Mengenang Ideologi Soekarno Muda

Oleh: Teguh Santosa*

SEKARANG rakyat Indonesia sedang mengenang Hari Pancasila, 1 Juni, yang tentu saja akan mengenang pencetusnya yakni Bung Karno (BK). Pada saat bersamaan situasi politik kaum Soekarnois terbelah memanas karena terkesan rivalitas pewaris ideologi Marhaenisme menuai kecemasan publik, antara Puan Maharani dan Ganjar Pranowo.

Klaim Marhaenisme ini baru-baru ini disematkan Dhaniel Dhakidae, ahli politik, pada PDIP sebagai pewaris sah Marhaenisme sampai saat ini. Apakah ideologi Marhaenisme itu?

Apakah Puan Maharani versus Ganjar melakukan rivalitas karena pertarungan tafsir baru ideologi Marhaenisme? Apakah pengikut Puan dan Ganjar terbelah secara ideologis seperti pengikut Stalinism versus Trotskyism dulu di Rusia? Atau keterbelahan pengikut Tan Malaka versus Bung Karno diawal Revolusi Kemerdekaan kita?

Meninjau pikiran Soukarno untuk melihat ideologi Bung Karno sangat penting kita lakukan, karena bagaimanapun, selain kontribusi pikiran ideologi Bung Karno sangat besar bagi kemerdekaan dan perjalanan bangsa, suksesi ideologis via PDIP ke depan juga sangat penting diketahui rakyat. Pikiran-pikiran Bung Karno berkembang dalam dua tahapan, yakni Bung Karno muda dan tua.

Baca Juga

Bung Karno muda adalah fase sebelum dia menjadi presiden, sedangkan Bung Karno tua setelah dia menjadi presiden. Pembagian seperti ini untuk menyederhanakan saja, bahwa pikiran Bung Karno muda lebih sebagai pergolakan pemikiran, original dan unique. Sedangkan Bung Karno tua sudah bercampur dengan pragmatisme kekuasaan, seperti akomodasi politik dan lainnya.

Pada masa Sukarno muda, tiga fase penting mengantarkan dirinya sebagai pemikir ideologis. Pertama adalah interaksinya dengan Tjokroaminoto, kedua adalah pemenjaraan di Sukamiskin, serta ketiga adalah di masa pembuangan di Ende dan Bengkulu. Kita akan melihat fase-fase ini, setidaknya sebagai sebuah refleksi ketika pikiran-pikiran si Bung masih murni, masih perawan.

Dalam fase ini ada tiga naskah besar yang cukup untuk mewakilinya, yakni pertama esai Bung Karno tahun 1926 Nasionalisme, Marxisme dan Islamisme. Kedua pledoi Sukarno di pengadilan Bandung tahun 1930, Indonesia Menggugat, dan ketiga esai Bung Karno tentang Islam Sontoloyo. Cukup artinya untuk melihat utuh pemikiran Bung Karno ketika muda tersebut. Marilah kita lihat ideologi BK.

Nasionalisme

Persentuhan politik Sukarno di awal kehidupan remajanya menghasilkan pluralisme keyakinan politiknya. Pluralisme bukan pluralistik. Arfandi Cenne dalam Pemikiran Politik Soekarno Tentang Nasakom (2016) mengatakan itu sebagai eklektik, tapi saya lebih memilih pluralisme.

Pluralisme artinya Sukarno benar-benar percaya bahwa ada tiga “isme” yang mampu bersatu membebaskan Indonesia, yakni Islamisme, Marxisme, dan Nasionalisme.

Islamisme tentu merupakan isme awal interkasi Sukarno dengan Tjokroaminoto, guru politik pertama dan mertuanya diusia belia. Tjokro mengajar Islam sebagai alat pembebasan atas penderitaan rakyat dan perjuangan pembebasan itu bersifat internasional.

Bersamaan dengan Islamisme, Si Bung berinteraksi dengan senior-senior anak kos di kediaman Tjokroaminoto, di Surabaya, yang tumbuh kemudian dalam isme lain, yakni Sosialisme.

