Kholid Ismail, Ketua DPRD Kabupaten Tangerang Mantan Sopir Angkot Dan Selalu Hatam Alquran

Ketua DPRD Kabupaten Tangerang Kholid Ismail saat mengisi acara yang dilaksanakan oleh Visi Nusantara.

TANGERANG | Kehidupan Kholid Ismail sedang berada di puncak, Ketua DPRD Kabupaten Tangerang. Pencapaian itu dirintis dari nol. Ia pernah menjadi sopir angkot dan guru Taman Kanak-kanak.

Kendati Kholid sudah menjadi pejabat publik dan mendapat berbagai fasilitas yang menyenangkan hidupnya. Namun sikapnya tidak berubah. Ia tetap ramah, murah senyum, rendah hati, sederhana, terbuka dan mau berteman dengan siapa pun.

Contoh kecil, ia tidak pernah membeda-bedakan tamunya, baik yang datang ke kantor maupun ke rumahnya. “Siapa pun yang datang ke rumah, saya terima kecuali pagi, saya ke kantor,” ujarnya.

Baca Juga

Bagi politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Tangerang ini, jabatan adalah amanah dari Allah SWT. Karena itu, ia tidak mau menyikapi jabatan itu secara berlebihan.

“Sekarang saya sebagai Ketua DPRD Kabupaten Tangerang, biasa-biasa saja. Tidak ada yang istimewa,” ungkap Sarjana Agama Islam Universitas Islam Syekh Yusuf (UNIS) Tangerang ini kepada vinus.id., Minggu (15/03).

Jika sebuah jabatan atau kekuasaan disikapi oleh orang yang punya jabatan itu secara berlebihan, apalagi hingga melupakan Tuhan, tidak akan membawa manfaat dan berkah dalam hidupnya.

“Dalam hidup ini ada orang yang dimuliakan dengan jabatan, namun juga ada yang dihinakan dengan jabatan. Jadi, jabatan harus disikapi sebagai amanah dari Allah,” kata Kholid , berdakwah.

Pikiran yang Lincah

Sebenarnya, kalau saat ini Kholid menjelma menjadi sosok yang keren, hebat dan suskses, itu tidak perlu heran. Sebab, ia sosok yang aktif ketika masih sekolah di Banyumas dan kuliah di UNIS.

“Di sekolah dan kampus dulu, saya memang orang yang aktif. Selain itu, sambil kuliah jadi sopir angkot R11. Saya jadi sopir angkot itu tiga tahun. Pagi sampai sore saya narik angkot, malam kuliah,” katanya.

Sebetulnya tidak hanya aktif, Kholid juga sebagai pribadi yang menyenangkan, lincah, tak bisa diam dan pandai memanfaatkan peluang dengan lompatan dan terobosan pikirannya yang visioner.

Kholid memang tidak ingin menjadi orang dengan kategori biasa-biasa saja, melainkan ingin menjadi orang yang luar biasa. “Saya harus memaksimalkan akal kita,” ungkap Bapak yang sudah dikaruniai dua orang anak dari satu istri ini, penuh semangat.

Ia juga pernah bergerak di dunia LSM lingkungan bernama Banten Environmental Watch (BEW). Saat itu, BEW sangat dikenal di Kabupaten Tangerang dan banyak pihak yang melakukan konsultasi lingkungan, misalnya mengenai AMDAL dan lain-lain.

“Selain aktif di LSM lingkungan BEW, saya juga dulu usaha kecil-kecilan. Saya punya beberapa gerobak kaki lima. Jualan rokok, jualan macem-macem. Hasilnya lumayan bisa dapat Rp 2 juta per hari,” ungkapnya.

Namun dalam perjalannya bisnis Kholid terpaksa harus tutup, karena ritel-ritel sudah masuk ke kampung-kampung. Orang-orang akhirnya belanja ke ritel itu, dan bukan lagi ke gerobak kaki lima.

