spot_img
spot_img

Satu Pekan Jelang Ramadan, Sejumlah Harga Kebutuhan Pokok Alami Kenaikan

Foto: Perumda Pasar NKR saat mendatangi Pasar Cisoka (Istimewa).

TANGERANG | Sejumlah kebutuhan bahan pokok di Kabupaten Tangerang mengalami kenaikan jelang datangnya bulan Ramadan 2023. Kenaikan ini terjadi pada harga cabai, telur, ayam, daging, hingga minyak goreng.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Operasional Perumda Pasar NKR Ashari Asmat saat melakukan pemantauan ketersediaan kebutuhan pokok di Pasar Cisoka, pada Kamis (16/03).

Kepada awak media, Ashari Asmat mengungkapkan, pihaknya telah melalukan monitoring harga di beberapa pasar tradisional dan modern. Hal tersebut untuk mengantisipasi adanya kenaikan harga kebutuhan pokok saat-saat memasuki bulan Ramadan.

Baca Juga

Apalagi, lanjut Ashari, jelang bulan Ramadan 2023 ini, ditemukan beberapa harga kebutuhan pokok meningkat harganya, karena memang permintaan yang melonjak.

“Komoditas pangan tersebut di antaranya adalah cabai, telur, ayam, daging, gula pasir, dan minyak goreng. Kenaikan harga tersebut terjadi karena permintaan masyarakat yang tinggi menjelang bulan puasa,” ujarnya.

Kata Ashari, berdasarkan hasil monitoring di Pasar Cisoka, untuk stok dan ketersediaan bahan kebutuhan pokok masih cukup aman, meskipun harga relatif ada kenaikan bila dibandingkan minggu pertama bulan Maret.

Dirinya menyebut, untuk harga cabai rawit merah pada awal bulan masih 65 ribu per kilogram, namun saat ini mencapai 70 ribu per kilogram. Sedangkan harga cabai merah besar saat ini 55 ribu per kilogram, dan cabai merah keriting 40 ribu per kilogram.

“Untuk harga gula pasir berkisar 14 ribu perkilogram dan bawang putih ada kenaikan semula 23 ribu per kilogram, namun sekarang menjadi 32 ribu per kilogram,” ungkapnya.

Meskipun demikian, lanjut Ashari, untuk persediaan bahan pokok, masyarakat tidak perlu khawatir karena stoknya dipastikan aman. Meski ada kenaikan sejumlah harga pangan menjelang bulan Ramadan sulit terelakan.

Ashari menambahkan, Perumda Pasar NKR juga akan terus memantau komoditas harga pangan sejak jelang Ramadan, pertengahan, hingga H-1 Idulfitri nanti.

“Apabila terjadi kenaikan harga yang signifikan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait, seperti Dinas Perdagangan dan Bulog untuk melakukan operasi pasar,” tandasnya. |We

Loading

VINUS TV

BERITA TERBARU

IKLAN

spot_img
spot_img

BERITA TERPOPULER

IKLAN

spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

IKLAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

SEPUTAR BANTEN

IKLAN

spot_img
spot_img
spot_img

SEPUTAR DESA

Masyarakat Pasir Bolang Demo Alfamart