MENELADANI ACHI TM, NOVELIS PEREMPUAN DENGAN KESABARAN TINGKAT DEWA

KOTA TANGERANG | Achi Tm sudah menulis sebanyak 32 novel untuk berbagai kalangan pembaca. Dari jumlah karyanya sebanyak itu, membuktikan betapa hebat dan tangguhnya kesabaran dan ketabahan novelis ini. Barangkali kesabaran dan ketabahannya bisa disebut tingkat dewa.

Bertahun-tahun novel itu diselesaikannya dengan penuh gairah idealisme. “Dalam satu tahun saya menulis dua novel,” ungkap Achi ketika ditemui di kediamannya di Cluster Permata Cibodas Blok D No 6, Cibodas, Kota Tangerang, belum lama ini.

Novel Ruang Idealisme

Bagi perempuan ramah dan murah senyum ini, menulis novel tentu saja bukan sekadar untuk mendedahkan berbagai ide cerita yang berseliweran di kepalanya, namun lebih dari itu dijadikannya sebagai ruang untuk mencurahkan kepuasaan batinnya, idealismenya.

“Kalau ide-ide yang ada di kepala saya tidak dituliskan dalam bentuk naskah seperti novel misalnya, bisa sakit saya. Tetapi menulis novel bagi saya untuk mencurahkan idealisme,” ungkap ibu dari tiga orang anak ini.

Menurut istri Agung Argopo ini, sebuah novel tidak bisa digarap main-main apalagi secara serampangan. Namun harus digarap secara intens dan lebih serius. “Misalnya saja mengenai tokoh-tokohnya. Karakter tokoh-tokoh itu harus kuat,” ujarnya.

Hal itu sangat berbeda ketika menulis skenario sinetron atau skenario Tv. “Kalau menulis skenario sinetron atau tv, itu sudah masuk industri pasar. Jadi harus ada komprominya dan istilahnya harus mau kerja rodi,” ungkap Achi sambil tersenyum.

Beli Mobil

Dari menulis ratusan skenario sinetron dan Tv itulah keluarganya betul-betul bisa hidup mandiri. Sebab Achi bisa membiayai hidup keluarganya bersama-sama suaminya yang juga seorang penulis. Bahkan bisa membeli motor, mobil dan rumah.

“Kalau menulis novel, karena itu untuk kebutuhan idealisme, jadi uangnya hanya buat nambah-nambah kebutuhan dapur saja, apalagi royalti dari satu novel itu kan enam bulan sekali,” ucapnya.

Achi juga memiliki cita-cita besar novelnya bisa diangkat ke film layar lebar agar karya-karya bisa dinikmati banyak orang lagi dengan media berbeda. Namun sampai novel ke-21, tak ada satu pun yang diangkat ke layar lebar dan tak ada satu pun yang best seller.

“Mungkin karena gak ada yang best seller, jadi novel-novel saya tidak ada yang diangkat ke film layar lebar. Padahal itu keinginan dan harapan saya sejak lama sekali. Saya sempat frustrasi juga,” terang Achi yang dikaruniai anak semuanya laki-laki.

Memang sangatlah manusiawi jika semangat Achi sempat kendor. Dan di tengah-tengah frustasinya itu, Achi sempat mengadu kepada Allah SWT bahwa ia ingin berhenti menulis novel. Pengaduannya itu terkesan sebagai protes lembut kepada Allah.

“Saya bilang sama Allah begini. Ya Allah, kalau begini terus mah saya berhenti saja nulis novel. Saya sudah capek,” katanya.

Seiring berjalannya waktu, Achi bersama suaminya mendapat undangan dari Universitas Andalas. Di Perguruan Tinggi yang berada di Padang itu, Achi memberikan materi tentang cara menulis novel.

“Saya waktu itu memotivasi mahasiswa bagaimana caranya menulis novel. Padahal jujur saja pada waktu itu juga jiwa saya sedang kosong-kosongnya, karena novel saya sampai novel ke-21 belum ada yang diangkat ke film layar lebar,” katanya.

Laptop Sempat Hilang

Setelah memberikan materi itu, Achi dan suami pulang ke Tangerang dan tiba pukul 03.00 dinihari. Namun sesampainya di rumah, betapa kagetnya ia. Sebab laptop kesayangannya yang berisi naskah-naskah skenario sinetron dan Tv, raib entah ke mana. Ia tidak paham, mungkin digondol maling.

