Kholid Ismail, Ketua DPRD Kabupaten Tangerang Mantan Sopir Angkot Dan Selalu Hatam Alquran

Ketua DPRD Kabupaten Tangerang Kholid Ismail saat mengisi acara yang dilaksanakan oleh Visi Nusantara.

TANGERANG | Kehidupan Kholid Ismail sedang berada di puncak, Ketua DPRD Kabupaten Tangerang. Pencapaian itu dirintis dari nol. Ia pernah menjadi sopir angkot dan guru Taman Kanak-kanak.

Kendati Kholid sudah menjadi pejabat publik dan mendapat berbagai fasilitas yang menyenangkan hidupnya. Namun sikapnya tidak berubah. Ia tetap ramah, murah senyum, rendah hati, sederhana, terbuka dan mau berteman dengan siapa pun.

Contoh kecil, ia tidak pernah membeda-bedakan tamunya, baik yang datang ke kantor maupun ke rumahnya. “Siapa pun yang datang ke rumah, saya terima kecuali pagi, saya ke kantor,” ujarnya.

Baca Juga

Bagi politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Tangerang ini, jabatan adalah amanah dari Allah SWT. Karena itu, ia tidak mau menyikapi jabatan itu secara berlebihan.

“Sekarang saya sebagai Ketua DPRD Kabupaten Tangerang, biasa-biasa saja. Tidak ada yang istimewa,” ungkap Sarjana Agama Islam Universitas Islam Syekh Yusuf (UNIS) Tangerang ini kepada vinus.id., Minggu (15/03).

Jika sebuah jabatan atau kekuasaan disikapi oleh orang yang punya jabatan itu secara berlebihan, apalagi hingga melupakan Tuhan, tidak akan membawa manfaat dan berkah dalam hidupnya.

“Dalam hidup ini ada orang yang dimuliakan dengan jabatan, namun juga ada yang dihinakan dengan jabatan. Jadi, jabatan harus disikapi sebagai amanah dari Allah,” kata Kholid , berdakwah.

Pikiran yang Lincah

Sebenarnya, kalau saat ini Kholid menjelma menjadi sosok yang keren, hebat dan suskses, itu tidak perlu heran. Sebab, ia sosok yang aktif ketika masih sekolah di Banyumas dan kuliah di UNIS.

“Di sekolah dan kampus dulu, saya memang orang yang aktif. Selain itu, sambil kuliah jadi sopir angkot R11. Saya jadi sopir angkot itu tiga tahun. Pagi sampai sore saya narik angkot, malam kuliah,” katanya.

Sebetulnya tidak hanya aktif, Kholid juga sebagai pribadi yang menyenangkan, lincah, tak bisa diam dan pandai memanfaatkan peluang dengan lompatan dan terobosan pikirannya yang visioner.

Kholid memang tidak ingin menjadi orang dengan kategori biasa-biasa saja, melainkan ingin menjadi orang yang luar biasa. “Saya harus memaksimalkan akal kita,” ungkap Bapak yang sudah dikaruniai dua orang anak dari satu istri ini, penuh semangat.

Ia juga pernah bergerak di dunia LSM lingkungan bernama Banten Environmental Watch (BEW). Saat itu, BEW sangat dikenal di Kabupaten Tangerang dan banyak pihak yang melakukan konsultasi lingkungan, misalnya mengenai AMDAL dan lain-lain.

“Selain aktif di LSM lingkungan BEW, saya juga dulu usaha kecil-kecilan. Saya punya beberapa gerobak kaki lima. Jualan rokok, jualan macem-macem. Hasilnya lumayan bisa dapat Rp 2 juta per hari,” ungkapnya.

Namun dalam perjalannya bisnis Kholid terpaksa harus tutup, karena ritel-ritel sudah masuk ke kampung-kampung. Orang-orang akhirnya belanja ke ritel itu, dan bukan lagi ke gerobak kaki lima.

