spot_img
spot_img

Gelar Mapaba di Puncak, PMII UCA Ajak Peserta Jaga Tradisi Islam Nusantara

Foto: Kegiatan Masa Penerimaan Anggota Baru (Mapaba) PMII UCA.

TANGERANG | Pengurus Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Universitas Cendekia Abditama (UCA) menggelar Masa Penerimaan Anggota Baru (Mapaba) ke-10.

Kegiatan yang mengusung tema “Melebur Semesta Aswaja, Menumbuhkan Nilai-nilai Dasar Pergerakan” ini diikuti oleh puluhan mahasiswa yang berasal dari beberapa kampus yang ada di Tangerang.

Kepada Vinus, ketua pelaksana kegiatan Risma menyampaikan, acara Mapaba ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Komisariat PMII UCA.

Baca Juga

Lebih lanjut, Risma mengatakan, kegiatan kali ini sengaja dilaksanakan di Villa Colibah Cianjur, dimulai sejak tanggal 17 sampai 18 Desember 2022.

“Kali ini kami mengambil tempat di Puncak untuk menumbukan nilai-nilai dasar yang ada di PMII, khususnya hablumminal alam,” ujarnya, pada Senin (19/12).

Masih kata Risma, jumlah peserta yang mengikuti Mapaba berjumlah 31 peserta. Berasal dari 3 Kampus yang ada di Tangerang seperti Unipi, Untara, dan UCA.

Risma juga menyampaikan beberapa materi yang disuguhkan pada kegiatan Mapaba tersebut.

“Total sekitar ada 9 materi yang diberikan untuk peserta. Di antaranya, ke-PMII an, Aswaja, NDP (Nilai Dasar Pergerakan), Sejarah Perjuangan Bangsa, Studi Gender dan Keorganisasian KOPRI, PMII Lokal, Analisis Sosial, Manajemen Aksi, dan Teknik Persidangan & PPTA,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Komisariat PMII UCA Hidzal Muarif menuturkan, selain ajang untuk penguatan hablumminal alam, agenda ini juga sebagai sarana menumbuhkan pemahaman terhadap Kader PMII tentang hakikat dan nilai yang terkandung dalam ahlussunnah wal jama’ah.

“Kegiatan ini kami adakan sebagai bentuk untuk menjaga nilai tradisi Islam Nusantara dan menumbuhkan kesadaran dalam menjalankan nilai-nilai dasar yang ada di PMII,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Ketua Cabang PMII Tangerang Pindo Alam Samsara mengungkapkan, kegiatan Mapaba merupakan bentuk kaderisasi formal yang dilakukan oleh masing-masing rayon atau komisariat yang ada di Tangerang.

“Kegiatan Mapaba ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan mencetak generasi yang cakap dalam bidang keilmuan yang saat ini sudah jauh berkembang,” katanya.

Pindo berharap para kader PMII tidak berhenti di Mapaba saja, tapi terus berproses sampai menjadi kader yang sadar akan tugas dan fungsinya sebagai mahasiswa dan mahluk tuhan Yang Maha Esa.

“Kegiatan kali ini sangat sepesial karena dilaksanakan di Puncak dengan cuaca yang cerah, semoga bisa dimaksimalkan untuk menggali pengetahuan sebanyak-banyaknya tentang PMII serta mampu mengaplikasikannya di kehidupan sehari-sehari,” lanjut Pindo.

Sekadar informasi, selain materi para kader juga disuguhkan dengan kegiatan senam dan games di outdor sekaligus bertadabur menikmati indahnya alam yang ada disana. |We

Loading

VINUS TV

BERITA TERBARU

IKLAN

spot_img
spot_img

BERITA TERPOPULER

IKLAN

spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

IKLAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

SEPUTAR BANTEN

IKLAN

spot_img
spot_img
spot_img

SEPUTAR DESA

Masyarakat Pasir Bolang Demo Alfamart