spot_img
spot_img

Kotak Kosong Menang di Pilkades Lebaksitu, Bupati Lebak Akan Tunjuk Pj

Foto: Ilustrasi Pilkades lawan kotak kosong (Istimewa).

LEBAK | Salah satu desa yang menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Lebak pada hari Minggu, 13 November 2022 lalu ada yang dimenangkan kotak kosong. Desa tersebut ialah Lebaksitu, Kecamatan Lebakgedong.

Kabar itu dibenarkan oleh Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyatakat dan Desa (DPMD) Lebak Diki Ginanjar.

Kapada awak media, Diki menyampaikan, Pemerintah Desa Lebaksitu Kecamatan Lebakgedong dipastikan akan dijabat oleh seorang penjabat (Pj) Kades, karena kotak kosong yang menang.

Baca Juga

Masih kata Diki, tak hanya Desa Lebaksitu yang akan dijabat Pj, Desa Cihambali, Kecamatan Cibeber juga akan diisi oleh Pj lantaran adanya penundaan pelaksanaan Pilkades serentak 2022.

“Pj tersebut nantinya ditunjuk dari kecamatan masing-masing oleh Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya,” ujarnya pada, Minggu (20/11).

Diki menjelaskan, calon tunggal di Pilkades Lebaksitu dan dimenangkan kotak kosong terjadi setelah salah satu calon mengundurkan diri.

Lanjutnya, sesuai yang diatur di pasal 46 ayat 3 dalam Perbup Nomor 38 / 2022 tentang Tata Cara Pemilihan Kepala Desa Serentak, berdasarkan laporan dari camat maka bupati menghentikan proses Pilkades tersebut lalu mengangkat Pj.

Foto: Ilustrasi Pilkades serentak (Istimewa).

Terkait hasil kotak kosong yang menang, Diki kembali menjelaskan, ayat 5 menyebut, pada saat pemungutan suara terdapat pemilih yang memilih surat suara pada foto/gambar/kotak calon meninggal dunia atau mengundurkan diri maka surat suara dinyatakan tidak sah.

Sementara soal kapan Pilkades di desa tersebut akan kembali digelar, Diki mengatakan, kemungkinan akan dilakukan pada tahun 2025. Hal ini karena moratorium Pilkades tahun 2023 dan 2024.

“Karena ada hajat nasional (Pemilu) moratorium selama dua tahun itu (2023-2024) tidak ada pelaksaan Pilkades. Sebab, Pemilu 2024 yang tahapannya kan sudah dimulai. Kalau pun tidak ada moratorium tetap harus ada surat Kemendagri,” terang Diki.

Sementara itu, terkait Desa Cihambali, Kepala DPMD Lebak Babay Imroni menyatakan, belum bisa memastikan kapan digelarnya pilkades Cihambali. Sebab, keputusannya ada di Kemendagri.

“Kemukinan (dijabat Pj). Tapi, kita masih menunggu dari Kemendagri soal Pilkades Cihambali,” ucapnya singkat. |We

Loading

VINUS TV

BERITA TERBARU

IKLAN

spot_img
spot_img

BERITA TERPOPULER

IKLAN

spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

IKLAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

SEPUTAR BANTEN

IKLAN

spot_img
spot_img
spot_img

SEPUTAR DESA

Masyarakat Pasir Bolang Demo Alfamart