Fatmah, Warga Balaraja-Tangerang Jatuh Cinta Pada Orang Gila

BERSAMA KELUARGA – Fatmah (mengenakan kerudung hitam) bersama kedua anaknya, Raisatun Nisa dan Abdurahman Fathir Ramadhan serta suaminya Misna Kosasih.

TANGERANG | Di negeri ini, derita orang gila benar-benar menyedihkan. Kita sering melihat orang gila mengais-ngais makanan di tempat-tempat sampah. Mereka makan dari tempat jorok itu dengan begitu lahapnya.

Ada kalanya orang-orang gila itu diolok-olok anak-anak di jalan-jalan. Jika orang gila itu marah, anak-anak berlarian sambil tertawa-tawa terpingkal-pingkal dan bahkan ada yang berjoged-joged seakan-akan di mata mereka orang gila itu lucu.

Yang juga tidak kalah memilukan, tidak sedikit orang gila yang telanjang bulat berjalan-jalan di tempat umum. Ironisnya lagi jarang sekali ada yang berani memberikan pakaian untuk menutup aurat mereka.

Selain itu, kita sering menyaksikan orang gila dengan berbagai fenomena. Misalnya, rambutnya panjang dan kotor, tubuhnya dekil dan bau, giginya kuning sekali dan pakaiannya sudah rusak di sana-sini.

Anehnya bagi kebanyakan manusia, hal itu hanyalah fenomena biasa. Peristiwa keseharian yang datar-datar saja. Tidak ada yang lebih menarik dari orang gila, kecuali jijik dan jijik serta menakutkan.

Menangisi Orang Gila

Namun demikian berbeda dengan apa yang dirasakan hati kecil Fatmah. Warga Balaraja, Kabupaten Tangerang dan ibu dari dua anak ini (Raisatun Nisa dan Abdurahman Fathir Ramadhan), seringkali menangis tersedu-sedu jika melihat orang gila. Ia memang sangat menyangi dan mencintai orang-orang gila.

Wanfatmah – demikian nama asli Fatmah – selalu kasihan melihat orang gila. Ia sering memikirkan orang gila. Misalnya bagaimana makannya, mengingat dalam benaknya orang gila itu manusia juga.

Sedekah Nasi Bungkus

Berawal dari pemikiran itu, Fatmah menggulirkan ide memberi nasi bungkus dan lauk pauknya kepada orang gila. Keinginan Fatmah didukung suaminya, Misna Kosasih dan temannya, Ali bersama istrinya.

“Mereka sangat membutuhkan makanan,” ungkap Fatmah, yang juga membuka Taman Baca Masyarakat (TBM) di rumahnya untuk membangun budaya baca dan literasi di kalangan anak-anak.

Fatmah mengaku kasihan dengan orang gila karena di matanya ciptaan Allah. “Kita harus saling mengasihi tanpa diskriminasi. Kita harus memanusiakan manusia. Sebab mereka makhluk Allah juga,” ujarnya.

Orang-orang gila ujar Fatmah, hidupnya sering menyendiri dan mengasingkan diri. Mungkin itu terpaksa karena ketika mereka mendekati ke rumah-rumah makan atau rumah-rumah warga, dengan tanpa belas kasihan mereka langsung diusir.

“Saya sering melihat seperti itu. Baru saja mereka mendekat rumah makan misalnya, eh cepet-cepet diusir. Kasihan mereka itu,” ungkap Fatmah sambil mencucurkan air matanya.

Perasaan Dag Dig Dug

Pertama kali memberi nasi bungkus kepada orang gila, diakui Fatmah, perasaannya tak tentu rupa. Ada perasaan takut. “Perasaan saya dag dig dug, takut dia ngamuk,” ungkap Fatmah.

Namun lanjut dia, lama-lama akhirnya menjadi biasa. Apalagi yang disantuni nasi itu masih di kawasan Balaraja, seperti di sekitarJalan Sentiong. “Makin ke sini santai, orang gilanya sudah hafal sama saya,” terangnya.

