spot_img
spot_img

Marak Kasus Kekerasan di Ponpes, LDNU Tangerang Angkat Bicara

Foto: Ketua LDNU Kabupaten Tangerang, Ustad Agus Jamaludin.

TANGERANG | Kasus kekerasan di pondok pesantren saat ini tengah menjadi perhatian publik. Beberapa kalangan menanggapi hal tersebut. Tak terkecuali Lembaga Dakwah Nahdlatul (LDNU) Kabupaten Tangerang.

Pihaknya merasa prihatin dan khawatir masyarakat menjadi enggan untuk memasukkan anaknya ke pondok pesantren.

Kepada Vinus, Ketua Pengurus Cabang LDNU Kabupaten Tangerang Agus Jamaludin menyampaikan, sampai saat ini Ponpes masih menjadi tempat terbaik untuk membentuk manusia berakhlak. Juga memiliki wawasan agama yang mumpuni. 

Baca Juga

Selain itu, sambung Ustad Agus sapaan akrabnya, Ponpes bahkan dapat melahirkan tokoh-tokoh agama yang dapat membimbing masyarakat semakin religius.

“Dengan adanya beberapa insiden yang terjadi di Ponpes, kami harap masyarakat jangan pernah luntur semangat untuk memasukkan anaknya ke Ponpes, karena itu bukan kejadian yang sifatnya terstruktur dan masif,” ujarnya, pada Selasa (13/09).

Lebih lanjut, dia mengimbau kepada para pengelola Ponpes yang memiliki santri cukup banyak agar lebih meningkatkan pengawasan pada titik-titik lokasi dan waktu yang potensial bisa terjadi perundungan.

Foto: Ilustrasi kekerasan (Istimewa).

Agus yang juga sebagai Direktur SMPIT Al Itqon ini mengatakan, sebaiknya Ponpes membuat peraturan yang lebih ketat, misalnya tes narkoba dan kejiwaan saat PPDB, agar santri baru tidak menjadi racun bagi santri lain.

“Perbanyak kajian-kajian ilmu yang dapat meningkatkan terbentuknya ahlak mulia. Juga kegiatan yang mendidik kesadaran hidup silih asih dan silih asuh,” ucapnya.

Masih kata dia, adakan sosialisasi tentang bullying dan cara melaporkannya. Bila perlu hadirkan pihak kepolisian untuk memberikan sosialisasi secara rutin, misal per 3 bulan sekali.

“Terakhir, perkuat jalinan komunikasi antara pihak pondok pesantren dengan orang tua santri,” tandasnya. |We

Loading

VINUS TV

BERITA TERBARU

IKLAN

spot_img
spot_img

BERITA TERPOPULER

IKLAN

spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

IKLAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

SEPUTAR BANTEN

IKLAN

spot_img
spot_img
spot_img

SEPUTAR DESA

Masyarakat Pasir Bolang Demo Alfamart