Tokoh-tokoh utama Sosialisme adalah, Muso, Sneevliet, Alimin, Tan Malaka, dan Samaun, yang gigih menggerakkan massa buruh pelabuhan, kereta api, dan perkebunan saat itu, sebagai aktifis Sarekat Islam (SI).

Dalam tubuh SI saat itu ada tokoh-tokoh yang hanya memanfaatkan SI sebagai “kuda Troya” untuk memasarkan Sosialisme yang dibawa Henk Sneevliet sebagai ideologi penggerak. Namun ada juga yang meyakini Sosialisme itu sama dengan Islamisme, seperti Haji Misbach di Sarekat Islam Solo. Di sisi lainnya, Tan Malaka yang komunis, meminta sinergitas politik Islam dan Komunisme terjadi.

Foto: Sukarno muda (Istimewa).

Soekarno ketika mahasiswa di Bandung berinteraksi dengan tokoh-tokoh yang juga beragam. Selain tokoh-tokoh Islam, seperti A. Hassan, Persis, bertemu juga tokoh2 nasionalis, seperti pendiri Indische Partij, Douwes Dekker, Tjipto Mangunkusumo, dan Ki Hajar Dewantara.

Tentang nasionalisme ini juga mungkin karena bersentuhan dengan organisasi Budi Utomo, Jong Java, dan situasi dunia paska perang dunia pertama. Untuk yang terakhir ini, kekalahan Dinasti Ustmaniyah Ottoman, telah membuat negara-negara Islam di Arab dan Asia terbagi dalam satuan negara berbasis nasional maupun tanah air. Istilah cinta tanah air menjadi gerakan di mana-mana melawan penjajah.

Nasionalisme bagi Bung Karno sesungguhnya kurang memiliki batas yang jelas. Di satu sisi Bung Karno merujuk pada Ernest Renan bahwa nasionalisme terjadi karena kesamaan sejarah dan kesamaan cita-cita. Dalam terminologi Ben Anderson atau Ernest Gellner, merujuk pada teori modernitas, kebangsaan itu hanyalah produk modernisasi atau industrialisasi. Namun, ketika Sukarno menulis Naar Het Bruine Front di tahun 1927, ia merujuk pada pembedaan warna kulit, kulit putih (asing) versus kulit cokelat (pribumi).

Hal ini merujuk pada teori biologi atau sosio-biologi. Hitler dulu menggunakan teori biologi ras, yang menerangkan usul bangsa Jerman sebagai ras Aria, untuk membangun nasionalisme Jerman. Namun, menurut Bung Karno nasionalisme Hitler adalah fasis dan Jingoisme, yang dia tidak sepakat.

Nasionalisme digunakan Sukarno untuk mengikat kelompok ideologis lainnya, dalam persatuan perjuangan. Namun, dalam versi lain berimpit sebagai Marhaenisme.

Marhaenisme

Marhaenisme adalah nasionalisme versi Bung Karno. Dalam sebuah versi, Marhaenisme ini menjelaskan tentang konsep self-reliance (kemandirian), tentang sosok yang mengkonsumsi apa yang diproduksinya. Namun, versi lain, seperti dalam Indonesia Menggugat Marhaenisme juga merujuk pada buruh perkebunan gula yang tertindas. Kadangkala Sukarno menggunakan istilah Kromo dan Marhaen sebagai substitusi, kadang keduanya eksis.

Marhaenisme dalam komparasi perjuangan kaum buruh di Eropa, dalam pisau bedah Sosialisme ataupun Marxisme tidak berimpit. Namun Sukarno memaksakan agar bisa diterima sebagai sebuah tesis. Memang kala itu Sosialisme di luar eropa, seperti di Rusia, apalagi di negara-negara jajahan, yang agraris, kesulitan merekonstruksi dialektika sejarah materialisme berbasis petani kecil (bukan buruh) versus kapitalis.

