Surat Kasih Mahasiswa Untuk Bupati Tangerang Soal Karantina Wilayah

Peta Kabupaten Tangerang

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Teriring salam hormat dan doa, semoga Bapak Bupati senantiasa diberikan kesehatan dalam menjalankan tugas sehari-hari.

Perkenalkan pak, nama saya Bagus Muhamad Rijal, mahasiswa yang pernah belajar di Jurusan Hubungan Internasional. Bukan siapa-siapa, hanya salah satu warga yang mengagumi kepemimpinan dan program bapak dalam pembangunan di Kabupaten Tangerang.

Sebagaimana kita ketahui, beberapa waktu terakhir bangsa kita sedang mengalami musibah. Sangat menggemparkan: Covid-19.

Secara nasional, penyebarannya semakin meluas. Sejak kasus pertama terkonfirmasi. Tepatnya, 02 Maret 2020. Hingga hari ini, Senin, (29/03/2020) tercatat ada 1.285 kasus positif, 114 meninggal, dan 64 orang sembuh.

Tak terkecuali di Kabupaten Tangerang. Sejak pertama hingga hari ini, setidaknya ada 307 kasus ODP dan PDP, 18 orang positif, 1 orang sembuh, dan 1 orang meninggal.

Pak bupati, tentu kita semua berduka dengan terus menyebarnya virus ini. Berharap untuk segera teratasi tanpa ada lagi korban-korban berikutnya. Sehingga kita tidak menghabiskan waktu untuk saling menyalahkan. Namun dalam upaya menuntaskan kasus ini, kita harus sepakat bahwa: TIDAK CUKUP dengan imbauan semata.

Pak Bupati, saya dengar dan baca; Kabupaten yang sama-sama kita cintai ini sudah masuk dalam zona merah. Ini mengerikan pak.

Baru tadi saya mendapat kesempatan berbincang dengan salah satu penjual makanan disalah satu perumahan yang menggambarkan betapa ketatnya imbauan di kampung halamannya: Bandung. Aktivitas benar-benar berkurang, tapi di sini masih seperti biasa. Laki-laki asal Bandung itu pun keheranan.

Baru-baru ini juga, saya melakukan riset kecil soal Covid-19, mayoritas warganet kita ingin imbauan dan aksi yang lebih tegas bahkan sebagian lagi mendorong: Karantina Wilayah.

Saya mengapresiasi 4 langkah bapak dalam menetapkan status darurat, hingga meliburkan sekolah, melarang kerumunan, dan menunda kegiatan-kegiatan besar.

Tapi saya dan masyarakat kecil lain mempertanyakan, soal libur sekolah mungkin anak-anak yang diliburkan itu tidak akan tertular di sekolah tapi bagaimana dengan virus yang sangat besar kemungkinannya untuk dibawa oleh orang tua ke rumah?

Lagi pula kalau boleh jujur, imbauan pemerintah kepada masyarakat terbukti tidak mempan membatasi mobilitas.

Pak Bupati kalau boleh jujur lagi, penyebaran di daerah kita ini cukup cepat bahkan mungkin sangat cepat. Tapi bapak beruntung, masyarakat Kabupaten Tangerang sangat solid, di mana-mana warga melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri, organisasi banyak yang melakukan kegiatan berbagi masker, hand sanitizer, serta APD. Sehingga, pemerintah tetap terlihat memberikan solusi ditengah pandemi.

Mohon maaf jika tulisan ini mengganggu bapak, tapi akhir-akhir ini, saya perhatikan di media sosial Pemerintah Kabupaten dan Bapak pribadi belum ada kebijakan baru merespon zona merah ini.

Pak Bupati, saya pernah membaca adagium: Keselamatan Rakyat Adalah Hukum Tertinggi. Daerah-daerah lain, Tegal, Tasikmalaya, hingga Kalimantan Timur pelan tapi pasti rasanya memaknai adagium di atas dengan mulai melakukan Karantina Wilayah.

Karantina Wilayah adalah upaya untuk menutup sementara akses masuk dan keluar disuatu wilayah. Dengan basic ilmu Hubungan Internasional, saya membaca beberapa referensi, Karantina Wilayah ini pernah diterapkan dibeberapa wilayah di dunia. Misalnya, partial atau local lockdown di Provinsi Hubei, China telah terbukti efektif menurunkan kasus 37% lebih rendah dibandingkan kota lain yang tidak menerapkan sistem ini.

