spot_img
spot_img

Realisasi Program Ketahanan Pangan, Pemdes Ranca Kalapa Bagikan Bibit Padi Unggul

Foto: Kepala Desa Ranca Kalapa Linda Gunawan memberikan bantuan secara simbolis.

TANGERANG | Pemerintah Desa Ranca Kalapa Kecamatan Panongan Kabupaten Tangerang melalui Bidang Pemberdayaan Masyarakat memberikan bantuan berupa 600 kilogram bibit padi unggul kepada warga pada Kamis, (22/06).

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program ketahanan pangan yang telah dianggarkan Pemerintah Desa Ranca Kalapa untuk membantu masyarakat dalam mengurangi krisis pangan.

Kepada Vinus, Kepala Desa Ranca Kalapa, Linda Gunawan menyampaikan, kegiatan pembagian bibit padi unggul ini diperuntukan bagi para petani yang ada di wilayah Desa Ranca Kalapa.

Baca Juga

Menurutnya, kegiatan tersebut bagian dari program ketahanan pangan yang sebelumnya telah dianggarkan melalui dana desa tahun 2023. Untuk kemudian dibagikan kepada para petani melalui perwakilan Ketua RT.

“Alhamdulillah, hari ini kita realisasikan program ketahanan pangan berupa pembagian 600 Kg bibit padi unggulan berikut pupuknya kepada dua kelompok tani melalui perwakilan Ketua RT,” ujar Linda Gunawan sesaat setelah kegiatan.

Lebih lanjut Linda Gunawan menerangkan, untuk anggaran pada program ketahanan pangan itu bersumber dari Dana Desa (DD) yang diamanatkan pemerintah pusat.

“Amanat PMK 201/2022 paling sedikit harus menganggarkan 20 persen dari dana desa untuk program ketahanan pangan dan hewani,” ungkapnya.

Selain pembagian bibit padi dan pupuknya, lanjut Linda, pihaknya juga membagikan ratusan bibit cabai, pupuk organik, dan alat semprot kepada para petani.

“Tadi juga sudah diserahkan kepada masing-masing RT 200 bibit cabai, 4 unit hand sprayer gendong dan 24 buah alat semprot ukuran kecil,” ucapnya.

Masih kata Linda, program lain yang telah direalisasikan pada tahap awal tahun 2023 ini ialah pemberian hewan ternak berupa 28 ekor kambing kepada dua kelompok peternak untuk dipelihara dan dikembangbiakkan.

“Semoga program ini bermanfaat untuk masyarakat. Setidaknya sedikit membantu perekonomian para petani dan peternak di Desa Ranca Kalapa,” harapnya. |HR

Loading

VINUS TV

BERITA TERBARU

IKLAN

spot_img
spot_img

BERITA TERPOPULER

IKLAN

spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

IKLAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

SEPUTAR BANTEN

IKLAN

spot_img
spot_img
spot_img

SEPUTAR DESA

Masyarakat Pasir Bolang Demo Alfamart