Dalam Indonesia Menggugat, dengan sekitar 70 pemikir Barat sebagai referensi, yang digunakan Bung Karno menjawab pertanyaan mengapa dia berjuang dan untuk siapa dia berjuang. Dia menunjukkan vis a vis rakyat tertindas melawan kapitalisme dan imperialisme tidak menggunakan pisau analisa Marhaenisme.

Mayoritas pisau analisa yang digunakan adalah Sosialisme dan Marxisme. Namun, ketika menjelaskan kaum Marhaen harus bergerak melawan penjajah secara radikal dan revolusioner. Bung Karno secara self-proclaimed coba mensejajarkan atau mengkomparasi perjuangan kaum buruh di Belanda dengan kaum Marhaen di Indonesia saat itu.

Misalnya, ketika Sukarno menjelaskan soal upah, ia menunjukkan struktur Kapitalisme dan Imperialisme yang meletakkan buruh hanya sebagai penyedia tenaga kerja murah dan sebagai pasar/penyerap kelebihan pasar produk-produk Belanda.

Dalam struktur Kapitalistik, investasi/modal, dan infrastruktur tidak dimaksudkan untuk mensejahterakan rakyat, melainkan hanya berfungsi untuk mempercepat eksploitasi sumber daya alam saja.

Sukarno memperlihatkan 70 persen hasil kekayaan penjajahan di bawa ke Belanda. Sebaliknya, upah buruh pabrik gula per hari saat itu 0,45 gulden untuk lelaki, 0,35 gulden perempuan dan harga beras 0,07 gulden per kg, artinya upah buruh setara dengan 6 kg beras.

Kejahatan imperialisme (tua dan modern) itu, selain soal akumulasi kapital, penindasan buruh dan pencarian pasar bagi over supply produk-produk di Belanda maupun negara barat, juga menghancurkan budaya rakyat.

Bung Karno mengatakan Imperialisme memporak-porandakan seluruh sistem sosial. Dan kemudian dijustifikasi oleh ahli-ahli sosial barat, maupun kaum agamawan mereka bahwa sudah sepantasnya penjajahan itu diterima sebagai bagian mendidik bangsa rendahan seperti Indonesia.

Sukarno menolak persepsi “kasta rendah” yang coba dibentuk kaum penjajah terhadap rakyat Indonesia.

Dalam perspektif teori post-kolonial, intelektual Barat memang dibiayai oleh kapitalis penjajah untuk melakukan stigmatisasi dan stereotifikasi bangsa kita sebagai bangsa inferior, kasta rendah, kanibal, tahayul, pemalas dan lainnya.

Sukarno, sebagaiman kemudian hari Edward Said, ahli teori postkolonial, menuduh argumen ahli barat itu, bahwa stigmatisasi itu memang diperlukan mereka untuk menciptakan ketergantungan permanen, dan kerusakan total budaya bangsa harus terus menerus dipelihara agar harga diri kita musnah dan kemandirian, apalagi rasa ingin merdeka, tidak pernah terpikirkan lagi.

Baca Juga

Dari konstruksi di atas, di mana Sosialisme dipakai sebagai pisau analisa sedangkan Marhaenisme digunakan sebagai isme pemersatu rakyat kecil terjajah. Maka Marhaenisme kemudian berkembang sebagai mixed atau bercampur antara Nasionalisme dan Sosialisme.

Anti Kapitalisme dan Oligarki

Bung Karno, meminjam pikiran Multatuli, telah menunjukkan bagaimana beda imperialisme tua dan modern. Imperialisme tua bagaikan penghisapan di hilir, ketika semua kekayaan terkumpul dari ranting dan cabang-cabang pada pusatnya.

Sedangkan imperialisme modern, mesin penghisap itu mempunyai pipa-pipa penghisap langsung ke cabang-cabang dan ranting-rantingnya, sehingga tidak ada yang tersisa.

