Membaca Ulang Konsep Masyarakat Madani

Oleh: Muhamad Harikal Ramadhan Pohan*

KEHIDUPAN beragama pada era modern saat ini banyak sekali perubahan. Dalam Islam pergeseran pola hidup beragama khususnya di Indonesia mengalami kemunduran.

Islam di Indonesia dikenal agama yang ramah, moderat, dan progresif berganti menjadi Islam yang konservatif dengan banyaknya peristiwa dan konflik antarumat beragama, yang kerap muncul di berbagai wilayah Indonesia.

Kehidupan beragama Islam di era-modern seharusnya dapat membentuk masyarakat madani. Konsep ini kerap muncul menjadi bahan diskusi untuk mewujudkan masyarakat yang demokratis, sesuai dengan kehidupan masyarakat madinah yang dijadikan topologi masyarakat madani oleh Nurcholish Madjid.

Dalam artian, kehidupan bermasyarakat harus selaras dengan poin-poin yang dituangkan dalam Piagam Madinah yang dijadikan landasannya. Sikap egaliterianisme harus ditegakkan dengan konsep setiap kelompok memiliki hak dan kedudukan yang sama, serta dalam pengambilan kebijakan harus melibatkan masyarakat dan pelaku ketidakadilan akan mendapatkan hukuman sesuai hukum yang berlaku (Nurchlosih Madjid, 1997).

Baca Juga

Menurut analisis (Muhammad Imarah, 1999) masyarakat madani memiliki tiga karakteristik dasar.

Pertama, adanya semangat pluralisme, sesuai dengan yang tertuang dalam Q.S. Al Hujarat 49 (13). Kedua, menjunjung tinggi sikap toleransi, baik secara muslim maupun non-muslim sesuai firman Allah yang tercantum dalam surat An’nam (108).

Ketiga, tegaknya prinsip demokrasi atau dalam Islam leih dikenal dengan konsep musyawarah, yang tertuang di dalam Q.S. AsSyura (38) dan Al-Mujadalah (11). Karakteristik tersebut menjadi landasan untuk membentuk masyarakat madani.

Kondisi realitas hari ini untuk membentuk masyarakat madani di era modern sangat berbanding terbalik dengan konsep masyarakat madani.

Sebab kehidupan beragama dan bernegera khsusunya di Indonesia, Islam telah menjadi suatu agama yang konservatif dengan ditandai hilangnya Islam yang ramah dan munculnya kelompok Islam militan/jihadist, laskar jihad, laskar jundullah.

Hal yang sudah menjadi rahasia umum bersama ialah perubahan orientasi politik umat Islam yang secara demografi kelompok muslim mengalami perpindahan. Ditandai dengan terputusnya ikatan kesejarahan figur cendekiawan muslim terdahulu.

Cendekiawan muslim yang lahir pada tahun 1990an tidak lagi berinteraksi dengan generasi lama Islam yang memiliki ikatan politik dengan gerakan pelopor Islam di masa lampau, (Islamic ideological orientation & Islamic political attachment sudah sirna: Masyumi, Parmusi, Salman, Istiqamah, Salahuddin, Al-Falah), dikarenakan generasi muda Islam memiliki pandangan, konsep, dan pilihan politik sendiri serta tidak merasa memiliki ikatan dengan politik Islam masa lampau.

Foto: Ilustrasi masyarakat madani (Istimewa).

Globalisasi dan kemajuan teknologi menjadi salah satu faktor jurang pemisah antara golongan Islam terdahulu dengan generasi muda islam.

Generasi muda Islam memiliki pola beragama tersendiri, mereka tumbuh dari sekolah yang rutin mengadakan pesantren kilat, maulid nabi, dan isra miraj serta hanya mendengar kutipan ayat yang dibacakan oleh khatib dalam ceramah salat Jumat dan media sosial yang menjadi rujuakan untuk pengalaman beragamanya. Misalanya dengan mendengarkan ceramah di Youtube, Instagram, dan sebagainya.