Menurutnya, memberikan santunan nasi itu diilhami teman-temannya di daerah lain. “Saya sering lihat upload foto-foto teman-teman di facebook membagikan nasi bungkus kepada warga-warga yang kurang mampu dan membutuhkan,” teranya.

Ia melihat, ternyata aktifitas semacam itu di wilayahnya belum ada. Fatmah pun mencoba merealisasikan gagasannya. Namun pada awalnya memberi nasi bungkus itu tidak rutin, namun seiring dengan waktu sudah dirutinkan yakni setiap Jumat.

Dana Patungan

“Saya memulai sedekah nasi bungkus tanggal 19 April 2019. Saya bersama suami (Misnah Kosasih) dan Pak Ali bersama istrinya. Kami patungan membagikan 30 bungkus nasi ke para penunggu pasisen RSUD Balaraja,” ungkap Fatmah.

Menurutnya, para penunggu pasien itu seringkali bukan orang-orang yang punya, akan tetap banyak juga yang kekurangan uang. Mereka terpaksa mengirit antara kebutuhan dirinya, biaya rumah sakit dan biaya untuk orang-orang rumah.

“Mereka juga butuh makan, namun sering mereka menahan kebutuhan perutnya sendiri. Kalau sudah begitu, lalu siapa yang peduli sama mereka. Adakah yang tahu kebutuhan mereka,” tanya.

Dikatakannya, bersedekah itu dianjurkan Allah SWT dan Rasulullah. “Memberi makan kepada saudara-saudara muslim sudah jelas ada dalam Alquran dan Hadist,” bebernya.

Selain memberi nasi kepada orang gila, kemudian dilanjutkan ke penunggu pasien di rumah sakit, juga belakangan ini bertambah ke para pengemis, pemulung, tukang becak, dan penunggu kotak amal seperti di pom-pom bensin.

Sebetulnya Fatmah berharap bisa sedekah nasi kepada mereka setiap hari. Namun saat ini belum bisa dilakukan mengingat keterbatasan anggaran. Walau begitu, Fatmah bahagia karena saat ini ada saja yang memberikan donasi untuk sedekah nasi.

“Untuk mengumpulkan donasi itu saya ngamen lewat status facebook atau di group-group whatsApp (WA). Saya ajakin saudara-saduara dan teman-teman saya untuk berbagi. Ada saja yang mau,” ujarnya.

Saat ini, dalam bersedekah nasi juga, Fatmah tidak bertiga lagi (Fatma, Misnah Kosadsih dan Ali) seperti pada awal aktifitasnya. Tetapi sudah ada relawan yang mau membantu. “Alhamdulillah relawan sudah ada tujuh orang,” katanya.

Fatma berharap kegiatan ini bisa terus berlangsung di sepanjang hidupnya. Sebab ia yakin seyakin-yakinnya bahwa perbuatan baik itu akan ada jalannya, terutama akan ada pertolongan dari Allah.

Ayo siapa yang mau turut membantu sedekah nasi hubungi Fatmah 089651904609. (Budi Sabarudin)

 2,123 kali dilihat,  5 kali dilihat hari ini

TANGERANG | Puluhan mahasiswa menggelar aksi di depan Gedung Bupati, pada Jumat, (23/07). Aksi dilakukan oleh Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kabupaten Tangerang. Menyoroti beberapa...

Oleh: M. Sopian Hidayatullah* DUKA nestapa Indonesia dan dunia masih terus berlangsung. Hal ini tentu saja dikarenakan pandemi Covid-19 masih belum juga hilang, malah kian...

TANGERANG | Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Tigaraksa menyayangkan pertemuan para pihak yang digagas Bupati Tangerang. Pasalnya tidak menghasilkan keputusan konkret dalam menerapkan PPKM...

TANGERANG | Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Tangerang melakukan kajian. Hasilnya, menolak perpanjangan PPKM Darurat. Hal itu disampaikan Ketua PC PMII Tangerang Ilham Dimas Sese....