Namun Kholid tidak pernah kapok, tidak putus asa. Naluri bisnisnya tetap menyala-nyala. Ia melakukan lobi-lobi ke pemilik mal dan membeli mebel-mebel yang rusak, kemudian diperbaiki dan dijual kembali. “Saya punya tempat workshop-nya,” terang dia.

Tak heran jika Kholid setahap demi setahap mulai mapan hidupnya. Sebelum terjun ke dunia politik, Kholid sudah punya segalanya. Tidak berlebihan jika di legislatif, Kholid tidak bermaskud cari uang apalagi cari untung, namun ia ingin beribadah dan mengabdi untuk mensejahterakan masyarakat.

Namun ketika hidupnya sudah mapan dan tidak ada masalah dengan keuangan, lagi-lagi Kholid tidak pernah berubah. “Tidak semua masalah bisa diselesaikan dengan uang,” kilahnya.

Guru TK dan Politik

Membayangkan kehidupan Kholid tentu saja tidak melulu indah. Sebab, sebagai manusia ia pernah terpuruk. “Saya pernah tidak punya uang. Tapi hidup itu memang begitu,” ujarnya,” kilahnya.

Ketika lulus kuliah misalnya, untuk menghidupi dirinya, Kholid pernah mengabdikan diri menjadi guru, dari mulai Taman Kanak-kanak, MTs, SMP, SMA dan bahkan pernah juga menjadi dosen juga.

Bagi Kholid hidup itu seperti berada di lautan, kadang ada ombak dan kadang ada angin. “Itulah cobaan, setiap manusia pasti punya cobaan. Dengan cobaan itu kita harus bangkit,” katanya.

Dan suatu hari, Kholid pun berlabuh di partai politik. Ia masuk gerbong PDI Perjuangan dengan semangat loyalitas yang tinggi. Kholid pernah mencalonkan diri menjadi anggota legislatif. Ia dua kali gagal dan ketiganya terpilih.

Ketika ditanya mengapa terjun ke politik, apakah di LSM lingkungan sudah tidak nyaman? Kholid mengatakan bahwa hidup manusia itu sesungguhnya berlayar dan suatu saat harus punya pilihan berlabuh.

Hebatnya lagi, ketika Kholid lolos ke DPRD Kabupaten Tangerang, ia tidak memiliki keinginan yang muluk-muluk. “Saya dapat 12 ribu suara dalam Pemilihan Legilastif (Pileg),” ungkapnya.

Karena itu, Kholid diusulkan oleh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kabupaten Tangerang menjadi Ketua DPRD Kabupaten Tangerang. Namun lagi-lagi Kholid tidak punya keinginan yang berlebihan.

“Setelah diusulkan, saya jalani saja tes tertulis di DPP PDIP di Jakarta. Saya kemudian ditetapkan jadi Ketua DPRD Kabupaten Tangerang. Ibaratnya saya lagi tidur dibangunin,” paparnya.

Lantas mengapa hidup Kholid bisa seberuntung itu? Kholid mengaku ketika sedang tes di DPP PDIP itu, dirinya baru saja hatam Alquran. “Ya, waktu saya baru saja hapal Alquran,” ujarnya.

Pribadi Kholid memang religius. Selain selalu menghatamkan Alquran dalam hidupnya, ia pun selalu menjaga shalat lima waktu. “Sebagai seorang muslim kita harus menjaga shalat,” katanya.

“Shalat itu harus dilaksanakan di awal waktu. Namun kalau tidak mampu, ya tepat waktu. Kalau tidak mampu juga di akhir waktu. Masih tidak mampu juga ya kebangetan,” katanya.|budi sabarudin

 6,628 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

TANGERANG | Perhelatan Musyawarah Daerah (Musda) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Tangerang tinggal menghitung hari. Beberapa figur mulai bermunculan. Salah satu kandidat yang siap...

TANGERANG | Seorang Balita di Desa Pasir Muncang Kecamatan Jayanti mengalami kurang gizi. Kondisi bayi usia 8 bulan tersebut begitu memprihatinkan. Bayi bernama Maudi itu...

TANGERANG | Saya siap maju memperebutkan kursi Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Tangerang pada Musda XV mendatang. Kesiapan perebutan pucuk pimpinan induk organisasi...