Dengan pengalaman beragamanya yang jauh dari masjid membuat perpindahan secara drastis dengan pendahulunya. Misalnya Cak Nur yang menjadi guru bangsa karena penguasaan pada pengetahuan Islam klasik dan modern ia dapatkan dari masjid hingga dunia akademis formal.

Oleh karena itu, untuk membentuk masyarakat madani di era modern harus dimulai dengan mengambalikan budaya kehidupan beragama seperti masa lampau yang dimulai dari masjid.

Sebab untuk mencapai karakteristik masyarakat madani yang telah dituliskan diatas, di mana masyarakat madani sebagai kondisi penting dalam upaya demokrasi serta jalan untuk memperkuat partisipasi masyarakat dalam urusan publik dan membuka ruang publik yang lebih luas, sehingga dapat mencegah munculnya ketidakpercayaan masyarakat kepada pengambil keputusan (Norton, 1995; Hall, 1995; Eberly, 2000; Edwards, Foley & Diani, 2001).

Untuk mencapai semua itu, hal yang paling mendasar sebagai penguatan basis terbentuknya masyarkat madani ialah pendidikan. Sebab sesuai dengan falsafah pendidikan, salah satu tujuan utamanya ialah melahirkan warga negara yang baik.

Pendidikan juga memiliki peran besar membentuk masyarkat yang demokratis, melahirkan kelompok kelas menengah, dan penggerak utama di masyarakat dalam hal proses demokratisasi.

Foto: Ilustrasi masyarakat madani (Istimewa).

Khsusunya dalam peranan Islam, para pemeluknya terlebih di Indonesia, harus kembali mencipatakan Islam yang ramah, moderat, progresif, dan menghilangkan Islam konservatif.

Hal itu dikarenakan Islam sebagai agama bukan hanya mengatur kehidupan individu dengan Tuhannya, melainkan sebagai ideologi (sistem sosial) yang juga mengatur kehidupan masyarakat dan negara. Dalam prosesnya umat Islam dapat mentrasnformasikan dalam pembangunan:

  • Penguatan Intelegensia Muslim: Mampu memunculkan kelompok-kelompok Intelektual muslim yang dapat produktif dan berkarya.
  • Penguatan Demokratisasi: Terdapat keterlibatan kelas menengah muslim dalam konstalasi politik nasional baik ide maupun praktiknya.
  • Penguatan Sistem Birokrasi dan Pemerintahan: Kemunculan kelompok baru dengan intelengensia muslim dalam birokrasi dan pemerintahan negara di Indonesia.
  • Penguatan kesejahteraan Sosial-Ekonomi: Menjadi pelopor pemberdayaan ekonomi umat (Setyadi Sulaiman, Pemateri Advanced Training HMI Badko Papua-Papua Barat).

Semua harus selaras dengan perkembangan dan perubahan zaman, dan umat Islam harus berperan aktif dalam mewujudkan masyarakat madani di era modern, sesuai dengan Q.S. Al Imron (110):

“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. sekiranya ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.”

Dalam surat ini, jelas kita telah dilahirkan sebagai umat terbaik-Nya. Lantas apa alasan kita sebagai makhluk-Nya tidak dapat menjalankan peran sebagai manusia yang terbaik di muka bumi.

Sehingga dapat terwujudnya pembentukan masyarakat madani dengan terciptanya tatanan masyarakat yang lebih terbuka.

Starategi untuk membentuk masyarkat madani pada era modern dapat dilakukan dengan integrasi nasional dan politik serta pendidikan yang berkualitas

*Penulis merupakan warga Tangerang, saat ini sedang menjadi Peserta LK3 Advanced Training HMI Badko Papua-Papua Barat. 

 2,453 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

TANGERANG | Setelah ditunda beberapa kali, Pemerintah Kabupaten Tangerang akhirnya menetapkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2021. Rencananya digelar pada 10 Oktober...

TANGERANG | Kisah pilu dialami seorang perempuan lanjut usia yang tinggal di Kampung Jati RT. 01 RW. 04 Desa Slapajang, Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang. Pasalnya,...