Era tua meliputi VOC dan culturstelsel telah melumpahkan dan melumatkan bangsa kita, termasuk kaum feodal, yang sebelumnya cukup mewakili kaum menengah pribumi. Namun, imperialisme modern, jaman open policy, di mana modal dan investasi menjadi kata kunci, kehancuran bangsa kita semakin babak belur lagi.

Pada 1870, era kapitalisme modern, ditandai dengan liberalisasi modal. Negara tidak berhak lagi mengatur siapa yang mengontrol eksploitasi di bumi kita ini.

Sehabis era kulturstelsel, melalui UU Agraria (Agrarische Wet) dan UU Perkebunan Gula (Suikerwet), pemilik modal Belanda dan Eropa bebas berinvestasi. Pada fase ini negara sudah mulai didikte oleh kaum Oligarki Belanda dan Eropa. Gubernur Jenderal sudah mulai diatur pemilik modal dalam skenario return to capital yang memanjakan investor.

Jika di Belanda dan Eropa, era ini ditandai dengan demokrasi, akibat meletusnya Revolusi Prancis, 1879, yang mendorong kebebasan rakyat berserikat dan berkumpul, sebaliknya tidak terjadi di negeri jajahan.

Pada pledoinya, Bung Karno menunjukkan Kapitalisme/Imperialisme modern ini harus dihancurkan. Ia ketakutan jika Kapitalisme ini terus berlanjut, suatu waktu akhirnya hanya menyisakan sampah. Indonesia sudah tidak punya kekayaan lagi.

Sebab, dalam analisa Marxian, akumulasi modal terus menerus dikuasai pemodal, karena surplus kapital (value added) dari produksi serta hubungan produksi (relations of production) tidak dikontrol oleh kaum buruh. Dalam penjajahan, kaum Marhaen tidak mengontrol surplus ekonomi yang dieksploitasi negara dan swasta asing itu.

Menyetir perbandingan gerakan kaum buruh SDAP Belanda, yang ingin mensejahterakan buruh melalui perebutan kekuasaan negara, secara legal, Bung Karno juga ingin mensejahterakan rakyat melalui perebutan kekuasaan secara legal, yakni melalui Indonesia merdeka.

Namun, di Belanda legal yang dimaksud adalah adanya demokrasi, yang mana buruh bebas mengorganisasikan permusuhan dengan kaum Oligarki dan Kapitalis, termasuk di luar parlemen. Menurut Bung Karno adalah hak kaum Marhaen pula memusuhi penjajah dan penjajahan. Namun, pikiran Sukarno ini menyebabkan dia divonis empat tahun penjara di Bandung.

Foto: Bung Karno (Istimewa).

Sikap terhadap Islamisme

Bung Karno muda adalah seorang arsitek yang mampu meletakkan komponen bangsa yang harus terdesain bersatu. Tentu dia juga arsitek benaran, alumni ITB.

Islamisme dipercaya Bung Karno mempunyai jawaban untuk melawan penindasan. Namun, ia lebih percaya pada Sosialisme. Tentu saja ini keniscayaan, karena Islamisme mengalami kemerosotan, setelah kekalahan Khalifah Ustmaniyah, dalam perang dunia pertama. Sebaliknya, Sosialisme mulai berjaya, khususnya setelah keberhasilan Revolusi Bolshevik, di Rusia.

Baik di dalam esai Nasionalisme, Marxisme dan Islamisme, 1926, Pledoi Indonesia Menggugat, 1930 maupun surat-surat atau tulisan tentang Islam dari Ende dan Bengkulu, menunjukkan Sukarano percaya kemampuan ideologi Islam tersebut, sebagai sebuah “worldview”.

Misalnya, PSI (Partai Sariket Islam), sebuah partai yang didirikan Tjokroaminoto, sebagai kelangsungan Syerikat Islam (SI), sering dikutip Bung Karno dalam pledoinya sebagai Islam yang revolusioner, yang ditiru PNI. Sebaliknya, kritik Sukarno terkait masyarakat Islam, dan ulamanya, memang acapkali dilontarkannya, terkait yang terpasung dengan Islam sebagai ajaran ritual semata, yang kurang menggali Islam sebagai ajaran revolusioner.

