MENELADANI ACHI TM, NOVELIS PEREMPUAN DENGAN KESABARAN TINGKAT DEWA

KOTA TANGERANG | Achi Tm sudah menulis sebanyak 32 novel untuk berbagai kalangan pembaca. Dari jumlah karyanya sebanyak itu, membuktikan betapa hebat dan tangguhnya kesabaran dan ketabahan novelis ini. Barangkali kesabaran dan ketabahannya bisa disebut tingkat dewa.

Bertahun-tahun novel itu diselesaikannya dengan penuh gairah idealisme. “Dalam satu tahun saya menulis dua novel,” ungkap Achi ketika ditemui di kediamannya di Cluster Permata Cibodas Blok D No 6, Cibodas, Kota Tangerang, belum lama ini.

Novel Ruang Idealisme

Bagi perempuan ramah dan murah senyum ini, menulis novel tentu saja bukan sekadar untuk mendedahkan berbagai ide cerita yang berseliweran di kepalanya, namun lebih dari itu dijadikannya sebagai ruang untuk mencurahkan kepuasaan batinnya, idealismenya.

“Kalau ide-ide yang ada di kepala saya tidak dituliskan dalam bentuk naskah seperti novel misalnya, bisa sakit saya. Tetapi menulis novel bagi saya untuk mencurahkan idealisme,” ungkap ibu dari tiga orang anak ini.

Menurut istri Agung Argopo ini, sebuah novel tidak bisa digarap main-main apalagi secara serampangan. Namun harus digarap secara intens dan lebih serius. “Misalnya saja mengenai tokoh-tokohnya. Karakter tokoh-tokoh itu harus kuat,” ujarnya.

Hal itu sangat berbeda ketika menulis skenario sinetron atau skenario Tv. “Kalau menulis skenario sinetron atau tv, itu sudah masuk industri pasar. Jadi harus ada komprominya dan istilahnya harus mau kerja rodi,” ungkap Achi sambil tersenyum.

Beli Mobil

Dari menulis ratusan skenario sinetron dan Tv itulah keluarganya betul-betul bisa hidup mandiri. Sebab Achi bisa membiayai hidup keluarganya bersama-sama suaminya yang juga seorang penulis. Bahkan bisa membeli motor, mobil dan rumah.

“Kalau menulis novel, karena itu untuk kebutuhan idealisme, jadi uangnya hanya buat nambah-nambah kebutuhan dapur saja, apalagi royalti dari satu novel itu kan enam bulan sekali,” ucapnya.

Achi juga memiliki cita-cita besar novelnya bisa diangkat ke film layar lebar agar karya-karya bisa dinikmati banyak orang lagi dengan media berbeda. Namun sampai novel ke-21, tak ada satu pun yang diangkat ke layar lebar dan tak ada satu pun yang best seller.

“Mungkin karena gak ada yang best seller, jadi novel-novel saya tidak ada yang diangkat ke film layar lebar. Padahal itu keinginan dan harapan saya sejak lama sekali. Saya sempat frustrasi juga,” terang Achi yang dikaruniai anak semuanya laki-laki.

Memang sangatlah manusiawi jika semangat Achi sempat kendor. Dan di tengah-tengah frustasinya itu, Achi sempat mengadu kepada Allah SWT bahwa ia ingin berhenti menulis novel. Pengaduannya itu terkesan sebagai protes lembut kepada Allah.

“Saya bilang sama Allah begini. Ya Allah, kalau begini terus mah saya berhenti saja nulis novel. Saya sudah capek,” katanya.

Seiring berjalannya waktu, Achi bersama suaminya mendapat undangan dari Universitas Andalas. Di Perguruan Tinggi yang berada di Padang itu, Achi memberikan materi tentang cara menulis novel.

“Saya waktu itu memotivasi mahasiswa bagaimana caranya menulis novel. Padahal jujur saja pada waktu itu juga jiwa saya sedang kosong-kosongnya, karena novel saya sampai novel ke-21 belum ada yang diangkat ke film layar lebar,” katanya.

Laptop Sempat Hilang

Setelah memberikan materi itu, Achi dan suami pulang ke Tangerang dan tiba pukul 03.00 dinihari. Namun sesampainya di rumah, betapa kagetnya ia. Sebab laptop kesayangannya yang berisi naskah-naskah skenario sinetron dan Tv, raib entah ke mana. Ia tidak paham, mungkin digondol maling.