TANGERANG | Salah satu staf Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Tangerang ditangkap polisi. Terkait dugaan pemerasan terhadap calon Kepala Desa Ranca...

TANGERANG | Perhatian publik terhadap perjuangan warga Desa Parahu Kecamatan Sukamulya untuk meminta percepatan proses Pergantian Antar Waktu (PAW) semakin meluas. Setelah para tokoh, ulama,...

VINUS TV

BERITA TERBARU

Dugaan Pemerasan Calon Kepala Desa, Staf DPMPD Tangerang Ditangkap Polisi

TANGERANG | Salah satu staf Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Tangerang ditangkap polisi. Terkait dugaan pemerasan terhadap calon Kepala Desa Ranca...

Satu Jam Bersama Pak Selamet, Cerita Sukses Budidaya Ikan Lele

TANGERANG | Jika ada kemauan pasti ada jalan. Adagium inilah yang diyakini Selamet Riyadi untuk banting setir dari semula sebagai sopir menjadi pembudidaya ikan...

Tanggapi Pernyataan FMC, Mahasiswa Serang: Itu Aktivis Gerakan Atau Kacung Kekuasaan?

SERANG | Setelah Forum Mahasiswa Cilegon (FMC) menanggapi pernyataan Himpunan Mahasiswa Banten (HMB). Terkait kerumanan di Pantai Anyer, kini giliran aktivis mahasiswa Serang angkat...

Terkait Kerumunan di Pantai Anyer, Mahasiswa Cilegon Sebut Pernyataan HMB Tidak Berdasar

CILEGON | Forum Mahasiswa Cilegon (FMC) yang terdiri dari HMI, GMNI, PMII, dan IMC mempertanyakan tudingan Himpunan Mahasiswa Banten (HMB) yang menyatakan peran Polri...

Sering Aktivitas Virtual? Awas Terkena Sindrom Zoom Fatigue

PANDEMI Covid-19 telah mengubah gaya hidup masyarakat. Berbagai macam kegiatan sekolah hingga perkantoran dialihkan melalui sistem daring. Menggunakan aplikasi konferensi video. Meskipun aktivitas ini terkesan...

Pengumuman: Pilkades Tangerang Digelar 10 Oktober 2021

TANGERANG | Setelah ditunda beberapa kali, Pemerintah Kabupaten Tangerang akhirnya menetapkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2021. Rencananya digelar pada 10 Oktober...

Ulama Kharismatik Kota Tangerang KH. Edi Junaedi Nawawi Tutup Usia

TANGERANG | Kabar duka, Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangerang KH. Edi Junaedi Nawawi tutup usia pada Rabu, (15/09). Kepastian kabar duka...

Kisah Pilu Nenek Mirah, Hidup Sebatang Kara di Gubuk Reyot

TANGERANG | Kisah pilu dialami seorang perempuan lanjut usia yang tinggal di Kampung Jati RT. 01 RW. 04 Desa Slapajang, Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang. Pasalnya,...

Gandeng PT CMA, BUMD Serang Berdayakan UMKM Produksi Sepatu Kesehatan

SERANG | PT Serang Berkah Mandiri (SBM) menjalin kerja sama dengan PT Chosan Mitra Abadi (CMA) terkait pemberdayaan para pelaku UMKM di Kabupaten Serang,...

IKLAN

BERITA TERPOPULER

Bendera Negara Asing Berkibar di Klinik Milik PNS, Warga Minta Aparat Bertindak Tegas

TANGERANG | Pemandangan kurang pantas terjadi di Perumahan Villa Tangerang Elok Kelurahan Kuta Jaya Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang. Berkibar bendera Palestina tanpa berdampingan...

Setelah Didemo Warga Terkait BLT, Kepala Desa Lebak Wangi Gantung Diri

TANGERANG | Kabar duka datang dari Kepala Desa Lebak Wangi Kecamatan Sepatan Timur Kabupaten Tangerang. Setelah sebelumya didemo masyarakat terkait transparansi bantuan Covid-19, Kepala...