“Saya kemudian merenung, berpikir sejenak. Mungkin ini salah saya. Sebab saya sudah bicara sama Allah ingin berhenti menulis novel. Padahal saya ini sudah diberi bakat menulis oleh Allah,” ujarnya.

Dengan perasaan dag dig dug dan tegang tingkat wahid karena laptop khawatir hilang betulan dicuri maling, Achi bersama suaminya kembali lagi ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Di sepanjang perjalanan perasaan Achi dan suaminya campur aduk tak tentu rupa, tak tentu rasa dan tak dapat didefenisikan. “Saya benar-benar tegang, karena di laptop itu banyak datanya, seperti naskah-naskah skenario sinetron dan tv,” katanya.

Nazar Membawa Berkah

Dalam hati, Achi kemudian mengucapkan nazar, “Ya Allah kalau laptop saya ditemukan lagi, saya akan menulis novel lagi. Saya tidak akan berhenti menulis novel. Saya akan menulis novel islami,” paparnya.

Namun dua anak manusia itu rupanya masih mendapat lindungan, curahan dan keberkahan kasih sayang Allah. Masya Allah, laptop yang hilang itu ternyata ditemukan seorang petugas parkir dan kemudian dititpkan ke salah satu pos keamanan. Luar biasa jujurnya mereka.

Dalam seketika Achi mencium lantai melakukan sujud syukur. Sebab baginya laptop yang hilang bisa ditemukan lagi itu sesuatu yang sangat ajaib. Apalagi di kawasan bandara banyak orang lalu lalang. Achi sadar kejadian langka ini kuasa Allah.

Ketika tiba di rumah lagi sekitar pukul 03.30, Achi iseng-iseng membuka email pribadinya. Achi benar-benar tercengang karena ada email masuk dari chief editor Gramedia Pustaka Utama (GPU). Achi seperti mendapat keberkahan dari nazar yang sudah diucapkannya itu.

“Yang membuat saya kaget sekali, chief editor itu meminta novel islami. Masya Allah, saya baru saja bernazar, eh tidak lama kemudian datang permintaan novel islami. Doa saya diijabah sama Allah. Saya waktu itu betul-betul merinding,” katanya.

Diakui Achi, selama perjalanan kariernya menulis novel hingga novel ke -21 selalu diterbitkan oleh penerbit-penerbit mayor. Namun sepengalaman dirinya belum pernah mengirimkan naskah ke penerbit yang sudah punya nama besar seperti GPU.

“Saya tidak pernah mengirimkan naskah novel-novel saya ke penerbit GPU, itu penerbit besar. Saya tidak berani. Karena itu, ketika mendapat tawaran itu rasanya pecaya dan tidak percaya,” terangnya.

Insya Allah Sah

Namun setelah mendapat tawaran itu, Achi langsung ngebut menulis novel islami bertajuk “Insya Allah Sah”. Novel itu kemudian mendapat sambutan hangat dari berbagai kalangan pembaca, hingga akhirnya diangkat ke film layar lebar, yang selama ini selalu dirindukan dan dimimpikan dirinya.

“Di dalam novel itu juga ada cerita tentang nazarnya juga,” kata Achi yang saat itu sibuk bolak-balik ke kamar karena anaknya yang ketiga dan masih bayi sebentar-sebentar menangis minta disusui.

Di luar dugaan, film bertajuk Insya Allah Syah yang dibintangi artis Titi Kamal dan aktor Panji Pragiwaksono itu juga benar-benar laku dijual. Film itu mendapat tempat di hati para penonton.

Achi pun sebagai penulis novelnya betapa senangnya, dan yang lebih senangnya lagi Achi mendapat pesanan kembali untuk menulis novel Insya Allah Sah kedua dan difilmkan kembali.

“Insya Allah Sah kedua itu dibintangi Luna Maya dan Doni Alamsyah,” kata Achi, lagi-lagi sambil tersenyum. Wajahnya tampak bahagia.

Sejak novel tersebut diangkat ke film layar lebar, nama Achi Tm pun semakin tambah dan tambah populer dan semakin kuat menancapkan eksistensi dirinya sebagai penulis skenario sinetron, Tv dan film dari Kota Tangerang, kota berjuluk Akhlakul Karimah.