VINUS TV

BERITA TERBARU

Inspirasi Usaha Dari Tangerang, Budi Daya Maggot

TANGERANG | Beberapa bulan terakhir, budi daya maggot mulai dilirik masyarakat. Lantaran maggot memiliki banyak keunggulan, seperti mengandung protein tinggi dan berkualitas yang dibutuhkan...

Gelar Aksi, HMI Minta Pemkot Tangsel Evaluasi PPKM

TANGSEL | Puluhan mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Universitas Pamulang menggelar aksi di Puspem Kota Tangerang Selatan, pada Senin, (26/07). Dalam aksi gabungan dua...

Darurat Moral Pelaksanaan PPKM: Sebuah Evaluasi

Oleh: M. Sopian Hidayatullah* DUKA nestapa Indonesia dan dunia masih terus berlangsung. Hal ini tentu saja dikarenakan pandemi Covid-19 masih belum juga hilang, malah kian...

HMI Sayangkan Pertemuan Dengan Bupati Tangerang, Tidak Ada Tindakan Konkret Terkait Penerapan PPKM Level 4

TANGERANG | Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Tigaraksa menyayangkan pertemuan para pihak yang digagas Bupati Tangerang. Pasalnya tidak menghasilkan keputusan konkret dalam menerapkan PPKM...

Gerakan RakyatMemberi Sediakan Makan Siang Gratis Bagi Ojol

TANGERANG | Pandemi Covid-19 belum kunjung mereda. Dampaknya sangat luas. Pengemudi ojeg online (Ojol) salah satunya. Hal itu membuat sejumlah pemuda yang mengatasnamakan #RakyatMemberi menyediakan...

GMNI Demo Pemkab Tangerang, Soroti Penanganan Covid-19

TANGERANG | Puluhan mahasiswa menggelar aksi di depan Gedung Bupati, pada Jumat, (23/07). Aksi dilakukan oleh Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kabupaten Tangerang. Menyoroti beberapa...

Setelah Dikritik, Sekwan Banten Batal Beli Mobil Mewah

BANTEN | Setelah mendapat kritik dari berbagai kalangan masyarakat, rencana pembelian empat mobil mewah sebagai kendaraan dinas untuk Pimpinan DPRD Provinsi Banten, akhirnya dibatalkan. Kepada...

Manfaatkan Momentum Idhuladha, KWRI Tangerang Bagikan Daging Kurban

TANGERANG | Momentum perayaan Iduladha 1442 Hijriyah dimanfaatkan betul oleh Komite Wartawan Reformasi Indonesia (KWRI) Kabupaten Tangerang. Pihaknya membagikan dua ekor kambing kurban kepada anak...

Pembangunan Tol Serpong-Balaraja Sesi Pertama Hampir Rampung

TANGERANG | Progres pembangunan Tol Sebraja (Serpong-Balaraja) seksi pertama sudah mencapai 94 persen. Namun, masih ada keterbatasan dari segi pembangunan. Demikian disampaikan Bupati Tangerang Ahmed...

IKLAN

BERITA TERPOPULER

Setelah Didemo Warga Terkait BLT, Kepala Desa Lebak Wangi Gantung Diri

TANGERANG | Kabar duka datang dari Kepala Desa Lebak Wangi Kecamatan Sepatan Timur Kabupaten Tangerang. Setelah sebelumya didemo masyarakat terkait transparansi bantuan Covid-19, Kepala...

Warga Sekitar Kawasan Millenium Butuh Pekerjaan, Pabrik Lebih Memilih Titipan Dinas

TANGERANG | Puluhan warga berunjuk rasa di depan PT Green Source Indonesia (GSI) yang berlokasi Kawasan Industri Millenium Kelurahan Kaduagung Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang. Tidak...

Miris, BLT Pusat Terindikasi Diselewengkan Aparat Kelurahan Sukamulya

TANGERANG | Merasa janggal terkait undangan pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari APBN melalui Kantor Pos, Siti Aminah mempertanyakan bantuan yang hendak...