“Saya kemudian merenung, berpikir sejenak. Mungkin ini salah saya. Sebab saya sudah bicara sama Allah ingin berhenti menulis novel. Padahal saya ini sudah diberi bakat menulis oleh Allah,” ujarnya.

Dengan perasaan dag dig dug dan tegang tingkat wahid karena laptop khawatir hilang betulan dicuri maling, Achi bersama suaminya kembali lagi ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Di sepanjang perjalanan perasaan Achi dan suaminya campur aduk tak tentu rupa, tak tentu rasa dan tak dapat didefenisikan. “Saya benar-benar tegang, karena di laptop itu banyak datanya, seperti naskah-naskah skenario sinetron dan tv,” katanya.

Nazar Membawa Berkah

Dalam hati, Achi kemudian mengucapkan nazar, “Ya Allah kalau laptop saya ditemukan lagi, saya akan menulis novel lagi. Saya tidak akan berhenti menulis novel. Saya akan menulis novel islami,” paparnya.

Namun dua anak manusia itu rupanya masih mendapat lindungan, curahan dan keberkahan kasih sayang Allah. Masya Allah, laptop yang hilang itu ternyata ditemukan seorang petugas parkir dan kemudian dititpkan ke salah satu pos keamanan. Luar biasa jujurnya mereka.

Dalam seketika Achi mencium lantai melakukan sujud syukur. Sebab baginya laptop yang hilang bisa ditemukan lagi itu sesuatu yang sangat ajaib. Apalagi di kawasan bandara banyak orang lalu lalang. Achi sadar kejadian langka ini kuasa Allah.

Ketika tiba di rumah lagi sekitar pukul 03.30, Achi iseng-iseng membuka email pribadinya. Achi benar-benar tercengang karena ada email masuk dari chief editor Gramedia Pustaka Utama (GPU). Achi seperti mendapat keberkahan dari nazar yang sudah diucapkannya itu.

“Yang membuat saya kaget sekali, chief editor itu meminta novel islami. Masya Allah, saya baru saja bernazar, eh tidak lama kemudian datang permintaan novel islami. Doa saya diijabah sama Allah. Saya waktu itu betul-betul merinding,” katanya.

Diakui Achi, selama perjalanan kariernya menulis novel hingga novel ke -21 selalu diterbitkan oleh penerbit-penerbit mayor. Namun sepengalaman dirinya belum pernah mengirimkan naskah ke penerbit yang sudah punya nama besar seperti GPU.

“Saya tidak pernah mengirimkan naskah novel-novel saya ke penerbit GPU, itu penerbit besar. Saya tidak berani. Karena itu, ketika mendapat tawaran itu rasanya pecaya dan tidak percaya,” terangnya.

Insya Allah Sah

Namun setelah mendapat tawaran itu, Achi langsung ngebut menulis novel islami bertajuk “Insya Allah Sah”. Novel itu kemudian mendapat sambutan hangat dari berbagai kalangan pembaca, hingga akhirnya diangkat ke film layar lebar, yang selama ini selalu dirindukan dan dimimpikan dirinya.

“Di dalam novel itu juga ada cerita tentang nazarnya juga,” kata Achi yang saat itu sibuk bolak-balik ke kamar karena anaknya yang ketiga dan masih bayi sebentar-sebentar menangis minta disusui.

Di luar dugaan, film bertajuk Insya Allah Syah yang dibintangi artis Titi Kamal dan aktor Panji Pragiwaksono itu juga benar-benar laku dijual. Film itu mendapat tempat di hati para penonton.

Achi pun sebagai penulis novelnya betapa senangnya, dan yang lebih senangnya lagi Achi mendapat pesanan kembali untuk menulis novel Insya Allah Sah kedua dan difilmkan kembali.

“Insya Allah Sah kedua itu dibintangi Luna Maya dan Doni Alamsyah,” kata Achi, lagi-lagi sambil tersenyum. Wajahnya tampak bahagia.

Sejak novel tersebut diangkat ke film layar lebar, nama Achi Tm pun semakin tambah dan tambah populer dan semakin kuat menancapkan eksistensi dirinya sebagai penulis skenario sinetron, Tv dan film dari Kota Tangerang, kota berjuluk Akhlakul Karimah.

