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Serang. AF ditangkap lantaran melarikan diri...

PMII Banten Akan Konkoorcab: Pilih Ketua Baru

BANTEN | Pengurus Koordinator Cabang (PKC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Provinsi Banten memulai rangkaian agenda Konferensi Koordinator Cabang  (Konkoorcab) yang ke-VII. Rangkaian perhelatan Konkoorcab...

Antisipasi Libur Panjang, Polda Banten Lakukan Sidak

SERANG | Guna mengantisipasi libur panjang, Bidang Profesi dan Pengamanan (Bidpropam) Polda Banten menggelar inspeksi mendadak (Sidak) ke Polsek Taktakan Polresta Serang. Sidak yang dipimpin...

IKA Unpas: Pj Gubernur Harus Mengerti Budaya dan Karakteristik Masyarakat Banten

BANTEN | Ikatan Alumni Universitas Pasundan (IKA Unpas) Koordinator Daerah Banten mendukung siapapun yang akan ditetapkan sebagai penjabat Gubernur. Hal ini diungkapkan oleh Isbandi selaku...

Angkat Potensi Wisata, Bucin View Cilegon Adakan Soft Opening

CILEGON | Ribuan pengunjung dari berbagai daerah memadati gelaran Soft Opening Wisata Bucin View Cilegon. Antusias pengunjung menyambut kehadiran Wisata Bucin View Cilegon tersebut terlihat...

Cegah Konflik Antar Warga Lebak, Polda Banten Kerahkan Sat Brimob

LEBAK | Polda Banten mengerahkan satu pleton personel Sat Brimob ke Kampung Bengkok, Desa Sukanagara, Kecamatan Muncang, Kabupaten Lebak. Pengerahan tersebut guna mencegah terjadinya konflik...

Ngarad, Semangat Gotong Royong Nelayan Pantai Anyer dalam Menangkap Ikan

SARANG | Masyarakat pesisir Pantai Anyer Kabupaten Serang memiliki tradisi unik dalam menangkap ikan. Bernama Ngarad. Sudah dilakukan secara turun temurun. Ngarad merupakan cara menangkap...

IKLAN

SEPUTAR DESA

Ini Jadwal dan Tahapan Pilkades Serentak Kabupaten Tangerang

TANGERANG | Jadwal tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 77 desa se-Kabupaten Tangerang telah selesai dibahas. Bahkan sudah mulai disosialisasikan oleh dinas terkait. Mulai...

Banyak Kejanggalan, Belasan Warga Cibadak Datangi Kecamatan, Persoalkan Penggunaan Dana Desa

TANGERANG | Penggunaan dana desa sejatinya diprioritaskan untuk membiayai pembangunan, pemberdayaan, dan penyelenggaraan pemerintahan desa. Transparansi penggunaan Dana Desa mutlak adanya. Agar publik bisa mengetahui....

Realisasi Pembangunan Desa Bantar Panjang Banyak Masalah, Camat Tigaraksa Tetap Rekomendasi Pencairan

TANGERANG | Carut-marut realisasi pembangunan Desa Bantar Panjang Kecamatan Tigaraksa tidak berarti kucuran dana dari pemerintah tersendat. Hal ini terbukti dari terus berlangsung pencairan dana...

Refleksi 7 Tahun UU Desa: Ingat, Desa Membangun, Bukan Membangun Desa

TANGERANG | Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa sudah memasuki tahun ketujuh. Sejak disahkan pada 15 Januari 2014. Dalam rangka refleksi 7 tahun terbitnya...

Pengumuman: Pilkades Tangerang Digelar Juli 2021

TANGERANG | Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 77 desa se-Kabupaten Tangerang akan digelar bulan Juli tahun ini. Adapun terkait tahapan dimulai pada...

Pemdes Pete Tetapkan 362 Penerima BLT Dana Desa

TANGERANG | Pemerintahan Desa Pete Kecamatan Tigaraksa melakukan Musyawarah Desa. Agenda tersebut membahas validasi, finalisasi, serta penetapan calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang...

Masyarakat Pasir Bolang Demo Alfamart

TANGERANG | Masyarakat Desa Pasir Bolang, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang mendemo gudang Alfamart. Di Jalan Aria Jaya Santika, pada Rabu (26/02). Aksi yang dikoordinir oleh...