Ingin Mengajukan Bantuan Presiden Tanpa Antre, Begini Caranya

TANGERANG | Kabar baik bagi para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UMKM). Khususnya yang terdampak pandemi Covid-19. Lantaran pemerintah akan memberikan langsung Bantuan Presiden Produktif...

Digugat LBH Ansor, Alfian Tanjung Tak Punya Nyali Datangi Pengadilan

TANGERANG | Kasus penghinaan oleh Alfian Tanjung terhadap Banser terus berlanjut. Ketua Umum GP Ansor Gus Yaqut Cholil Qoumas didampingi pengacara LBH Ansor beserta...

Orang Tidak Dikenal Robek Al Qur’an dan Coret Musala di Tangerang

TANGERANG | Sebuah musala di Perumahan Villa Tangerang Elok Kelurahan Kutajaya Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang penuh dengan coretan. Setidaknya ada empat tulisan di dinding...

Dampak Covid-19, Ratusan Pekerja PT Universal Luggage Indonesia Diberhentikan

TANGERANG | Di tengah pandemi Covid-19, sebanyak 300 lebih tenaga kerja kontrak diberhentikan sepihak oleh PT Universal Luggage Indonesia. Perusahaan yang berlokasi di Desa...

AGENDA

BERITA TERKAIT

Kenalan Dengan Kak Irma, Pendongeng Boneka Tangan yang Disukai Anak-Anak

TANGERANG | Kecintaan terhadap anak kecil dan dunia dongeng membawa Kak Irma menjadi seorang Ventrilokuis, atau pendongeng boneka dengan suara perut. Kak Irma kerap menarik...

Tubagus Falak, Ulama Kelahiran Banten yang Layak Jadi Pahlawan Nasional

BANTEN | Nama KH. Tubagus Falak harusnya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Banten. Salah satu ulama kharismatik. Pejuang kemerdekaan Indonesia. Gigih melawan...

Satu Jam Bersama Ahmad Syaikhu, Bincang Seputar Pandemi dan Kuasa Tuhan

TANGERANG | Sebagai manusia, umat Islam harus meyakini terhadap kekuasaan Tuhan. Segala hal terjadi di alam semesta merupakan seizin Allah. Tak terkecuali pandemi Covid-19. Namun,...

Mengenal Lebih Dekat Sosok Komala Sari, Seorang Guru yang Kini Menjadi Advokat

TANGERANG | Semangat dan ikhlas merupakan kunci hidup yang kini dijalani Komala Sari. Putri daerah Tigaraksa ini tengah menjalani profesi sebagai advokat. Di Lembaga...

Orang Baik Itu Telah Tiada, Selamat Jalan Bang Ali Taher

TANGERANG | Kabar duka datang dari tokoh sekaligus Anggota Komisi VIII DPR RI Fraksi Partai Amanat Nasional H.M. Ali Taher Parasong. Kepastian kabar duka itu...

Mad Yamin Kamad, Sang Pedagang Asong yang Sukses Jadi Kepala Sekolah

TANGERANG | Orang-orang sukses, besar dan hebat yang kita temui hari ini, dulunya adalah biasa-biasa saja, kecil dan bahkan tidak dilihat dan tidak dianggap...

Organisasi PMR Antarkan Saman Sadik Achrad Jadi Kepala Sekolah

TANGERANG | Setiap orang semestinya bijaksana, semisal jangan menganggap enteng arti berorganisasi. Sekecil apa pun organisasi itu pasti berdampak pada setiap anggotanya. Sudah banyak...

IKLAN

SEPUTAR BANTEN

Setelah Dikritik, Sekwan Banten Batal Beli Mobil Mewah

BANTEN | Setelah mendapat kritik dari berbagai kalangan masyarakat, rencana pembelian empat mobil mewah sebagai kendaraan dinas untuk Pimpinan DPRD Provinsi Banten, akhirnya dibatalkan. Kepada...

