spot_img
spot_img

Melalui Diskusi Panel, Millenial Talk Institute: Problem Utama Pendidikan Perlu Segera Dibenahi

Foto: Flyer Diskusi Panel Millenial Talk Institute dengan tema “Reformasi Pendidikan”.

PUSAT | Millenial Talk Institute (MTI) kembali menginisiasi acara diskusi panel. Kali ini mengangkat tema “Reformasi Pendidikan”. Diselenggarakan melalui zoom meeting pada Sabtu, (29/01). 

Saat sambutan, selaku Founder MTI, Hasan Basri mengatakan, pendidikan di Indonesia saat ini tentu ada kelebihan, juga terdapat kekurangan. Namun yang paling kita soroti dari sekian banyak permasalahan adalah tentang pemerataan pendidikan bagi anak bangsa.

Kata Hasan Basri, mahalnya biaya pendidikan, rentang waktu yang digunakan, mutu pelajaran, dan standarisasi yang tidak sesuai kebutuhan merupakan sederet persoalan yang perlu dicari jalan keluar. Perlu pembenahan.

Baca Juga

Masih menurun Hasan Basri, rendahnya kualitas pendidikan Indonesia disebabkan oleh berbagai faktor. Diantaranya adalah tidak efektifnya pelaksanaan pendidikan. Juga efisiensi pengajaran yang belum terpenuhi.

“Tentu hal ini yang sangat memprihatinkan. Karena kualitas pendidikan akan mempengaruhi kualitas sumber daya manusia di masa mendatang,” katanya.

Turut hadir Dede Yusuf sebagai keynote speaker. Wakil Ketua Komis X DPR RI ini mengawali pembicaraan dengan beberapa pertanyaan. Katanya apa target dari sebuah pendidikan? Apakah sekadar mampu Calistung? Atau hanya untuk memiliki ijazah semata?

Lebih lanjut, Dede Yusuf menjelaskan bahwa yang ideal, pendidikan harus menjadi sebuah cara untuk membentuk seseorang mampu menyelesaikan problem.

“Anak-anak zaman sekarang atau millenial bisa mendapat informasi dari berbagai sumber. Baik langsung maupun tidak langsung. Atau bisa melalui media sosial,” ujarnya.

Mantan Wakil Gubernur Jawa Barat ini menambahkan, catatan penting bagi para pembuat kebijakan, baik Menteri Pendidikan maupun Komisi X DPR harus mulai memikirkan apakah sistem pendidikan nasional perlu dilakukan perubahan?

Hal ini kata dia, untuk mengantisipasi apa yang disebut sebagai industri 5.0. Lebih pada penguasaan teknologi. Berbeda dengan industri 4.0 yang lokusnya pada operator.

Dede Yusuf mengapresiasi diskusi panel yang diselenggarakan oleh Millenial Talk Institute (MTI). Semoga diskusi kali ini dapat menghasilkan beberapa rekomendasi.

Sekedar informasi, Millenial Talk Institute juga mengundang Anis R. Baswedan, Dede Yusu, Rektor UPI, Kepala PLP Pendidikan Kemendikbud, Dirjen Pendidikan Islam Kemenag, dan pengamat kebijakan publik Indra Crismiadji. | Fir

Loading

VINUS TV

BERITA TERBARU

IKLAN

spot_img
spot_img

BERITA TERPOPULER

IKLAN

spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

IKLAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

SEPUTAR BANTEN

IKLAN

spot_img
spot_img
spot_img

SEPUTAR DESA

Masyarakat Pasir Bolang Demo Alfamart