Namun Kholid tidak pernah kapok, tidak putus asa. Naluri bisnisnya tetap menyala-nyala. Ia melakukan lobi-lobi ke pemilik mal dan membeli mebel-mebel yang rusak, kemudian diperbaiki dan dijual kembali. “Saya punya tempat workshop-nya,” terang dia.

Tak heran jika Kholid setahap demi setahap mulai mapan hidupnya. Sebelum terjun ke dunia politik, Kholid sudah punya segalanya. Tidak berlebihan jika di legislatif, Kholid tidak bermaskud cari uang apalagi cari untung, namun ia ingin beribadah dan mengabdi untuk mensejahterakan masyarakat.

Namun ketika hidupnya sudah mapan dan tidak ada masalah dengan keuangan, lagi-lagi Kholid tidak pernah berubah. “Tidak semua masalah bisa diselesaikan dengan uang,” kilahnya.

Guru TK dan Politik

Membayangkan kehidupan Kholid tentu saja tidak melulu indah. Sebab, sebagai manusia ia pernah terpuruk. “Saya pernah tidak punya uang. Tapi hidup itu memang begitu,” ujarnya,” kilahnya.

Ketika lulus kuliah misalnya, untuk menghidupi dirinya, Kholid pernah mengabdikan diri menjadi guru, dari mulai Taman Kanak-kanak, MTs, SMP, SMA dan bahkan pernah juga menjadi dosen juga.

Bagi Kholid hidup itu seperti berada di lautan, kadang ada ombak dan kadang ada angin. “Itulah cobaan, setiap manusia pasti punya cobaan. Dengan cobaan itu kita harus bangkit,” katanya.

Dan suatu hari, Kholid pun berlabuh di partai politik. Ia masuk gerbong PDI Perjuangan dengan semangat loyalitas yang tinggi. Kholid pernah mencalonkan diri menjadi anggota legislatif. Ia dua kali gagal dan ketiganya terpilih.

Ketika ditanya mengapa terjun ke politik, apakah di LSM lingkungan sudah tidak nyaman? Kholid mengatakan bahwa hidup manusia itu sesungguhnya berlayar dan suatu saat harus punya pilihan berlabuh.

Hebatnya lagi, ketika Kholid lolos ke DPRD Kabupaten Tangerang, ia tidak memiliki keinginan yang muluk-muluk. “Saya dapat 12 ribu suara dalam Pemilihan Legilastif (Pileg),” ungkapnya.

Karena itu, Kholid diusulkan oleh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kabupaten Tangerang menjadi Ketua DPRD Kabupaten Tangerang. Namun lagi-lagi Kholid tidak punya keinginan yang berlebihan.

“Setelah diusulkan, saya jalani saja tes tertulis di DPP PDIP di Jakarta. Saya kemudian ditetapkan jadi Ketua DPRD Kabupaten Tangerang. Ibaratnya saya lagi tidur dibangunin,” paparnya.

Lantas mengapa hidup Kholid bisa seberuntung itu? Kholid mengaku ketika sedang tes di DPP PDIP itu, dirinya baru saja hatam Alquran. “Ya, waktu saya baru saja hapal Alquran,” ujarnya.

Pribadi Kholid memang religius. Selain selalu menghatamkan Alquran dalam hidupnya, ia pun selalu menjaga shalat lima waktu. “Sebagai seorang muslim kita harus menjaga shalat,” katanya.

“Shalat itu harus dilaksanakan di awal waktu. Namun kalau tidak mampu, ya tepat waktu. Kalau tidak mampu juga di akhir waktu. Masih tidak mampu juga ya kebangetan,” katanya.|budi sabarudin

 7,741 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

TANGERANG | Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Tangerang terus mendalami dugaan kasus korupsi penyalahgunaan anggaran Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) tahun anggaran 2021. Pada awal pemeriksaan,...

SERANG | Polres Serang akan menyelidiki dugaan praktik percaloan calon tenaga kerja di PT Nikomas Gemilang, Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang. Hal itu terungkap setelah beredar...

BANTEN | Dewan Pengurus Pusat (DPP) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) memberikan mandat kepada Ahmad Subadri untuk memimpin HKTI Provinsi Banten. Mandat tersebut ditandatangani langsung...