Oleh: Muhdi Perdiansyah* SANTRI, ketika mendengar kata ini apa yang terlitas di pikiran ? Ya, mungkin jawabannya ialah kaum sarungan, berkopiah, atau pun yang mengkaji...

VINUS TV

BERITA TERBARU

Nok Ida Daftar Calon Ketua KNPI, Tim Pemenangan: Ini Bukti Keseriusan

TANGERANG | Ketua KNPI Kecamatan Rajeg Nok Ida datangi Graha Pemuda. Mendaftarkan diri sebagai bakal calon ketua KNPI Kabupaten Tangerang. Kedatangan Nok Ida didampingi oleh...

Memaknai Hari Santri Nasional

Oleh: Muhdi Perdiansyah* SANTRI, ketika mendengar kata ini apa yang terlitas di pikiran ? Ya, mungkin jawabannya ialah kaum sarungan, berkopiah, atau pun yang mengkaji...

Andika Hazrumy: Banten Pengekspor Ekonomi Kreatif Terbesar, Tapi Partisipasi Generasi Milenial Masih Rendah

BANTEN | Berdasarkan data Kemenparekraf RI, Provinsi Banten merupakan pengekspor ekonomi kreatif ketiga terbesar nasional. Namun, di sisi lain partisipasi generasi milenial pada sektor...

Peringati Hari Santri, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Launching Aplikasi NU Tangerang

TANGERANG | Peringatan Hari Santri Nasional yang jatuh pada bulan Oktober, selalu dirayakan setiap tahunnya. Tak terkecuali oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Tangerang. Tahun...

Panitia Musda KNPI: Setelah Verifikasi Jumlah Pemilih Ada 107 Suara

TANGERANG | Steering Committee (SC) Musda ke-XV KNPI Kabupaten Tangerang telah menetapkan peserta dan peninjau. Termasuk jumlah undangan.  Hari ini, rangkaian Musda memasuki tahapan pendaftaran...

Jelang Musda, Nok Ida Nyatakan Siap Maju Sebagai Calon Ketua KNPI   

TANGERANG | Perhelatan Musyawarah Daerah (Musda) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Tangerang tinggal menghitung hari. Beberapa figur mulai bermunculan. Salah satu kandidat yang siap...

Maudi, Balita Asal Tangerang Derita Kurang Gizi

TANGERANG | Seorang Balita di Desa Pasir Muncang Kecamatan Jayanti mengalami kurang gizi. Kondisi bayi usia 8 bulan tersebut begitu memprihatinkan. Bayi bernama Maudi itu...

Rakernas JMSI Akan Dihadiri Ketua DPR dan Dewan Pers

SEMARANG | Walikota Semarang Hendrar Prihadi menyambut baik dan sangat mendukung penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) di Kota...

Rubah Kuda-Kuda, Joe Dipasang Tarung Perebutan KNPI Tangerang

TANGERANG | Saya siap maju memperebutkan kursi Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Tangerang pada Musda XV mendatang. Kesiapan perebutan pucuk pimpinan induk organisasi...

IKLAN

BERITA TERPOPULER

Bendera Negara Asing Berkibar di Klinik Milik PNS, Warga Minta Aparat Bertindak Tegas

TANGERANG | Pemandangan kurang pantas terjadi di Perumahan Villa Tangerang Elok Kelurahan Kuta Jaya Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang. Berkibar bendera Palestina tanpa berdampingan...

Setelah Didemo Warga Terkait BLT, Kepala Desa Lebak Wangi Gantung Diri

TANGERANG | Kabar duka datang dari Kepala Desa Lebak Wangi Kecamatan Sepatan Timur Kabupaten Tangerang. Setelah sebelumya didemo masyarakat terkait transparansi bantuan Covid-19, Kepala...

Warga Sekitar Kawasan Millenium Butuh Pekerjaan, Pabrik Lebih Memilih Titipan Dinas

TANGERANG | Puluhan warga berunjuk rasa di depan PT Green Source Indonesia (GSI) yang berlokasi Kawasan Industri Millenium Kelurahan Kaduagung Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang. Tidak...