Teladan Kesuksesan

Achi TM, perempuan tangguh karena kesabaran dan ketabahannya tingkat dewa ini, layaklah kita teladani. Ada yang bisa dipetik dari pengalamannya, bahwa kesuksesan itu tidak ada yang yang instan seperti mudahnya memasak mie rebus.|budi sabarudin

 2,253 kali dilihat,  3 kali dilihat hari ini

TANGERANG | Puluhan mahasiswa menggelar aksi di depan Gedung Bupati, pada Jumat, (23/07). Aksi dilakukan oleh Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kabupaten Tangerang. Menyoroti beberapa...

Oleh: M. Sopian Hidayatullah* DUKA nestapa Indonesia dan dunia masih terus berlangsung. Hal ini tentu saja dikarenakan pandemi Covid-19 masih belum juga hilang, malah kian...

TANGERANG | Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Tigaraksa menyayangkan pertemuan para pihak yang digagas Bupati Tangerang. Pasalnya tidak menghasilkan keputusan konkret dalam menerapkan PPKM...

TANGERANG | Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Tangerang melakukan kajian. Hasilnya, menolak perpanjangan PPKM Darurat. Hal itu disampaikan Ketua PC PMII Tangerang Ilham Dimas Sese....

VINUS TV

BERITA TERBARU

Inspirasi Usaha Dari Tangerang, Budi Daya Maggot

TANGERANG | Beberapa bulan terakhir, budi daya maggot mulai dilirik masyarakat. Lantaran maggot memiliki banyak keunggulan, seperti mengandung protein tinggi dan berkualitas yang dibutuhkan...

Gelar Aksi, HMI Minta Pemkot Tangsel Evaluasi PPKM

TANGSEL | Puluhan mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Universitas Pamulang menggelar aksi di Puspem Kota Tangerang Selatan, pada Senin, (26/07). Dalam aksi gabungan dua...

Darurat Moral Pelaksanaan PPKM: Sebuah Evaluasi

Oleh: M. Sopian Hidayatullah* DUKA nestapa Indonesia dan dunia masih terus berlangsung. Hal ini tentu saja dikarenakan pandemi Covid-19 masih belum juga hilang, malah kian...

HMI Sayangkan Pertemuan Dengan Bupati Tangerang, Tidak Ada Tindakan Konkret Terkait Penerapan PPKM Level 4

TANGERANG | Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Tigaraksa menyayangkan pertemuan para pihak yang digagas Bupati Tangerang. Pasalnya tidak menghasilkan keputusan konkret dalam menerapkan PPKM...

Gerakan RakyatMemberi Sediakan Makan Siang Gratis Bagi Ojol

TANGERANG | Pandemi Covid-19 belum kunjung mereda. Dampaknya sangat luas. Pengemudi ojeg online (Ojol) salah satunya. Hal itu membuat sejumlah pemuda yang mengatasnamakan #RakyatMemberi menyediakan...

GMNI Demo Pemkab Tangerang, Soroti Penanganan Covid-19

TANGERANG | Puluhan mahasiswa menggelar aksi di depan Gedung Bupati, pada Jumat, (23/07). Aksi dilakukan oleh Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kabupaten Tangerang. Menyoroti beberapa...

Setelah Dikritik, Sekwan Banten Batal Beli Mobil Mewah

BANTEN | Setelah mendapat kritik dari berbagai kalangan masyarakat, rencana pembelian empat mobil mewah sebagai kendaraan dinas untuk Pimpinan DPRD Provinsi Banten, akhirnya dibatalkan. Kepada...

Manfaatkan Momentum Idhuladha, KWRI Tangerang Bagikan Daging Kurban

TANGERANG | Momentum perayaan Iduladha 1442 Hijriyah dimanfaatkan betul oleh Komite Wartawan Reformasi Indonesia (KWRI) Kabupaten Tangerang. Pihaknya membagikan dua ekor kambing kurban kepada anak...

Pembangunan Tol Serpong-Balaraja Sesi Pertama Hampir Rampung

TANGERANG | Progres pembangunan Tol Sebraja (Serpong-Balaraja) seksi pertama sudah mencapai 94 persen. Namun, masih ada keterbatasan dari segi pembangunan. Demikian disampaikan Bupati Tangerang Ahmed...