TANGERANG | Pegiat literasi dan Kepala Desa Gintung Kecamatan Sukadiri angkat bicara soal urgensi pembangunan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN). Terutama permintaan warga terkait...

VINUS TV

BERITA TERBARU

Aslam Center Soroti Polemik PPDB Banten

TANGERANG | Polemik Penerimaan Peserta Didik Daru (PPDB) 2022 Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Provinsi Banten mendapat sorotan dari berbagai kalangan. Salah satunya Aslam...

Melalui Diskusi Tematik, Perekat Demokrasi Latih Skill Komunikasi

TANGERANG | Diskusi tematik program USAID-Madani kembail digelar. Kali ini bertajuk Kepemimpinan: Teknik Menyampaikan Pendapatan dalam Rapat Dengar Pendapat. Kegiatan yang berlangsung di Waroeng Sunda...

Warga Tolak Pembangunan Gereja di Pagedangan

TANGERANG | Warga Kampung Cicayur I Desa Pagedangan Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang ramai-ramai menolak rencana pembangunan Gereja Katolik Benediktus di wilayahnya. Selain proses perizinan yang...

Warga Sukadiri Minta Pemda Dirikan SMPN Baru, Pegiat Literasi: Ini Sangat Urgen

TANGERANG | Pegiat literasi dan Kepala Desa Gintung Kecamatan Sukadiri angkat bicara soal urgensi pembangunan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN). Terutama permintaan warga terkait...

Ganggu Ketertiban Umum, Holywings di Tangerang Ditutup Permanen

TANGERANG | Tiga outlet Holywings di Kabupaten Tangerang ditutup secara permanen lantaran menganggu ketertiban umum. Penutupan Holywings sebagai tempat hiburan malam dinilai telah melanggar Peraturan...

Kejaksaan Terus Dalami Dugaan Korupsi Bosda, Sudah 100 Kepala Sekolah Dipanggil

TANGERANG | Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Tangerang terus mendalami dugaan kasus korupsi penyalahgunaan anggaran Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) tahun anggaran 2021. Pada awal pemeriksaan,...

Polres Serang Selidiki Dugaan Calo Kerja di Nikomas

SERANG | Polres Serang akan menyelidiki dugaan praktik percaloan calon tenaga kerja di PT Nikomas Gemilang, Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang. Hal itu terungkap setelah beredar...

Melalui FGD, Kolaborasi Gerakan Perempuan Tangerang Bangun Self Confidence

TANGERANG | Kolaborasi Gerakan Perempuan Tangerang yang terdiri dari HMI Cabang Jakarta Barat, Perempuan Merdeka, dan Perempuan Cisadane menyelenggarakan Forum Group Discussion (FGD). FGD yang...

HKTI Pusat Beri Mandat Ahmad Subadri Pimpin Banten

BANTEN | Dewan Pengurus Pusat (DPP) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) memberikan mandat kepada Ahmad Subadri untuk memimpin HKTI Provinsi Banten. Mandat tersebut ditandatangani langsung...

IKLAN

BERITA TERPOPULER

Sekarang Tidak Ribet, Ini Cara Mengaktifkan SPPT Wilayah Tangerang

TANGERANG | Inovasi dan peningkatan layanan terus diupayakan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tangerang. Terlebih soal permohonan pengaktifan Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) Pajak...

Di Kampung Markisa, KKN Mahasiswa UMT Kembangkan Literasi

KOTA TANGERANG | Kuliah Kerja Nyata (KKN) Terpadu Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) tahun 2020 difokuskan pada pengembangan dan penguatan literasi di masyarakat.   Hal itu...

Banten Berduka, Abuya Uci Cilongok Tutup Usia

TANGERANG | Kabar duka, Pengasuh Pondok Pesantren Al Istiqlaliyah Cilongok Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang, Abuya Uci Cilongok tutup usia. Informasi yang dihimpun Vinus, Abuya...