Warga Sekitar Kawasan Millenium Butuh Pekerjaan, Pabrik Lebih Memilih Titipan Dinas

TANGERANG | Puluhan warga berunjuk rasa di depan PT Green Source Indonesia (GSI) yang berlokasi Kawasan Industri Millenium Kelurahan Kaduagung Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang. Tidak...

Miris, BLT Pusat Terindikasi Diselewengkan Aparat Kelurahan Sukamulya

TANGERANG | Merasa janggal terkait undangan pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari APBN melalui Kantor Pos, Siti Aminah mempertanyakan bantuan yang hendak...

Ingin Mengajukan Bantuan Presiden Tanpa Antre, Begini Caranya

TANGERANG | Kabar baik bagi para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UMKM). Khususnya yang terdampak pandemi Covid-19. Lantaran pemerintah akan memberikan langsung Bantuan Presiden Produktif...

Digugat LBH Ansor, Alfian Tanjung Tak Punya Nyali Datangi Pengadilan

TANGERANG | Kasus penghinaan oleh Alfian Tanjung terhadap Banser terus berlanjut. Ketua Umum GP Ansor Gus Yaqut Cholil Qoumas didampingi pengacara LBH Ansor beserta...

Dampak Covid-19, Ratusan Pekerja PT Universal Luggage Indonesia Diberhentikan

TANGERANG | Di tengah pandemi Covid-19, sebanyak 300 lebih tenaga kerja kontrak diberhentikan sepihak oleh PT Universal Luggage Indonesia. Perusahaan yang berlokasi di Desa...

AGENDA

BERITA TERKAIT

Jeritan Warga di Tengah Euforia Penghargaan BUMD Tangerang

Oleh: Abdul Haris* ADA warga Cisoka yang menjerit lantaran penutupan akses keluar pasar. Ada pula aktivis Pantura yang mengeluh karena layanan PDAM Tirta Kerta Rahardja. Namun...

Menanti Keseriusan KPI

Oleh: Erna Ummu Aqilah* BARU-BARU ini masyarakat digegerkan dengan berita perundungan yang dialami oleh salah satu pegawai KPI pusat. Korban yang berinisial MS, mengalami berbagai...

Ketika Harga Cabai Tak Lagi “Pedas”

Oleh: Yani Suryani* INDONESIA menjadi salah satu negara yang terkenal dengan masakannya. Juga aneka jenis sambal. Tidak terasa makan jika tak ada sambal. Itulah salah...

Memaknai Spirit Kemerdekaan

Oleh: Rosadi Adi Permana* TEPAT pada tanggal 17 Agustus 2021, Indonesia menghirup udara kemerdekaan selama 76 Tahun. Kemerdekaan yang dahulu diperjuangkan oleh para pahlawan disertai...

Perempuan dan Nasionalisme, Refleksi Hari Kemerdekaan Indonesia

Oleh: Gefrina Djohan* “Kita harus membuat sejarah, kita mesti menentukan masa depan kita yang sesuai dengan keperluan dan kebutuhan kita sebagai kaum perempuan serta harus...

Darurat Moral Pelaksanaan PPKM: Sebuah Evaluasi

Oleh: M. Sopian Hidayatullah* DUKA nestapa Indonesia dan dunia masih terus berlangsung. Hal ini tentu saja dikarenakan pandemi Covid-19 masih belum juga hilang, malah kian...

Uji Kepedulian Kala Pandemi

Oleh: Yani Suryani* SAMPAI hari ini, kasus terindikasi positif Covid-19 masih menunjukkan trend meningkat. Belum lagi masyarakat akhirnya memutuskan untuk melakukan isolasi mandiri (Isoman) saat merasakan...

IKLAN

SEPUTAR BANTEN

Tanggapi Pernyataan FMC, Mahasiswa Serang: Itu Aktivis Gerakan Atau Kacung Kekuasaan?

SERANG | Setelah Forum Mahasiswa Cilegon (FMC) menanggapi pernyataan Himpunan Mahasiswa Banten (HMB). Terkait kerumanan di Pantai Anyer, kini giliran aktivis mahasiswa Serang angkat...