IKLAN

BERITA TERPOPULER

Setelah Didemo Warga Terkait BLT, Kepala Desa Lebak Wangi Gantung Diri

TANGERANG | Kabar duka datang dari Kepala Desa Lebak Wangi Kecamatan Sepatan Timur Kabupaten Tangerang. Setelah sebelumya didemo masyarakat terkait transparansi bantuan Covid-19, Kepala...

Warga Sekitar Kawasan Millenium Butuh Pekerjaan, Pabrik Lebih Memilih Titipan Dinas

TANGERANG | Puluhan warga berunjuk rasa di depan PT Green Source Indonesia (GSI) yang berlokasi Kawasan Industri Millenium Kelurahan Kaduagung Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang. Tidak...

Miris, BLT Pusat Terindikasi Diselewengkan Aparat Kelurahan Sukamulya

TANGERANG | Merasa janggal terkait undangan pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari APBN melalui Kantor Pos, Siti Aminah mempertanyakan bantuan yang hendak...

Ingin Mengajukan Bantuan Presiden Tanpa Antre, Begini Caranya

TANGERANG | Kabar baik bagi para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UMKM). Khususnya yang terdampak pandemi Covid-19. Lantaran pemerintah akan memberikan langsung Bantuan Presiden Produktif...

Digugat LBH Ansor, Alfian Tanjung Tak Punya Nyali Datangi Pengadilan

TANGERANG | Kasus penghinaan oleh Alfian Tanjung terhadap Banser terus berlanjut. Ketua Umum GP Ansor Gus Yaqut Cholil Qoumas didampingi pengacara LBH Ansor beserta...

Orang Tidak Dikenal Robek Al Qur’an dan Coret Musala di Tangerang

TANGERANG | Sebuah musala di Perumahan Villa Tangerang Elok Kelurahan Kutajaya Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang penuh dengan coretan. Setidaknya ada empat tulisan di dinding...

Dampak Covid-19, Ratusan Pekerja PT Universal Luggage Indonesia Diberhentikan

TANGERANG | Di tengah pandemi Covid-19, sebanyak 300 lebih tenaga kerja kontrak diberhentikan sepihak oleh PT Universal Luggage Indonesia. Perusahaan yang berlokasi di Desa...

AGENDA

BERITA TERKAIT

Kenalan Dengan Kak Irma, Pendongeng Boneka Tangan yang Disukai Anak-Anak

TANGERANG | Kecintaan terhadap anak kecil dan dunia dongeng membawa Kak Irma menjadi seorang Ventrilokuis, atau pendongeng boneka dengan suara perut. Kak Irma kerap menarik...

Tubagus Falak, Ulama Kelahiran Banten yang Layak Jadi Pahlawan Nasional

BANTEN | Nama KH. Tubagus Falak harusnya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Banten. Salah satu ulama kharismatik. Pejuang kemerdekaan Indonesia. Gigih melawan...

Satu Jam Bersama Ahmad Syaikhu, Bincang Seputar Pandemi dan Kuasa Tuhan

TANGERANG | Sebagai manusia, umat Islam harus meyakini terhadap kekuasaan Tuhan. Segala hal terjadi di alam semesta merupakan seizin Allah. Tak terkecuali pandemi Covid-19. Namun,...

Mengenal Lebih Dekat Sosok Komala Sari, Seorang Guru yang Kini Menjadi Advokat

TANGERANG | Semangat dan ikhlas merupakan kunci hidup yang kini dijalani Komala Sari. Putri daerah Tigaraksa ini tengah menjalani profesi sebagai advokat. Di Lembaga...

Orang Baik Itu Telah Tiada, Selamat Jalan Bang Ali Taher

TANGERANG | Kabar duka datang dari tokoh sekaligus Anggota Komisi VIII DPR RI Fraksi Partai Amanat Nasional H.M. Ali Taher Parasong. Kepastian kabar duka itu...

Mad Yamin Kamad, Sang Pedagang Asong yang Sukses Jadi Kepala Sekolah

TANGERANG | Orang-orang sukses, besar dan hebat yang kita temui hari ini, dulunya adalah biasa-biasa saja, kecil dan bahkan tidak dilihat dan tidak dianggap...

Organisasi PMR Antarkan Saman Sadik Achrad Jadi Kepala Sekolah

TANGERANG | Setiap orang semestinya bijaksana, semisal jangan menganggap enteng arti berorganisasi. Sekecil apa pun organisasi itu pasti berdampak pada setiap anggotanya. Sudah banyak...