Bendera Negara Asing Berkibar di Klinik Milik PNS, Warga Minta Aparat Bertindak Tegas

TANGERANG | Pemandangan kurang pantas terjadi di Perumahan Villa Tangerang Elok Kelurahan Kuta Jaya Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang. Berkibar bendera Palestina tanpa berdampingan...

Warga Sekitar Kawasan Millenium Butuh Pekerjaan, Pabrik Lebih Memilih Titipan Dinas

TANGERANG | Puluhan warga berunjuk rasa di depan PT Green Source Indonesia (GSI) yang berlokasi Kawasan Industri Millenium Kelurahan Kaduagung Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang. Tidak...

Setelah Didemo Warga Terkait BLT, Kepala Desa Lebak Wangi Gantung Diri

TANGERANG | Kabar duka datang dari Kepala Desa Lebak Wangi Kecamatan Sepatan Timur Kabupaten Tangerang. Setelah sebelumya didemo masyarakat terkait transparansi bantuan Covid-19, Kepala...

Sensasi Daging Burung Belibis, Kenyal dan Gurih

TANGERANG | Ayam dan bebek adalah jenis unggas paling sering dibuat olahan masakan. Tapi, selain kedua jenis unggas tersebut, ada satu lagi yang tak...

AGENDA

BERITA TERKAIT

Wartawan Gagas Gerakan Peduli Budi Sabarudin: Yuk Beli Bukunya

TANGERANG | Sejumlah wartawan menggagas gerakan peduli Budi Sabarudin dengan tagline #Peduli Budi Sabarudin #2x stroke, yuk beli bukunya. Diketahui, Budi Sabarudin adalah wartawan senior....

GEMA Mathla’ul Anwar Apresiasi Langkah Cepat Kapolri Bantu Sinta Aulia Maulidiyah

BANTEN | Langkah cepat Kapolri Jendral Pol. Listyo Sigit Prabowo membantu ananda Sinta Aulia Maulidiyah, perempuan penderita tumor, mendapat banyak apresiasi. Salah satunya datang dari...

Cerita Kades Gembong, Rela Tinggalkan Pangkat dan Jabatan Demi Membangun Desa

TANGERANG | Menjadi Tentara Republik Indonesia (TNI) mungkin menjadi impian banyak orang. Tapi tidak dengan H. Nurjen, pria asal Desa Gembong Kecamatan Balaraja Kabupaten...

Polisi Inspiratif! Ari Setiawan Selalu Sisihkan Gaji Untuk Anak Yatim dan Penghafal Quran

TANGERANG | Apa yang dilakukan seorang polisi di Tigaraksa ini patut dicontoh. Polisi berpangkat Aipda ini kerap menyisihkan gajinya untuk menyantuni anak yatim piatu. Adalah...

Kenalan Dengan Kak Irma, Pendongeng Boneka Tangan yang Disukai Anak-Anak

TANGERANG | Kecintaan terhadap anak kecil dan dunia dongeng membawa Kak Irma menjadi seorang Ventrilokuis, atau pendongeng boneka dengan suara perut. Kak Irma kerap menarik...

Tubagus Falak, Ulama Kelahiran Banten yang Layak Jadi Pahlawan Nasional

BANTEN | Nama KH. Tubagus Falak harusnya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Banten. Salah satu ulama kharismatik. Pejuang kemerdekaan Indonesia. Gigih melawan...

Satu Jam Bersama Ahmad Syaikhu, Bincang Seputar Pandemi dan Kuasa Tuhan

TANGERANG | Sebagai manusia, umat Islam harus meyakini terhadap kekuasaan Tuhan. Segala hal terjadi di alam semesta merupakan seizin Allah. Tak terkecuali pandemi Covid-19. Namun,...

IKLAN

SEPUTAR BANTEN

Polres Serang Selidiki Dugaan Calo Kerja di Nikomas

SERANG | Polres Serang akan menyelidiki dugaan praktik percaloan calon tenaga kerja di PT Nikomas Gemilang, Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang. Hal itu terungkap setelah beredar...