Persatuan Nasional yang Temporer

Sukarno yang memproklamasikan dirinya dan PNI radikal serta revolusioner di dalam pledoi Indonesia Menggugat, faktanya belum mempunyai basis massa yang jelas. Sebab, PNI baru saja akan berkembang saat itu untuk menjadi gerakan massa rakyat, meniru metoda Komunis dan Sarekat Islam. Belanda sendiri menuduh Sukarno dan PNI nya merupakan kelanjutan PKI (Partai Komunis Indonesia), yang baru saja dibubarkan Belanda, karena memberontak (1926).

Namun, kehadiran PNI tentu penting untuk mengkonsolidasikan kekuatan massa aksi di luar penggalangan berbasis Komunisme dan Islamisme. Hal ini pula yang menjadi kekuatan posisi tawar Bung Karno menggalang kekuatan perlawanan terhadap imperialisme Belanda.

Massa aksi yang dibayangkan BK tentunya bukan massa aksi kaum proletar yang dilukiskan Karl Marx di Eropa. Tesis Sosialisme atas perebutan kekuasaan akan terjadi sendirinya dengan bersatunya kaum buruh dan merebut kekuasaan dari kaum kapitalis, pada fase Kapitalisme yang matang. Atau juga tidak sama dengan yang dianjurkan Trotskyism untuk kerjasama buruh (dominan) dengan massa petani, dalam konsep permanent revolution, di negara model Rusia atau negara lainnya yang belum berada pada fase industrialisasi.

Jadi, karena jalan revolusi yang dibayangkan Bung Karno harus melalui perebutan kekuasaan atau merdeka dengan pemerintahan sendiri, semua kekuatan revolusioner atau radikal tidak boleh saling melemahkan. Ini adalah strategi dua langkah (two stage revolution) yakni bersatu padu merebut kemerdekaan, lalu, langkah selanjutnya, berkompetisi mendominasi arah revolusi kemerdekaan. Jadi persatuan antara ideologis ini bersifat sementara.

Lima hal uraian di atas, Nasionalisme, Marhaenisme, Anti Kapitalisme dan Oligarki, Sikap Terhadap Islamisme dan Persatuan Nasional Yang Temporer merupakan fenomena ideologi Bung Karno muda yang dapat kita rekam.

Dari paparan di atas, diperlihatkan apa yang perlu diteladani dan apa yang menjadi critical issue dari fenomena ideologi Bung Karno tersebut. Kita perlu meneladani perjuangannya terhadap kaum buruh dan rakyat miskin. Kita perlu meneladani perlawanannya pada Kapitalisme dan Oligarki.

Kita perlu meneladani kegigihannya meletakkan ruang bersama bagi kepentingan atau misi perjuangan dari kelompok ideologis yang bertentangan. Kita perlu mengapresiasi kemampuannya menganalisis problematika persoalan bangsa dan ketertindasan. Namun, kita perlu mewaspadai beban historis yang berat untuk menyatukan kepentingan kelompok ideologis yang selalu ada di Indonesia.

Lalu apakah ideologi Sukarno muda ini masih relevan dengan nasib dan arah Marhaenisme dan kaum Marhaen ke depan?

Apakah tafsir pertarungan Puan Maharani versus Ganjar Pranowo terwakili dalam fenomena nasib kaum buruh, tani dan nelayan yang semakin miskin di era pandemi? Apakah bangsa ini paham tentang perjuangan Sukarno muda?

* Penulis adalah mantan Wakil Rektor Universitas Bung Karno (UBK).*

 1,282 kali dilihat,  4 kali dilihat hari ini

Oleh: Raden Siska Marini* PEREMPUAN milenial semakin tertekan oleh banyaknya standar yang harus mereka ikuti. Mulai dari standar fashion, karier, hingga kecantikan yang harus dicapai. Sebab, istiliah...

