spot_img
spot_img

Upaya Eliminasi TBC, Penabulu Tangerang Gelar Pertemuan Lintas Sektor

Foto: Penabulu Tangerang gelar pertemuan lintas sektor.

TANGERANG | Penabulu Tangerang menggelar kegiatan pertemuan dengan pemangku kepentingan jejaring Districtbase Publik Private Mix (DPPM) Kabupaten Tangerang. 

Acara yang dilaksanakan di Hotel Amaris Citra Raya, Kecamatan Panongan tersebut, sebagai upaya advokasi dan membangun kemitraan dalam penanggulangan TBC.

Kepada Vinus, Koordinator Penabulu Tangerang Marno menyampaikan, dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat berkolaborasi dengan fasilitas kesehatan baik dari pemerintah maupun swasta dalam penanggulangan TBC.

Baca Juga

Masih kata Marno, perlu dukungan dari semua pihak, tidak hanya sekedar kata-kata tapi juga sebuah rencana tindak lanjut sehingga Kabupaten Tangerang sehat bisa terwujud dan dirasakan bersama.

“Saya berharap lewat kegiatan ini, bisa mendapatkan dukungan dari semua unsur atau pun stakeholder yang ada di Kabupaten Tangerang,” ujarnya pada Rabu, (04/10).

Di tempat yang sama, Moch Mukhopit, selaku Manajer Kasus Districtbase Publik Private Mix (MK DPPM) Tangerang mengatakan, keterlibatan masyarakat dalam mencegah dan mendeteksi kasus TB juga diperlukan.

Menurutnya, masyarakat desa perlu mendapatkan dukungan dari pemerintah. Peran masyarakat sangat penting dan harus difasilitasi dengan dukungan peran Pemdes dimulai dengan anggaran desa.

“Fungsi aparat desa dan kader di desa penting untuk meningkatkan peranan masyarakat dalam mengurangi penderita TB,” ucapnya.

Lebih lanjut, Mukopit menuturkan, penguatan peran desa melalui kerangka kebijakan dan peningkatan kapasitas menjadi penting dan mendesak untuk melakukan penanggulangan TBC. 

Untuk itu, sambungnya, Penabulu Tangerang  bekerja sama dengan Bappeda Kabupaten Tangerang melakukan kajian kebijakan pemanfaatan dana desa untuk mempercepat eliminasi TBC di Indonesia khususnya di Kabupaten Tangerang.

“Serta menyusun kebijakan guna memastikan desa memiliki payung hukum dan panduan yang memadai dalam menyelenggarakan upaya penanggulangan TBC di desa,” pungkasnya.

Sekadar informasi, acara tersebut dihadiri oleh Adinkes pusat, Adinkes wilayah, Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, SR Konsorsium STPI, Penabulu Provinsi Banten, Bappeda, KOPI TB Kabupaten Tangerang, serta perwakilan rumah sakit pemerintah dan swasta. |Tiar

Loading

VINUS TV

BERITA TERBARU

IKLAN

spot_img
spot_img

BERITA TERPOPULER

IKLAN

spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

IKLAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

SEPUTAR BANTEN

IKLAN

spot_img
spot_img
spot_img

SEPUTAR DESA

Masyarakat Pasir Bolang Demo Alfamart