Miris, BLT Pusat Terindikasi Diselewengkan Aparat Kelurahan Sukamulya

TANGERANG | Merasa janggal terkait undangan pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari APBN melalui Kantor Pos, Siti Aminah mempertanyakan bantuan yang hendak...

Ingin Mengajukan Bantuan Presiden Tanpa Antre, Begini Caranya

TANGERANG | Kabar baik bagi para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UMKM). Khususnya yang terdampak pandemi Covid-19. Lantaran pemerintah akan memberikan langsung Bantuan Presiden Produktif...

Banten Berduka, Qori Internasional Hawasyi Nawawi Tutup Usia

TANGERANG | Kabar duka datang dari Qori Internasional sekaligus pimpinan Pondok Pesantren Quran Annawawiyah, KH. Hawasyi Nawawi. Kepastian kabar duka itu dibagikan keluarga besar, santri,...

Ini Jadwal dan Tahapan Pilkades Serentak Kabupaten Tangerang

TANGERANG | Jadwal tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 77 desa se-Kabupaten Tangerang telah selesai dibahas. Bahkan sudah mulai disosialisasikan oleh dinas terkait. Mulai...

AGENDA

BERITA TERKAIT

Kenalan Dengan Kak Irma, Pendongeng Boneka Tangan yang Disukai Anak-Anak

TANGERANG | Kecintaan terhadap anak kecil dan dunia dongeng membawa Kak Irma menjadi seorang Ventrilokuis, atau pendongeng boneka dengan suara perut. Kak Irma kerap menarik...

Tubagus Falak, Ulama Kelahiran Banten yang Layak Jadi Pahlawan Nasional

BANTEN | Nama KH. Tubagus Falak harusnya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Banten. Salah satu ulama kharismatik. Pejuang kemerdekaan Indonesia. Gigih melawan...

Satu Jam Bersama Ahmad Syaikhu, Bincang Seputar Pandemi dan Kuasa Tuhan

TANGERANG | Sebagai manusia, umat Islam harus meyakini terhadap kekuasaan Tuhan. Segala hal terjadi di alam semesta merupakan seizin Allah. Tak terkecuali pandemi Covid-19. Namun,...

Mengenal Lebih Dekat Sosok Komala Sari, Seorang Guru yang Kini Menjadi Advokat

TANGERANG | Semangat dan ikhlas merupakan kunci hidup yang kini dijalani Komala Sari. Putri daerah Tigaraksa ini tengah menjalani profesi sebagai advokat. Di Lembaga...

Orang Baik Itu Telah Tiada, Selamat Jalan Bang Ali Taher

TANGERANG | Kabar duka datang dari tokoh sekaligus Anggota Komisi VIII DPR RI Fraksi Partai Amanat Nasional H.M. Ali Taher Parasong. Kepastian kabar duka itu...

Mad Yamin Kamad, Sang Pedagang Asong yang Sukses Jadi Kepala Sekolah

TANGERANG | Orang-orang sukses, besar dan hebat yang kita temui hari ini, dulunya adalah biasa-biasa saja, kecil dan bahkan tidak dilihat dan tidak dianggap...

Organisasi PMR Antarkan Saman Sadik Achrad Jadi Kepala Sekolah

TANGERANG | Setiap orang semestinya bijaksana, semisal jangan menganggap enteng arti berorganisasi. Sekecil apa pun organisasi itu pasti berdampak pada setiap anggotanya. Sudah banyak...

IKLAN

SEPUTAR BANTEN

Andika Hazrumy: Banten Pengekspor Ekonomi Kreatif Terbesar, Tapi Partisipasi Generasi Milenial Masih Rendah

BANTEN | Berdasarkan data Kemenparekraf RI, Provinsi Banten merupakan pengekspor ekonomi kreatif ketiga terbesar nasional. Namun, di sisi lain partisipasi generasi milenial pada sektor...

