spot_img
spot_img

Gandeng Visi Nusantara, SMK Bina Mandiri Pagedangan Adakan Uji Kompetensi Keahlian

Foto: Para siswa SMK Bina Mandiri Pagedangan saat mengikuti UKK di kantor Visi Nusantara.

TANGERANG | Guna meningkatkan kualitas siswa, SMK Bina Mandiri Pagedangan bekerja sama dengan Visi Nusantara menyelenggarakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK).

Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor Visi Nusantara tersebut diikuti oleh siswa jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (APK), pada Selasa (01/03).

Kepada Vinus, Kepala Program UKK SMK Bina Mandiri Pagedangan Sri Yulianti menyampaikan, tujuan diadakan kegiatan tersebut untuk mengukur kemampuan siswa.

Baca Juga

Terutama, sambungnya, para siswa yang akan menyelesaikan pendidikan dan mengoptimalkan kompetensi yang berorientasi pada keperluan dunia industri.

Masih kata Yuli, materi UKK disusun berdasarkan skema sertifikasi sesuai dengan jenjang kualifikasi peserta uji yang memuat kemampuan melaksanakan pekerjaan spesifik, operasional, dan penjaminan mutu.

“UKK ini sebagai penilaian terhadap pencapaian kualifikasi di akhir masa studi, kita bekerja sama dengan mitra DuDi atau Dunia Usaha dan Dunia Industri,” ujarnya.

Lebih lanjut, Yuli menyampaikan, pada kesempatan itu siswa diuji kompetensinya berdasarkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Rumusan uji kompetensinya mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan/atau keahlian serta sikap kerja yang relevan dengan pelaksanaan tugas yang ditetapkan sesuai ketentuan perundang-undangan.

“Sebab kita harus merespons Undang-Undang Cipta Kerja yang ada, kita juga mempersiapkan kompetensi kerja yang up to date,” tuturnya.

Salah satu peserta UKK, Siti Nurhayati mengaku senang dengan adanya UKK karena mendapat berbagai pengalaman dan pengetahuan.

“Awalnya kalau di sekolah kan hanya teori saja, tapi setelah turun ke lapangan menjadi mengerti tentang dunia perkantoran,” jelasnya.

Sementara itu, penguji UKK dari Visi Nusantara Saful Haer menyambut baik kegiatan tersebut. Pihakanya juga terbuka bagi siapa saja yang ingin kolabarasi dalam bidang pendidikan yang ada di Banten.

Haer juga menuturkan, dengan adanya kegiatan uji kompetensi tersebut, diharapkan dapat meningkatkan minat generasi milenial yang mampu menerapkan ilmu serta pengetahuan sesuai bidangnya.

“UKK dapat menjadi salah satu faktor pendukung lahirnya generasi millenial yang memiliki kompetensi tinggi dan mampu bersaing dalam bidang yang diminati,” pungkasnya.

Untuk informasi, SMK Bina Mandiri Pagedangan terdapat 3 kejujuran, yakni Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (APK), Teknik Grafika, dan Sepeda Motor (SM). Dan menjadi satu-satunya SMK di Kabupaten Tangerang yang memiliki kejuruan Grafika. |We

Loading

VINUS TV

BERITA TERBARU

IKLAN

spot_img
spot_img

BERITA TERPOPULER

IKLAN

spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

IKLAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

SEPUTAR BANTEN

IKLAN

spot_img
spot_img
spot_img

SEPUTAR DESA

Masyarakat Pasir Bolang Demo Alfamart