Banten Terima Bantuan 120 Ton Oksigen

BANTEN | PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. (Chandra Asri) memberikan bantuan 120 Ton oksigen medis kepada pemerintah Provinsi Banten, pada Senin, (19/07). Bantuan tersebut diterima...

Babad Banten: Kebijakan PPKM Darurat Harus Diiringi Pemenuhan Kebutuhan Pokok

BANTEN | Ketua Umum DPP Ormas Kerabat dan Sahabat Kesultanan Banten (Babad Banten) Tubagus Soleh memahami realitas sosial politik yang sudah, sedang, dan akan...

Mathlab El Awam Kenalkan Pola Hidup Sehat Saat Pandemi

SERANG | Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Mathlab El Awam menggelar kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, bertempat di Desa Koper Kecamatan Cikande Kabupaten Serang, pada...

PPDB SMA Banyak Masalah, Ombudsman Panggil Dinas Pendidikan Provinsi Banten

BANTEN | Karut-marut proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA di Provinsi Banten berbuntut pemanggilan beberapa kepala dinas oleh Ombudsman RI Perwakilan Banten. Pemanggilan itu...

Pemuda Muhammadiyah Banten dan Pemuda PKS Gagas Gerakan Bersama

SERANG | Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Banten menerima kunjungan silaturahmi Bidang Kepemudaan Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (DPW PKS) Provinsi Banten di Gedung...

Pabrik di Banten Semakin Berkurang, Pindah ke Jawa Tengah

BANTEN | Tingginya Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK) di Provinsi Banten membuat beberapa pabrik memindahkan lokasi usahanya ke wilayah lain, seperti Jawa Tengah. Fenomena tersebut kian...

IKLAN

SEPUTAR DESA

Ini Jadwal dan Tahapan Pilkades Serentak Kabupaten Tangerang

TANGERANG | Jadwal tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 77 desa se-Kabupaten Tangerang telah selesai dibahas. Bahkan sudah mulai disosialisasikan oleh dinas terkait. Mulai...

Banyak Kejanggalan, Belasan Warga Cibadak Datangi Kecamatan, Persoalkan Penggunaan Dana Desa

TANGERANG | Penggunaan dana desa sejatinya diprioritaskan untuk membiayai pembangunan, pemberdayaan, dan penyelenggaraan pemerintahan desa. Transparansi penggunaan Dana Desa mutlak adanya. Agar publik bisa mengetahui....

Refleksi 7 Tahun UU Desa: Ingat, Desa Membangun, Bukan Membangun Desa

TANGERANG | Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa sudah memasuki tahun ketujuh. Sejak disahkan pada 15 Januari 2014. Dalam rangka refleksi 7 tahun terbitnya...

Pemdes Pete Tetapkan 362 Penerima BLT Dana Desa

TANGERANG | Pemerintahan Desa Pete Kecamatan Tigaraksa melakukan Musyawarah Desa. Agenda tersebut membahas validasi, finalisasi, serta penetapan calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang...

Realisasi Pembangunan Desa Bantar Panjang Banyak Masalah, Camat Tigaraksa Tetap Rekomendasi Pencairan

TANGERANG | Carut-marut realisasi pembangunan Desa Bantar Panjang Kecamatan Tigaraksa tidak berarti kucuran dana dari pemerintah tersendat. Hal ini terbukti dari terus berlangsung pencairan dana...

Pengumuman: Pilkades Tangerang Digelar Juli 2021

TANGERANG | Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 77 desa se-Kabupaten Tangerang akan digelar bulan Juli tahun ini. Adapun terkait tahapan dimulai pada...

Serdang Wetan Wakili Banten Dalam Ajang Pemilihan Desa Brilian Bacth 1 Tingkat Nasional

TANGERANG | Penghargaan tingkat nasional diberikan kepada 10 desa pada program Desa Brilian Bacth 1 tahun 2021 oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI). Salah satunya...