Terkait Kerumunan di Pantai Anyer, Mahasiswa Cilegon Sebut Pernyataan HMB Tidak Berdasar

CILEGON | Forum Mahasiswa Cilegon (FMC) yang terdiri dari HMI, GMNI, PMII, dan IMC mempertanyakan tudingan Himpunan Mahasiswa Banten (HMB) yang menyatakan peran Polri...

Gandeng PT CMA, BUMD Serang Berdayakan UMKM Produksi Sepatu Kesehatan

SERANG | PT Serang Berkah Mandiri (SBM) menjalin kerja sama dengan PT Chosan Mitra Abadi (CMA) terkait pemberdayaan para pelaku UMKM di Kabupaten Serang,...

Sebentar Lagi! Tol Serang-Rangkas Dibuka

BANTEN | Jalan Tol Serang-Panimbang seksi 1 yang menghubungkan Serang-Rangkasbitung telah rampung 100 persen. Pembangunan yang dimulai sejak Februari 2017 tersebut, saat ini sudah melalui...

KPK Tangani Dugaan Korupsi Dindik Banten

BANTEN | Kasus dugaan korupsi pengadaan tanah pembangunan SMKN 7 Tangerang Selatan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten Tahun Anggaran 2017 mulai ditangani...

Pantai Bugel Cemara, Destinasi Wisata Tersembunyi di Banten

PANDEGLANG | Ada objek wisata yang masih asri di Kabupaten Pandeglang, yakni Pantai Bugel Cemara. Lokasinya berada di Desa Banyuasih Kecamatan Cigeulis. Berbeda dengan pantai...

Siap-Siap, Warna Kaleng Pelat Kendaraan Akan Ganti

BANTEN | Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau biasa disebut dengan kaleng pelat nomor kendaraan akan diganti warna dasarnya. Hal itu disampaikan Kabid Humas Polda...

IKLAN

SEPUTAR DESA

Ini Jadwal dan Tahapan Pilkades Serentak Kabupaten Tangerang

TANGERANG | Jadwal tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 77 desa se-Kabupaten Tangerang telah selesai dibahas. Bahkan sudah mulai disosialisasikan oleh dinas terkait. Mulai...

Banyak Kejanggalan, Belasan Warga Cibadak Datangi Kecamatan, Persoalkan Penggunaan Dana Desa

TANGERANG | Penggunaan dana desa sejatinya diprioritaskan untuk membiayai pembangunan, pemberdayaan, dan penyelenggaraan pemerintahan desa. Transparansi penggunaan Dana Desa mutlak adanya. Agar publik bisa mengetahui....

Refleksi 7 Tahun UU Desa: Ingat, Desa Membangun, Bukan Membangun Desa

TANGERANG | Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa sudah memasuki tahun ketujuh. Sejak disahkan pada 15 Januari 2014. Dalam rangka refleksi 7 tahun terbitnya...

Realisasi Pembangunan Desa Bantar Panjang Banyak Masalah, Camat Tigaraksa Tetap Rekomendasi Pencairan

TANGERANG | Carut-marut realisasi pembangunan Desa Bantar Panjang Kecamatan Tigaraksa tidak berarti kucuran dana dari pemerintah tersendat. Hal ini terbukti dari terus berlangsung pencairan dana...

Pemdes Pete Tetapkan 362 Penerima BLT Dana Desa

TANGERANG | Pemerintahan Desa Pete Kecamatan Tigaraksa melakukan Musyawarah Desa. Agenda tersebut membahas validasi, finalisasi, serta penetapan calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang...

Pengumuman: Pilkades Tangerang Digelar Juli 2021

TANGERANG | Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 77 desa se-Kabupaten Tangerang akan digelar bulan Juli tahun ini. Adapun terkait tahapan dimulai pada...

Serdang Wetan Wakili Banten Dalam Ajang Pemilihan Desa Brilian Bacth 1 Tingkat Nasional

TANGERANG | Penghargaan tingkat nasional diberikan kepada 10 desa pada program Desa Brilian Bacth 1 tahun 2021 oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI). Salah satunya...