TANGERANG | Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Tangerang berkesempatan mendapat suntikan anggaran revolving sebesar 1 miliar. Hal itu terungkap saat Ketua DPRD Kabupaten Tangerang...

BERBEDA dengan periode yang sudah lewat, kini sumber daya politik untuk aktivis mahasiswa terkini, melimpah ruah. Dulu, kerangka teoritis untuk aktivis mahasiswa tak jauh dari...

TANGERANG | Telur merupakan salah satu bahan makanan yang menjadi favorit banyak orang setelah daging ayam. Karena bagi yang tidak menyukai daging, telur menjadi...

VINUS TV

BERITA TERBARU

BUMDes di Tangerang Bakal Dapat 1 Miliar, Ini Syaratnya 

TANGERANG | Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Tangerang berkesempatan mendapat suntikan anggaran revolving sebesar 1 miliar. Hal itu terungkap saat Ketua DPRD Kabupaten Tangerang...

Wabup Minta Dewan Hakim MTQ Ke-52 Obyektif dan Netral

TANGERANG | Dewan Hakim Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-52 Kabupaten Tangerang tahun 2022 diminta agar bekerja secara obyektif dan netral. Bebas dari segala bentuk...

Aktivis Mahasiswa Tangerang, Bergeraklah!

BERBEDA dengan periode yang sudah lewat, kini sumber daya politik untuk aktivis mahasiswa terkini, melimpah ruah. Dulu, kerangka teoritis untuk aktivis mahasiswa tak jauh dari...

Telur Gulung Bang Aldy, Mudah Dijumpai Banyak Diminati

TANGERANG | Telur merupakan salah satu bahan makanan yang menjadi favorit banyak orang setelah daging ayam. Karena bagi yang tidak menyukai daging, telur menjadi...

Standar Kecantikan Perempuan

Oleh: Raden Siska Marini* PEREMPUAN milenial semakin tertekan oleh banyaknya standar yang harus mereka ikuti. Mulai dari standar fashion, karier, hingga kecantikan yang harus dicapai. Sebab, istiliah...

Kafe Halaman Pojok, Tempat Kongkow Nyaman dengan Konsep Rooftop

TANGERANG | Kafe sudah menjadi bagian dari gaya hidup bagi menerasi milenial. Kesuksesan bisnis kafe tergantung dari kualitas menu yang disajikan. Juga konsep desain...

Selenggarakan PKL, PMII Kota Serang Siap Cetak Kader Mujtahid Visioner

SERANG | Pelatihan Kader Lanjut (PKL) Angkatan Ketiga sukses digelar Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Serang. Acara yang dilaksanakan di Auditorium...

Melalui RUPS, Isbandi Ditunjuk Sebagai Direktur Definitif Perseroda

SERANG | Isbandi hari ini resmi sebagai Direktur Definitif PT Serang Berkah Mandiri atau SBM. Perusahan milik Pemerintah Daerah Kabupaten Serang. Pengangkatan dan penetapan Direksi...

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Kades Selapajang Gunakan Uang Pribadi Beli Mobil Siaga

TANGERANG | Keberadaan mobil siaga dinilai sangat penting bagi kebutuhan warga desa. Terutama dalam bidang kesehatan. Atas dasar itulah Kepala Desa Selapajang Kecamatan Cisoka Nurfakih,...

IKLAN

BERITA TERPOPULER

Bendera Negara Asing Berkibar di Klinik Milik PNS, Warga Minta Aparat Bertindak Tegas

TANGERANG | Pemandangan kurang pantas terjadi di Perumahan Villa Tangerang Elok Kelurahan Kuta Jaya Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang. Berkibar bendera Palestina tanpa berdampingan...

Banten Berduka, Abuya Uci Cilongok Tutup Usia

TANGERANG | Kabar duka, Pengasuh Pondok Pesantren Al Istiqlaliyah Cilongok Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang, Abuya Uci Cilongok tutup usia. Informasi yang dihimpun Vinus, Abuya...

