spot_img
spot_img

Dua Kamera Tilang di Ruas Jalan Raya Serang-Tangerang Sudah Beroperasi

Foto: Kamera ETLE di pos lampu merah Cikupa (dok. Polresta Tangerang).

TANGERANG | Dua kamera Elektronik Traffic Law Enforcement (ETLE) di ruas jalan raya Serang-Tangerang sudah mulai beroperasi.

Keberadaan dua kamera tilang yang berlokasi di Pos Lampu Merah Cikupa dan Balaraja tersebut tidak lain untuk meningkatkan kepatuhan para pengendara lalu lintas.

Hal itu diungkapkan Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polresta Tangerang, Kompol Fikri Adriansyah. Menurutnya, kedua kamera ETLE tersebut sudah terpasang di dua ruas Jalan Raya Serang-Tangerang.

Baca Juga

“Lokasinya di KM 21 dan 26. Tepatnya di Pos lampu merah Cikupa dan Balaraja,” ucap Kompol Fikri kepada awak media pada Jumat, (10/03).

Menurut Fikri, keberadaan dua kamera tersebut tidak lain untuk meningkatkan kepatuhan para pengendara lalu lintas. Baik roda dua maupun roda empat.

“Nantinya, selain untuk mengawasi pelanggaran lalu lintas, kamera ETLE juga digunakan untuk sarana pencarian buronan polisi serta pencarian barang hilang, seperti kendaraan bermotor yang dicuri,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Fikri, keberadaan alat ini diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan pengendara pada peraturan lalu lintas, karena selain beroperasi 24 jam, tilang elektronik ini juga sangat akurat dan objektif.

Masih kata Fikri, berdasarkan data dari Ditlantas Polda Banten, dari awal tahun ini tercatat angka kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polresta Tangerang cukup tinggi.

“Jumlah korban meninggal dunia sebanyak 11 orang, luka berat 4 orang dan luka ringan 11 orang. Dari total 37 insiden kecelakaan lalu lintas,” ungkapnya.

ETLE sendiri, kata Fikri, merupakan manifestasi penggunaan teknologi untuk memudahkan pihak kepolisian dalam melakukan pengawasan kepatuhan pengendara di jalan raya.

“Namun, sikap dan mental pengendara jauh lebih penting, yaitu disiplin mematuhi peraturan lalu lintas dan saling menghargai sesama pengendara. Sehingga rasa aman dan nyaman bisa dirasakan oleh setiap pengguna jalan,” pungkasnya. |HR

Loading

VINUS TV

BERITA TERBARU

IKLAN

spot_img
spot_img

BERITA TERPOPULER

IKLAN

spot_img
spot_img

BERITA TERKAIT

IKLAN

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

SEPUTAR BANTEN

IKLAN

spot_img
spot_img
spot_img

SEPUTAR DESA

Masyarakat Pasir Bolang Demo Alfamart