Bus Rombongan Ziarah Asal Curug Alami Kecelakaan Beruntun

TANGERANG | Empat bus pariwisata yang membawa rombongan peziarah mengalami kecelakaan beruntun di Tol Tangerang-Merak KM 69, pada Sabtu, (16/10). Dalam rekaman video amatir yang...

Respons Tindakan Polisi, GEMA Mathla’ul Anwar Banten: Seharusnya Tidak Dengan Kekerasan

BANTEN | Reaksi terhadap aksi polisi yang membanting mahasiswa saat unjuk rasa di Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang mendapat tanggapan dari berbagai kalangan. Kali ini datang...

GEMA Mathla’ul Anwar Dukung Erick Tohir Bersihkan Indikasi Korupsi Krakatau Steel

BANTEN | Dewan Pimpinan Pusat Generasi Muda (DPP GEMA) Mathla'ul Anwar mendukung langkah Erick Thohir bersih-bersih BUMN. Termasuk PT Krakatau Steel. Pasalnya, perusahaan pelat merah...

Keterbukaan Informasi Publik Sebuah Keniscayaan

BANTEN | Informasi publik merupakan satu kebutuhan dan suatu keniscayaan di tengah masyarakat yang semakin terbuka. Sebab seluruh masyarakat berhak mengakses informasi yang dimiliki...

Dinilai Cacat Hukum, HPN Se-Banten Menolak Konferwil Mambruk

BANTEN | Konferensi Wilayah (Konferwil) Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) yang sedianya akan digelar pada Sabtu, (09/10) mendatang, mendapat penolakan dari Pengurus Cabang (PC) HPN...

Refleksi HUT Banten ke-21: Korupsi, Kemiskinan, dan Pengangguran Masih Jadi Persoalan

BANTEN | Provinsi Banten genap berusia 21 tahun, tepat hari ini, Senin 04 Oktober 2021. Peringatan HUT tahun ini Pemprov mengusung tema ‘Banten Sehat,...

IKLAN

SEPUTAR DESA

Ini Jadwal dan Tahapan Pilkades Serentak Kabupaten Tangerang

TANGERANG | Jadwal tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 77 desa se-Kabupaten Tangerang telah selesai dibahas. Bahkan sudah mulai disosialisasikan oleh dinas terkait. Mulai...

Banyak Kejanggalan, Belasan Warga Cibadak Datangi Kecamatan, Persoalkan Penggunaan Dana Desa

TANGERANG | Penggunaan dana desa sejatinya diprioritaskan untuk membiayai pembangunan, pemberdayaan, dan penyelenggaraan pemerintahan desa. Transparansi penggunaan Dana Desa mutlak adanya. Agar publik bisa mengetahui....

Realisasi Pembangunan Desa Bantar Panjang Banyak Masalah, Camat Tigaraksa Tetap Rekomendasi Pencairan

TANGERANG | Carut-marut realisasi pembangunan Desa Bantar Panjang Kecamatan Tigaraksa tidak berarti kucuran dana dari pemerintah tersendat. Hal ini terbukti dari terus berlangsung pencairan dana...

Refleksi 7 Tahun UU Desa: Ingat, Desa Membangun, Bukan Membangun Desa

TANGERANG | Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa sudah memasuki tahun ketujuh. Sejak disahkan pada 15 Januari 2014. Dalam rangka refleksi 7 tahun terbitnya...

Pemdes Pete Tetapkan 362 Penerima BLT Dana Desa

TANGERANG | Pemerintahan Desa Pete Kecamatan Tigaraksa melakukan Musyawarah Desa. Agenda tersebut membahas validasi, finalisasi, serta penetapan calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang...

Pengumuman: Pilkades Tangerang Digelar Juli 2021

TANGERANG | Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 77 desa se-Kabupaten Tangerang akan digelar bulan Juli tahun ini. Adapun terkait tahapan dimulai pada...

Serdang Wetan Wakili Banten Dalam Ajang Pemilihan Desa Brilian Bacth 1 Tingkat Nasional

TANGERANG | Penghargaan tingkat nasional diberikan kepada 10 desa pada program Desa Brilian Bacth 1 tahun 2021 oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI). Salah satunya...