Setelah Didemo Warga Terkait BLT, Kepala Desa Lebak Wangi Gantung Diri

TANGERANG | Kabar duka datang dari Kepala Desa Lebak Wangi Kecamatan Sepatan Timur Kabupaten Tangerang. Setelah sebelumya didemo masyarakat terkait transparansi bantuan Covid-19, Kepala...

Warga Sekitar Kawasan Millenium Butuh Pekerjaan, Pabrik Lebih Memilih Titipan Dinas

TANGERANG | Puluhan warga berunjuk rasa di depan PT Green Source Indonesia (GSI) yang berlokasi Kawasan Industri Millenium Kelurahan Kaduagung Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang. Tidak...

Sekarang Tidak Ribet, Ini Cara Mengaktifkan SPPT Wilayah Tangerang

TANGERANG | Inovasi dan peningkatan layanan terus diupayakan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tangerang. Terlebih soal permohonan pengaktifan Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) Pajak...

Banten Berduka, Qori Internasional Hawasyi Nawawi Tutup Usia

TANGERANG | Kabar duka datang dari Qori Internasional sekaligus pimpinan Pondok Pesantren Quran Annawawiyah, KH. Hawasyi Nawawi. Kepastian kabar duka itu dibagikan keluarga besar, santri,...

Sensasi Daging Burung Belibis, Kenyal dan Gurih

TANGERANG | Ayam dan bebek adalah jenis unggas paling sering dibuat olahan masakan. Tapi, selain kedua jenis unggas tersebut, ada satu lagi yang tak...

AGENDA

BERITA TERKAIT

Aktivis Mahasiswa Tangerang, Bergeraklah!

BERBEDA dengan periode yang sudah lewat, kini sumber daya politik untuk aktivis mahasiswa terkini, melimpah ruah. Dulu, kerangka teoritis untuk aktivis mahasiswa tak jauh dari...

Standar Kecantikan Perempuan

Oleh: Raden Siska Marini* PEREMPUAN milenial semakin tertekan oleh banyaknya standar yang harus mereka ikuti. Mulai dari standar fashion, karier, hingga kecantikan yang harus dicapai. Sebab, istiliah...

Kurikulum Prototipe, Quo Vadis Arah Pendidikan Sebenarnya?

PERALIHAN metode pembelajaran dari tatap muka ke daring selama kurun waktu dua tahun menimbulkan banyak masalah. Baik yang dialami siswa, guru, maupun orang tua....

Banten dan Ketimpangan Pembangunan

KETIMPANGAN masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah Provinsi Banten yang mahaberat. Gemuruh pembangunan selama bertahun-tahun tidak hanya memperbesar kue ekonomi yang tercermin pada besaran PDB yang...

Refleksi dan Proyeksi Awal Tahun: Setengah Ciri Tangerang yang Hilang

JUTAAN anak muda kreatif Tangerang hingga hari ini selalu menjadi makmum. Itupun makmum masbuk, di barisan belakang, telat terlambat. Perbincangan ini tak menggubris soal fikih...

Pak Bupati, Kyai, dan Sanitren yang Penuh Misteri dan Perlu Evaluasi

SEGALA puji bagi Allah, yang telah memberikan kesabaran kepada kita semua. Atas segala kendala yang menimpa. Disengaja atau tidak. Pak Bupati, di ujung tahun ini...

Politik Upah, Antara Kesejahteraan dan Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi

Oleh: Abdul Haris* SETIAP tahun, sudah tidak asing lagi di telinga kita mendengar buruh yang menuntut kenaikan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK). Hiruk pikuknya membuat dua...

IKLAN

SEPUTAR BANTEN

Selenggarakan PKL, PMII Kota Serang Siap Cetak Kader Mujtahid Visioner

SERANG | Pelatihan Kader Lanjut (PKL) Angkatan Ketiga sukses digelar Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Serang. Acara yang dilaksanakan di Auditorium...