Teladan Kesuksesan

Achi TM, perempuan tangguh karena kesabaran dan ketabahannya tingkat dewa ini, layaklah kita teladani. Ada yang bisa dipetik dari pengalamannya, bahwa kesuksesan itu tidak ada yang yang instan seperti mudahnya memasak mie rebus.|budi sabarudin

 2,295 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

TANGERANG | Perhelatan Musyawarah Daerah (Musda) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Tangerang tinggal menghitung hari. Beberapa figur mulai bermunculan. Salah satu kandidat yang siap...

TANGERANG | Mahasiswa UIN SMH Banten, yang menjadi korban banting aparat kepolisian saat unjuk rasa di Kantor Bupati Tangerang Banten, Muhammad Fariz Amrullah kembali...

TANGERANG | Seorang Balita di Desa Pasir Muncang Kecamatan Jayanti mengalami kurang gizi. Kondisi bayi usia 8 bulan tersebut begitu memprihatinkan. Bayi bernama Maudi itu...

TANGERANG | Saya siap maju memperebutkan kursi Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Tangerang pada Musda XV mendatang. Kesiapan perebutan pucuk pimpinan induk organisasi...

VINUS TV

BERITA TERBARU

Panitia Musda KNPI: Setelah Verifikasi Jumlah Pemilih Ada 107 Suara

TANGERANG | Steering Committee (SC) Musda ke-XV KNPI Kabupaten Tangerang telah menetapkan peserta dan peninjau. Termasuk jumlah undangan.  Hari ini, rangkaian Musda memasuki tahapan pendaftaran...

Jelang Musda, Nok Ida Nyatakan Siap Maju Sebagai Calon Ketua KNPI   

TANGERANG | Perhelatan Musyawarah Daerah (Musda) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Tangerang tinggal menghitung hari. Beberapa figur mulai bermunculan. Salah satu kandidat yang siap...

Maudi, Balita Asal Tangerang Derita Kurang Gizi

TANGERANG | Seorang Balita di Desa Pasir Muncang Kecamatan Jayanti mengalami kurang gizi. Kondisi bayi usia 8 bulan tersebut begitu memprihatinkan. Bayi bernama Maudi itu...

Rakernas JMSI Akan Dihadiri Ketua DPR dan Dewan Pers

SEMARANG | Walikota Semarang Hendrar Prihadi menyambut baik dan sangat mendukung penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) di Kota...

Rubah Kuda-Kuda, Joe Dipasang Tarung Perebutan KNPI Tangerang

TANGERANG | Saya siap maju memperebutkan kursi Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Tangerang pada Musda XV mendatang. Kesiapan perebutan pucuk pimpinan induk organisasi...

Bus Rombongan Ziarah Asal Curug Alami Kecelakaan Beruntun

TANGERANG | Empat bus pariwisata yang membawa rombongan peziarah mengalami kecelakaan beruntun di Tol Tangerang-Merak KM 69, pada Sabtu, (16/10). Dalam rekaman video amatir yang...

Polisi Gerebek Kantor Pinjol Ilegal

KOTA TANGERANG | Sebanyak 32 orang pegawai Pinjaman Online (Pinjol) berhasil diamankan dalam penggerebekan yang dilakukan jajaran Kepolisian Polda Metro Jaya di Green Lake...

Masih Ingat Pendemo Bupati Tangerang yang Dibanting? Kini Dirawat di Rumah Sakit

TANGERANG | Mahasiswa UIN SMH Banten, yang menjadi korban banting aparat kepolisian saat unjuk rasa di Kantor Bupati Tangerang Banten, Muhammad Fariz Amrullah kembali...

Respons Tindakan Polisi, GEMA Mathla’ul Anwar Banten: Seharusnya Tidak Dengan Kekerasan

BANTEN | Reaksi terhadap aksi polisi yang membanting mahasiswa saat unjuk rasa di Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang mendapat tanggapan dari berbagai kalangan. Kali ini datang...

IKLAN

BERITA TERPOPULER

Bendera Negara Asing Berkibar di Klinik Milik PNS, Warga Minta Aparat Bertindak Tegas

TANGERANG | Pemandangan kurang pantas terjadi di Perumahan Villa Tangerang Elok Kelurahan Kuta Jaya Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang. Berkibar bendera Palestina tanpa berdampingan...