HKTI Pusat Beri Mandat Ahmad Subadri Pimpin Banten

BANTEN | Dewan Pengurus Pusat (DPP) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) memberikan mandat kepada Ahmad Subadri untuk memimpin HKTI Provinsi Banten. Mandat tersebut ditandatangani langsung...

Seleksi Anggota Bawaslu Banten Sudah Dimulai, Ini Syaratnya

BANTEN | Tim Seleksi (Timsel) calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Banten resmi membuka tahapan pengumuman dan pendaftaran. Berdasarkan informasi yang Vinus terima, tahap...

Fokus Penanganan Stunting, Muhlis Minta Pemprov Alokasikan 100 Juta Per Desa

BANTEN | Fraksi PDI Perjuangan meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten memberikan bantuan 100 juta per desa untuk penanganan stunting dan gizi buruk. Hal tersebut lantaran...

Korupsi Pengadaan Lahan, Polda Banten Tetapkan 4 Orang Tersangka

SERANG | Empat orang pejabat publik ditetapkan tersangka dugaan korupsi pengadaan lahan untuk Stasiun Peralihan Akhir (SPA) sampah di Kabupaten Serang oleh Subdit Tipikor...

Korupsi Dana Desa, Mantan Kades Dibui 4,5 Tahun

SERANG | Majlis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Serang membacakan amar putusan kepada terdakwa Yusro selaku mantan Kepala Desa Kepandean Kecamatan Ciruas Kabupaten...

Melalui Musyawarah Daerah, Andika Hazrumy Didaulat Jadi Ketua IKA Unpas Banten

BANTEN | Ikatan Alumni Universitas Pasundan (IKA Unpas) Koordinator Daerah Banten menyelenggarakan Halalbihalal dan Musyawarah Daerah, pada Minggu (22/05). Acara yang berlangsung di Hotel Ratu...

IKLAN

SEPUTAR DESA

Ini Jadwal dan Tahapan Pilkades Serentak Kabupaten Tangerang

TANGERANG | Jadwal tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 77 desa se-Kabupaten Tangerang telah selesai dibahas. Bahkan sudah mulai disosialisasikan oleh dinas terkait. Mulai...

Banyak Kejanggalan, Belasan Warga Cibadak Datangi Kecamatan, Persoalkan Penggunaan Dana Desa

TANGERANG | Penggunaan dana desa sejatinya diprioritaskan untuk membiayai pembangunan, pemberdayaan, dan penyelenggaraan pemerintahan desa. Transparansi penggunaan Dana Desa mutlak adanya. Agar publik bisa mengetahui....

Realisasi Pembangunan Desa Bantar Panjang Banyak Masalah, Camat Tigaraksa Tetap Rekomendasi Pencairan

TANGERANG | Carut-marut realisasi pembangunan Desa Bantar Panjang Kecamatan Tigaraksa tidak berarti kucuran dana dari pemerintah tersendat. Hal ini terbukti dari terus berlangsung pencairan dana...

Refleksi 7 Tahun UU Desa: Ingat, Desa Membangun, Bukan Membangun Desa

TANGERANG | Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa sudah memasuki tahun ketujuh. Sejak disahkan pada 15 Januari 2014. Dalam rangka refleksi 7 tahun terbitnya...

Pengumuman: Pilkades Tangerang Digelar Juli 2021

TANGERANG | Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 77 desa se-Kabupaten Tangerang akan digelar bulan Juli tahun ini. Adapun terkait tahapan dimulai pada...

Pemdes Pete Tetapkan 362 Penerima BLT Dana Desa

TANGERANG | Pemerintahan Desa Pete Kecamatan Tigaraksa melakukan Musyawarah Desa. Agenda tersebut membahas validasi, finalisasi, serta penetapan calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang...

Masyarakat Pasir Bolang Demo Alfamart

TANGERANG | Masyarakat Desa Pasir Bolang, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang mendemo gudang Alfamart. Di Jalan Aria Jaya Santika, pada Rabu (26/02). Aksi yang dikoordinir oleh...