IKLAN

SEPUTAR BANTEN

Setelah Dikritik, Sekwan Banten Batal Beli Mobil Mewah

BANTEN | Setelah mendapat kritik dari berbagai kalangan masyarakat, rencana pembelian empat mobil mewah sebagai kendaraan dinas untuk Pimpinan DPRD Provinsi Banten, akhirnya dibatalkan. Kepada...

Banten Terima Bantuan 120 Ton Oksigen

BANTEN | PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. (Chandra Asri) memberikan bantuan 120 Ton oksigen medis kepada pemerintah Provinsi Banten, pada Senin, (19/07). Bantuan tersebut diterima...

Babad Banten: Kebijakan PPKM Darurat Harus Diiringi Pemenuhan Kebutuhan Pokok

BANTEN | Ketua Umum DPP Ormas Kerabat dan Sahabat Kesultanan Banten (Babad Banten) Tubagus Soleh memahami realitas sosial politik yang sudah, sedang, dan akan...

Mathlab El Awam Kenalkan Pola Hidup Sehat Saat Pandemi

SERANG | Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Mathlab El Awam menggelar kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, bertempat di Desa Koper Kecamatan Cikande Kabupaten Serang, pada...

PPDB SMA Banyak Masalah, Ombudsman Panggil Dinas Pendidikan Provinsi Banten

BANTEN | Karut-marut proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA di Provinsi Banten berbuntut pemanggilan beberapa kepala dinas oleh Ombudsman RI Perwakilan Banten. Pemanggilan itu...

Pemuda Muhammadiyah Banten dan Pemuda PKS Gagas Gerakan Bersama

SERANG | Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Banten menerima kunjungan silaturahmi Bidang Kepemudaan Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (DPW PKS) Provinsi Banten di Gedung...

Pabrik di Banten Semakin Berkurang, Pindah ke Jawa Tengah

BANTEN | Tingginya Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK) di Provinsi Banten membuat beberapa pabrik memindahkan lokasi usahanya ke wilayah lain, seperti Jawa Tengah. Fenomena tersebut kian...

IKLAN

SEPUTAR DESA

Ini Jadwal dan Tahapan Pilkades Serentak Kabupaten Tangerang

TANGERANG | Jadwal tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 77 desa se-Kabupaten Tangerang telah selesai dibahas. Bahkan sudah mulai disosialisasikan oleh dinas terkait. Mulai...

Banyak Kejanggalan, Belasan Warga Cibadak Datangi Kecamatan, Persoalkan Penggunaan Dana Desa

TANGERANG | Penggunaan dana desa sejatinya diprioritaskan untuk membiayai pembangunan, pemberdayaan, dan penyelenggaraan pemerintahan desa. Transparansi penggunaan Dana Desa mutlak adanya. Agar publik bisa mengetahui....

Refleksi 7 Tahun UU Desa: Ingat, Desa Membangun, Bukan Membangun Desa

TANGERANG | Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa sudah memasuki tahun ketujuh. Sejak disahkan pada 15 Januari 2014. Dalam rangka refleksi 7 tahun terbitnya...

Pemdes Pete Tetapkan 362 Penerima BLT Dana Desa

TANGERANG | Pemerintahan Desa Pete Kecamatan Tigaraksa melakukan Musyawarah Desa. Agenda tersebut membahas validasi, finalisasi, serta penetapan calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang...

Realisasi Pembangunan Desa Bantar Panjang Banyak Masalah, Camat Tigaraksa Tetap Rekomendasi Pencairan

TANGERANG | Carut-marut realisasi pembangunan Desa Bantar Panjang Kecamatan Tigaraksa tidak berarti kucuran dana dari pemerintah tersendat. Hal ini terbukti dari terus berlangsung pencairan dana...

Pengumuman: Pilkades Tangerang Digelar Juli 2021

TANGERANG | Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 77 desa se-Kabupaten Tangerang akan digelar bulan Juli tahun ini. Adapun terkait tahapan dimulai pada...

Serdang Wetan Wakili Banten Dalam Ajang Pemilihan Desa Brilian Bacth 1 Tingkat Nasional

TANGERANG | Penghargaan tingkat nasional diberikan kepada 10 desa pada program Desa Brilian Bacth 1 tahun 2021 oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI). Salah satunya...