spot_img
spot_img

Cegah Kerawanan Sosial, Pemdes Ciakar Bagikan 240 Karung Beras

Foto: Kepala Desa Ciakar Muhammad Nur Jalyudin.

TANGERANG | Pemerintah Desa (Pemdes) Ciakar Kecamatan Panongan Kabupaten Tangerang telah merealisasikan beberapa program kegiatan tahun anggaran 2023.

Berbagai program yang telah dilaksanakan tersebut salah satunya penanggulangan kerawanan sosial masyarakat berupa pembagian 240 karung beras kepada warga setempat berkategori rentan miskin.

Hal itu diungkapkan Kepala Desa Ciakar, Muhammad Nur Jalyudin. Menurutnya, program itu merupakan bentuk kewaspadaan terhadap masyarakat rentan miskin yang tidak tercover oleh bantuan sosial seperti PKH dan BPNT.

Baca Juga

“Untuk itu, melalui program ini kami bagikan sebanyak 240 karung beras ukuran 10 Kilogram kepada warga masyarakat yang terindikasi rentan terhadap masalah sosial,” ungkap M. Nur Jalyudin saat ditemui di ruang kerjanya pada Jumat, (23/06).

Masih kata Lurah Uyu sapaan akrabnya, ada sekitar 240 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang mendapatkan bantuan dari program tersebut.

“Kami distribusikan langsung ke rumah warga. Totalnya ada 240 KPM. Mereka ini terkategori rentan miskin dan tidak tercatat di bantuan sosial PKH maupun BPNT,” ungkapnya.

Lebih lanjut, menurut pria kelahiran 1990 ini menerangkan, program tersebut bagian dari amanat pemerintah pusat yang dianggarkan melalui dana operasional desa sebesar 3% dari Dana Desa (DD).

Tak hanya itu, sambung Lurah Uyu, dalam waktu dekat pihaknya juga akan merealisasikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap pertama tahun 2023 kepada 90 KPM.

“Insyaallah, tidak lama lagi BLT tahap pertama dicairkan. 3 bulan sekaligus. Ada 90 KPM. Datanya sudah diserahkan ke pihak bank,” ucapnya.

Lurah Uyu berharap, semua program yang telah direalisasikan tersebut dapat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat. Khusunya warga Desa Ciakar.

“Setidaknya dapat membantu dan sedikit meringankan beban warga di tengah situasi seperti saat ini,” harapnya. |HR

Loading

VINUS TV

BERITA TERBARU

IKLAN

spot_img
spot_img

BERITA TERPOPULER

IKLAN

spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

IKLAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

SEPUTAR BANTEN

IKLAN

spot_img
spot_img
spot_img

SEPUTAR DESA

Masyarakat Pasir Bolang Demo Alfamart