spot_img
spot_img

Melalui Diskusi Tematik, Forum CSO Tangerang Dorong Anggaran Responsif Gender

Foto: Diskusi Tematik “Politik dan Kebijakan Anggaran Responsif Gender”.

TANGERANG | Perekat Demokrasi kembali mengadakan Diskusi Tematik. Kali ini bertajuk Politik dan Kebijakan Anggaran Responsif Gender.

Diskusi menghadirkan Panji Romadhon selaku Narasumber dari PATTIRO Banten. Bertempat di Warung Makan Sunda, Telaga Bestari, Cikupa, pada Jumat (15/04).

Pada kesempatan itu, Panji menyampaikan upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan bagi perempuan dan laki-laki dalam pembangunan dan kehidupan bermasyarakat harus terus diikhtiarkan.

Baca Juga

Lebih lanjut,  Panji menjelaskan, menurut survey BPS Banten, kondisi Kabupaten Tangerang dalam konteks Pengarusutamaan Gender (PUG) masih di bawah Kabupaten Serang.

“Data ini saya peroleh dari BPS Banten, ini tentu harus menjadi perhatian serius bagi kita semua,” imbuh Panji.

Namun demikian, data yang disuguhkan narasumber tersebut dipertanyakan oleh Ranti, salah satu pengurus FOPKIA.

Menurutnya, Kabupaten Tangerang saat ini telah cukup memberikan porsi anggaran dan kebijakan yang responsif gender.

“Sejauh yang saya ketahui kebijakan di Kabupaten Tangerang sudah cukup baik, di antarnya program kesehatan ibu hamil dan bayi baru lahir dan lain-lain,” jelas Ranti.

Sementara itu, Direktur Perdem Khoerun Huda berharap Forum Civil Society Organization (CSO) yang tergabung dalam Forum Simpul Belajar Madani ini mampu merepresentasikan masyarakat sipil dalam mengagregasikan kepentingan dan kebutuhan masyarakat. 

“Saya yakin dan sangat berharap agar 15 CSO yang tergabung dalam Simpul Belajar ini dapat menjadi penyambung lidah berbagai kepentingan masyarakat Tangerang,” ucapnya.

Masih kata Huda, bahwa anggaran responsif gender bukan hanya persoalan kesamaan anggaran, namun ada hal yang lebih substansial. 

“Ada persoalan partisipasi, kesetaraan, akuntabilitas, upaya pemenuhan hak-hak masyarakat dan juga persoalan keterjangkauan akses, serta manfaat terhadap kebijakan-kebijakan di maksud,” terang Huda.

Sekadar informasi, perwakilan CSO yang Hadir dalam diskusi diantaranya, GP Ansor, DPD KNPI, Pemuda Muhammadiyah, Lakspesdam, Komunitas Demokrasi Tangerang (Kode Tangerang), PWI, dan Konfederasi Serikat Pekerja Nasional (KSPN).

Hadir pula beberapa CSO Perempuan, antara lain Muslimat NU, Ikatan Bidan Indonesia, Fatayat NU, dan IPPNU. |We

Loading

VINUS TV

BERITA TERBARU

IKLAN

spot_img
spot_img

BERITA TERPOPULER

IKLAN

spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

IKLAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

SEPUTAR BANTEN

IKLAN

spot_img
spot_img
spot_img

SEPUTAR DESA

Masyarakat Pasir Bolang Demo Alfamart