Simulasi model oleh Lai Shengjie dan Andrew Tatem dari University of Southampton, UK menunjukkan, jika sistem deteksi dini dan isolasi ini diberlakukan 1 minggu lebih awal, dapat mencegah 67% kasus, dan jika diimplentasikan 3 minggu lebih awal, dapat memotong 95% dari jumlah total yang terinfeksi, bahkan bukan hanya negara tapi kota, tempat awal virus ini muncul yakni Kota Wuhan, mereka sukses menekan angka penyebaran dengan karantina wilayah.

Karantina Wilayah mungkin akan menggangu stabilitas ekonomi terlebih kita kota seribu industri. Namun, rasanya disaat seperti ini, keselamatan warga Kabupaten Tangerang jauh lebih penting daripada perihal ekonomi itu. Seperti adagium yang tadi saya sebutkan, “Keselamatan Rakyat Adalah Hukum Tertinggi”. Kita semua tidak ingin mendengar korban lebih banyak lagi.

Pak Bupati, saya mengapresiasi dengan sigapnya Pemda mengalokasikan anggaran 47 Mliyar untuk pencegahan Covid-19. Walau belum tahu untuk pencegahan yang seperti apa (?).

Tapi ini menjadi harapan, bahwa sekalipun mengharuskan karantina wilayah, Pemda pasti punya solusi untuk menyiasati pengelolaan dan penggunaan anggaran untuk membantu pemerintah pusat. Jika diperlukan anggaran kunjungan kerja para anggota dewan misalnya, atau pengeluaran SKPD yang tidak prioritas itu bisa dialihkan untuk mensubsidi kebutuhan pokok masyarakat selama Karantina Wilayah nanti.

Pak Bupati, kita pasti sepakat, Covid-19 ini pandemi global yang tidak bisa dianggap remeh. Wabah ini musibah yang luar biasa, sehingga penangananya tidak boleh dengan kebijakan yang biasa saja, seperti yang sudah dilakukan.

Pahit memang juga mengerikan, tapi kita tidak punya banyak waktu dan tidak punya banyak pilihan. Saya kira Karantina Wilayah harus segera dibahas dan direncanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang.

Terlebih pemerintah pusat sedang mempersiapkan Peraturan Pemerintah (PP) soal Karantina Wilayah.

Jadi tak ada salahnya kalau kita bergerak lebih awal seperti kota-kota lain? Sehingga memiliki waktu yang lebih lama untuk membuat formulasinya. Juga memiliki waktu yang lebih lama untuk berkoordinasi dengan Kepolisian dan Dinas Perhubungan, serta instansi terkait.

Pak, saya yakin, saya tidak sendiri, aktivis organisasi lain juga rasanya sedang mempersiapkan hal serupa, meminta bapak untuk melakukan dan mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang lebih solutif, termasuk Karantina Wilayah.

Pak Bupati, terakhir saya dengar mungkin salah satu rencana mulia bapak, membuat Wisma Atlet Griya Anabatic, Perumahan Dasana Indah, Kelurahan Bojong Nangka, Kecamatan Kelapa Dua, sebagai tempat isolasi. Tapi dayung tak bersambut, rencana tersebut mendapat penolakan dari warga setempat. Semoga menjadi pertimbangan.

Akhirul kalam, saya berdoa semoga Covid-19 segera menghilang dari Kabupaten yang sama-sama kita cintai ini.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Tangerang, 30 Maret 2020

Bagus M. Rijal

 4,362 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

TANGERANG | Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Tangerang kembali ditunda. Setelah tiga kali tidak jadi. Penundaan Pilkades ini disampaikan langsung oleh Bupati, Wakil...

KOTA TANGERANG | Kasus pungutan liar dana Bantuan Sosial Tunai (BST) yang ditemukan Tri Rismaharini di Kecamatan Karang Tengah membuat Pemerintah Kota Tangerang bertindak...

TANGERANG | Penutupan akses pintu keluar Pasar Cisoka oleh pengembang beberapa hari lalu menuai polemik. Pasalnya, ada banyak warga yang terisolir dan tidak bisa...

TANGERANG | Penyelesaian sengketa tanah yang merupakan salah satu fokus dari program reformasi agraria Presiden Joko Widodo hingga kini belum terlaksana dengan baik. Terutama jika...

