spot_img
spot_img

Warga Sukadiri Minta Pemda Dirikan SMPN Baru, Pegiat Literasi: Ini Sangat Urgen

Foto: Ilustrasi siswa Sekolah Menengah Pertama (Istimewa).

TANGERANG | Pegiat literasi dan Kepala Desa Gintung Kecamatan Sukadiri angkat bicara soal urgensi pembangunan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN). Terutama permintaan warga terkait pembangunan sekolah baru.

Sistem zonasi dan dampak pertumbuhan pemukiman baru di daerah menjadi alasan mendesak kebutuhan fasilitas pendidikan tingkat SMP.

Kepada Vinus, pegiat literasi Kabupaten Tangerang Muhamad Irpan menyampaikan urgensi pendirian SMPN baru. Salah satu tujuannya guna pemenuhan dan pemerataan pelayanan pendidikan.

Baca Juga

Khususnya di Desa Gintung Kecamatan Sukadiri. Alasannya karena semakin bertambahnya daerah pemukiman baru dan pemberlakuan sistem zonasi. “Pendirian SMPN untuk masyarakat Desa Gintung sangat urgen, hal ini karena semakin banyaknya populasi masyarakat,” ujarnya pada Kamis, (30/06).

Lebih lanjut, salah satu penggagas Rumah Baca Bintang Utara ini mengatakan, SMPN di Kecamatan Sukadiri hanya ada satu. Sudah sepatutnya pembangunan sekokah baru didirikan, sebagai solusi pemenuhan dalam pemerataan bidang pendidikan.

“Saya berharap Pemkab Tangerang merealisasikan pengajuan penambahan SMPN guna pemerataan pelayanan pendidikan di wilayah Desa Gintung Kecamatan Sukadiri,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Gintung Sunarto mengaku, banyak mendengar keluhan dan permintaan masyarakat terkait pembangunan SMPN baru. Gedung SMPN 1 Sukadiri sudah tidak bisa menampung siswa lulusan SD maupun madrasah, apalagi dengan diberlakukannya sistem zonasi.

“Hanya masyarakat yang dekat SMPN 1 Sukadiri saja mendapatkan prioritas, sedangkan masyarakat desa lain sulit untuk bisa masuk di sekolah negeri tersebut,” ungkapnya.

Sunarto juga menuturkan, lokasi untuk pengadaan gedung SMPN 2 Sukadiri pernah diajukan kepada Pemkab pada 2021 lalu. Namun belum ada kepastian hingga kini.

Lebih lanjut, dia mengatakan, lokasi yang diajukan sangat strategis, terletak di pinggir jalan raya Desa Gintung dan dekat pertigaan menuju Kecamatan Sukadiri.

Menurutnya, keberadaan SMPN di lokasi tersebut akan menjadi ikon Kecamatan Sukadiri dan merupakan solusi bagi kekhawatiran para orang tua murid saat pendaftaran anaknya pada jenjang SMP.

“Pembangunan sekolah baru, yakni SMPN 2 Sukadiri nantinya dapat menampung siswa-siswi dari 4 desa yang tidak tertampung di SMPN 1 Sukadiri,” ucapnya.

Dia juga berharap Pemkab Tangerang segera merealisasikan usulan pembangunan SMPN yang sejak November 2021 kajiannya sudah diajukan kepada dinas terkait.

“Harapannya semua masyarakat bisa memperoleh kesempatan yang sama sebagai warga negara terutama dalam bidang pendidikan,” tandasnya. |We

Loading

VINUS TV

BERITA TERBARU

IKLAN

spot_img
spot_img

BERITA TERPOPULER

IKLAN

spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

IKLAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

SEPUTAR BANTEN

IKLAN

spot_img
spot_img
spot_img

SEPUTAR DESA

Masyarakat Pasir Bolang Demo Alfamart