Setelah Didemo Warga Terkait BLT, Kepala Desa Lebak Wangi Gantung Diri

TANGERANG | Kabar duka datang dari Kepala Desa Lebak Wangi Kecamatan Sepatan Timur Kabupaten Tangerang. Setelah sebelumya didemo masyarakat terkait transparansi bantuan Covid-19, Kepala...

Warga Sekitar Kawasan Millenium Butuh Pekerjaan, Pabrik Lebih Memilih Titipan Dinas

TANGERANG | Puluhan warga berunjuk rasa di depan PT Green Source Indonesia (GSI) yang berlokasi Kawasan Industri Millenium Kelurahan Kaduagung Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang. Tidak...

Miris, BLT Pusat Terindikasi Diselewengkan Aparat Kelurahan Sukamulya

TANGERANG | Merasa janggal terkait undangan pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari APBN melalui Kantor Pos, Siti Aminah mempertanyakan bantuan yang hendak...

Ingin Mengajukan Bantuan Presiden Tanpa Antre, Begini Caranya

TANGERANG | Kabar baik bagi para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UMKM). Khususnya yang terdampak pandemi Covid-19. Lantaran pemerintah akan memberikan langsung Bantuan Presiden Produktif...

Banten Berduka, Qori Internasional Hawasyi Nawawi Tutup Usia

TANGERANG | Kabar duka datang dari Qori Internasional sekaligus pimpinan Pondok Pesantren Quran Annawawiyah, KH. Hawasyi Nawawi. Kepastian kabar duka itu dibagikan keluarga besar, santri,...

Ini Jadwal dan Tahapan Pilkades Serentak Kabupaten Tangerang

TANGERANG | Jadwal tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 77 desa se-Kabupaten Tangerang telah selesai dibahas. Bahkan sudah mulai disosialisasikan oleh dinas terkait. Mulai...

AGENDA

BERITA TERKAIT

Kenalan Dengan Kak Irma, Pendongeng Boneka Tangan yang Disukai Anak-Anak

TANGERANG | Kecintaan terhadap anak kecil dan dunia dongeng membawa Kak Irma menjadi seorang Ventrilokuis, atau pendongeng boneka dengan suara perut. Kak Irma kerap menarik...

Tubagus Falak, Ulama Kelahiran Banten yang Layak Jadi Pahlawan Nasional

BANTEN | Nama KH. Tubagus Falak harusnya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Banten. Salah satu ulama kharismatik. Pejuang kemerdekaan Indonesia. Gigih melawan...

Satu Jam Bersama Ahmad Syaikhu, Bincang Seputar Pandemi dan Kuasa Tuhan

TANGERANG | Sebagai manusia, umat Islam harus meyakini terhadap kekuasaan Tuhan. Segala hal terjadi di alam semesta merupakan seizin Allah. Tak terkecuali pandemi Covid-19. Namun,...

Mengenal Lebih Dekat Sosok Komala Sari, Seorang Guru yang Kini Menjadi Advokat

TANGERANG | Semangat dan ikhlas merupakan kunci hidup yang kini dijalani Komala Sari. Putri daerah Tigaraksa ini tengah menjalani profesi sebagai advokat. Di Lembaga...

Orang Baik Itu Telah Tiada, Selamat Jalan Bang Ali Taher

TANGERANG | Kabar duka datang dari tokoh sekaligus Anggota Komisi VIII DPR RI Fraksi Partai Amanat Nasional H.M. Ali Taher Parasong. Kepastian kabar duka itu...

Mad Yamin Kamad, Sang Pedagang Asong yang Sukses Jadi Kepala Sekolah

TANGERANG | Orang-orang sukses, besar dan hebat yang kita temui hari ini, dulunya adalah biasa-biasa saja, kecil dan bahkan tidak dilihat dan tidak dianggap...

Organisasi PMR Antarkan Saman Sadik Achrad Jadi Kepala Sekolah

TANGERANG | Setiap orang semestinya bijaksana, semisal jangan menganggap enteng arti berorganisasi. Sekecil apa pun organisasi itu pasti berdampak pada setiap anggotanya. Sudah banyak...

IKLAN

SEPUTAR BANTEN

Bus Rombongan Ziarah Asal Curug Alami Kecelakaan Beruntun

TANGERANG | Empat bus pariwisata yang membawa rombongan peziarah mengalami kecelakaan beruntun di Tol Tangerang-Merak KM 69, pada Sabtu, (16/10). Dalam rekaman video amatir yang...