Melalui RUPS, Isbandi Ditunjuk Sebagai Direktur Definitif Perseroda

SERANG | Isbandi hari ini resmi sebagai Direktur Definitif PT Serang Berkah Mandiri atau SBM. Perusahan milik Pemerintah Daerah Kabupaten Serang. Pengangkatan dan penetapan Direksi...

IKA PMII Banten Adakan Temu Alumni dan Sarasehan, Bicara Diaspora dan Resolusi

TANGERANG | Ikatan Keluarga Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) Banten mengadakan Temu Alumni dan Sarasehan pada Sabtu, (15/01) di D'Lobtar Resto Kota...

PJU Jalan Provinsi Banten Belum Ideal, Dishub: Akan Ada Pemasangan di Daerah Prioritas

BANTEN | Jumlah pemasangan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di sepanjang jalan Provinsi Banten boleh dikatakan belum ideal. Hal tersebut diakui Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi...

Tidak Ada Keringanan UKT, Presma UIN Banten Kecewa Kinerja Kemenag

BANTEN | Upaya Dewan Eksekutif Mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (DEMA PTKIN) Se-Indonesia meminta keringanan Uang Kuliah Tunggal (UKT) semester Genap tahun ajaran...

Buruh Tangerang: Keputusan Gubernur Banten Copot Kasatpol PP Tidak Tepat

TANGERANG | Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Kabupaten Tangerang angkat bicara terkait keputusan Gubernur Banten Wahidin Halim yang mencopot Kepala Satop PP Agus Supriyadi. Pihaknya...

Soal Laporkan Buruh, Pemuda Muhammadiyah Banten Sayangkan Sikap WH

BANTEN | Sikap Gubernur Banten terkait laporan terhadap buruh kepada kepolisian kembali menuai kecaman. Kali ini, giliran Pengurus Wilayah Pemuda Muhamadiyah (PWPM) Banten. Juga...

IKLAN

SEPUTAR DESA

Ini Jadwal dan Tahapan Pilkades Serentak Kabupaten Tangerang

TANGERANG | Jadwal tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 77 desa se-Kabupaten Tangerang telah selesai dibahas. Bahkan sudah mulai disosialisasikan oleh dinas terkait. Mulai...

Banyak Kejanggalan, Belasan Warga Cibadak Datangi Kecamatan, Persoalkan Penggunaan Dana Desa

TANGERANG | Penggunaan dana desa sejatinya diprioritaskan untuk membiayai pembangunan, pemberdayaan, dan penyelenggaraan pemerintahan desa. Transparansi penggunaan Dana Desa mutlak adanya. Agar publik bisa mengetahui....

Realisasi Pembangunan Desa Bantar Panjang Banyak Masalah, Camat Tigaraksa Tetap Rekomendasi Pencairan

TANGERANG | Carut-marut realisasi pembangunan Desa Bantar Panjang Kecamatan Tigaraksa tidak berarti kucuran dana dari pemerintah tersendat. Hal ini terbukti dari terus berlangsung pencairan dana...

Refleksi 7 Tahun UU Desa: Ingat, Desa Membangun, Bukan Membangun Desa

TANGERANG | Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa sudah memasuki tahun ketujuh. Sejak disahkan pada 15 Januari 2014. Dalam rangka refleksi 7 tahun terbitnya...

Pengumuman: Pilkades Tangerang Digelar Juli 2021

TANGERANG | Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 77 desa se-Kabupaten Tangerang akan digelar bulan Juli tahun ini. Adapun terkait tahapan dimulai pada...

Pemdes Pete Tetapkan 362 Penerima BLT Dana Desa

TANGERANG | Pemerintahan Desa Pete Kecamatan Tigaraksa melakukan Musyawarah Desa. Agenda tersebut membahas validasi, finalisasi, serta penetapan calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang...

Masyarakat Pasir Bolang Demo Alfamart

TANGERANG | Masyarakat Desa Pasir Bolang, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang mendemo gudang Alfamart. Di Jalan Aria Jaya Santika, pada Rabu (26/02). Aksi yang dikoordinir oleh...