Respons Tindakan Polisi, GEMA Mathla’ul Anwar Banten: Seharusnya Tidak Dengan Kekerasan

BANTEN | Reaksi terhadap aksi polisi yang membanting mahasiswa saat unjuk rasa di Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang mendapat tanggapan dari berbagai kalangan. Kali ini datang...

GEMA Mathla’ul Anwar Dukung Erick Tohir Bersihkan Indikasi Korupsi Krakatau Steel

BANTEN | Dewan Pimpinan Pusat Generasi Muda (DPP GEMA) Mathla'ul Anwar mendukung langkah Erick Thohir bersih-bersih BUMN. Termasuk PT Krakatau Steel. Pasalnya, perusahaan pelat merah...

Keterbukaan Informasi Publik Sebuah Keniscayaan

BANTEN | Informasi publik merupakan satu kebutuhan dan suatu keniscayaan di tengah masyarakat yang semakin terbuka. Sebab seluruh masyarakat berhak mengakses informasi yang dimiliki...

Dinilai Cacat Hukum, HPN Se-Banten Menolak Konferwil Mambruk

BANTEN | Konferensi Wilayah (Konferwil) Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) yang sedianya akan digelar pada Sabtu, (09/10) mendatang, mendapat penolakan dari Pengurus Cabang (PC) HPN...

Refleksi HUT Banten ke-21: Korupsi, Kemiskinan, dan Pengangguran Masih Jadi Persoalan

BANTEN | Provinsi Banten genap berusia 21 tahun, tepat hari ini, Senin 04 Oktober 2021. Peringatan HUT tahun ini Pemprov mengusung tema ‘Banten Sehat,...

Selenggarakan Rakorwil, LBH Ansor Banten: Fokus Pada Pendirian Kantor Hukum di Setiap Daerah

  BANTEN | Rapat Kordinasi Wilayah (Rakorwil) Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Gerakan Pemuda Ansor Provinsi Banten sukses digelar, pada Kamis, 30 September lalu. Kegiatan yang dilaksanakan...

IKLAN

SEPUTAR DESA

Ini Jadwal dan Tahapan Pilkades Serentak Kabupaten Tangerang

TANGERANG | Jadwal tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 77 desa se-Kabupaten Tangerang telah selesai dibahas. Bahkan sudah mulai disosialisasikan oleh dinas terkait. Mulai...

Banyak Kejanggalan, Belasan Warga Cibadak Datangi Kecamatan, Persoalkan Penggunaan Dana Desa

TANGERANG | Penggunaan dana desa sejatinya diprioritaskan untuk membiayai pembangunan, pemberdayaan, dan penyelenggaraan pemerintahan desa. Transparansi penggunaan Dana Desa mutlak adanya. Agar publik bisa mengetahui....

Realisasi Pembangunan Desa Bantar Panjang Banyak Masalah, Camat Tigaraksa Tetap Rekomendasi Pencairan

TANGERANG | Carut-marut realisasi pembangunan Desa Bantar Panjang Kecamatan Tigaraksa tidak berarti kucuran dana dari pemerintah tersendat. Hal ini terbukti dari terus berlangsung pencairan dana...

Refleksi 7 Tahun UU Desa: Ingat, Desa Membangun, Bukan Membangun Desa

TANGERANG | Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa sudah memasuki tahun ketujuh. Sejak disahkan pada 15 Januari 2014. Dalam rangka refleksi 7 tahun terbitnya...

Pemdes Pete Tetapkan 362 Penerima BLT Dana Desa

TANGERANG | Pemerintahan Desa Pete Kecamatan Tigaraksa melakukan Musyawarah Desa. Agenda tersebut membahas validasi, finalisasi, serta penetapan calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang...

Pengumuman: Pilkades Tangerang Digelar Juli 2021

TANGERANG | Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 77 desa se-Kabupaten Tangerang akan digelar bulan Juli tahun ini. Adapun terkait tahapan dimulai pada...

Serdang Wetan Wakili Banten Dalam Ajang Pemilihan Desa Brilian Bacth 1 Tingkat Nasional

TANGERANG | Penghargaan tingkat nasional diberikan kepada 10 desa pada program Desa Brilian Bacth 1 tahun 2021 oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI). Salah satunya...