VINUS TV

BERITA TERBARU

Edukasi Masyarakat, Mahasiswa UNIBA Gelar Seminar Penyuluhan Kesehatan

SERANG | Sekelompok mahasiswa dari Universitas Bina Bangsa yang sedang menjalankan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM), menggelar seminar penyuluhan kesehatan masyarakat. Kegiatan yang bertemakan "Upaya Pencegahan...

Batara Festival Hadir di Solear, Menyediakan Food and Drink

TANGERANG | Guna memajukan atau meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat sekitar, khususnya warga Perumahan Batara, kini hadir gerai kuliner Batara Festival. Lokasinya sangat strategis, di pintu...

Direktur Eksekutif Perekat Demokrasi: Keberadaan CSO Harus Diperkuat Peranannya

TANGERANG | Perkumpulan Masyarakat untuk Demokrasi (Perekat Demokrasi) menggelar diskusi. Tentang "Pemetaan Sumberdaya Lokal untuk Memperkuat Peran CSO di Daerah". Dilaksanakan secara daring, pada Jumat,...

Konflik Agraria Semakin Nyata, Isu Mafia Tanah Belum Juga Terurai

TANGERANG | Penyelesaian sengketa tanah yang merupakan salah satu fokus dari program reformasi agraria Presiden Joko Widodo hingga kini belum terlaksana dengan baik. Terutama jika...

Pilkades Serentak Ditunda Lagi

TANGERANG | Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Tangerang kembali ditunda. Setelah tiga kali tidak jadi. Penundaan Pilkades ini disampaikan langsung oleh Bupati, Wakil...

Warga Protes Penutupan Akses, Bupati Tangerang: Sedang Proses Mediasi

TANGERANG | Penutupan akses pintu keluar Pasar Cisoka oleh pengembang beberapa hari lalu menuai polemik. Pasalnya, ada banyak warga yang terisolir dan tidak bisa...

Heboh Pungli Bansos, Wali Kota Tangerang: Tidak Akan Kita Tolerir

KOTA TANGERANG | Kasus pungutan liar dana Bantuan Sosial Tunai (BST) yang ditemukan Tri Rismaharini di Kecamatan Karang Tengah membuat Pemerintah Kota Tangerang bertindak...

Polresta Tangerang Ajak HMI ke Pemakaman Covid-19 dan RSUD Balaraja

TANGERANG | Setelah aksi di depan Gedung Bupati, Polresta Tangerang mengajak belasan Aktivis HMI ke pemakaman khusus Covid-19 dan RSUD Balaraja, pada Selasa malam,...

Demo Ricuh, Belasan Aktivis HMI Tangerang Dibawa Polisi

  TANGERANG | Belasan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dibawa ke Mapolresta Tangerang. Tidak lama saat demonstrasi menolak pemberlakukan PPKM, di depan Kantor Bupati, pada...

IKLAN

BERITA TERPOPULER

Setelah Didemo Warga Terkait BLT, Kepala Desa Lebak Wangi Gantung Diri

TANGERANG | Kabar duka datang dari Kepala Desa Lebak Wangi Kecamatan Sepatan Timur Kabupaten Tangerang. Setelah sebelumya didemo masyarakat terkait transparansi bantuan Covid-19, Kepala...

Warga Sekitar Kawasan Millenium Butuh Pekerjaan, Pabrik Lebih Memilih Titipan Dinas

TANGERANG | Puluhan warga berunjuk rasa di depan PT Green Source Indonesia (GSI) yang berlokasi Kawasan Industri Millenium Kelurahan Kaduagung Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang. Tidak...

Miris, BLT Pusat Terindikasi Diselewengkan Aparat Kelurahan Sukamulya

TANGERANG | Merasa janggal terkait undangan pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari APBN melalui Kantor Pos, Siti Aminah mempertanyakan bantuan yang hendak...

Ingin Mengajukan Bantuan Presiden Tanpa Antre, Begini Caranya

TANGERANG | Kabar baik bagi para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UMKM). Khususnya yang terdampak pandemi Covid-19. Lantaran pemerintah akan memberikan langsung Bantuan Presiden Produktif...

Digugat LBH Ansor, Alfian Tanjung Tak Punya Nyali Datangi Pengadilan

TANGERANG | Kasus penghinaan oleh Alfian Tanjung terhadap Banser terus berlanjut. Ketua Umum GP Ansor Gus Yaqut Cholil Qoumas didampingi pengacara LBH Ansor beserta...

Orang Tidak Dikenal Robek Al Qur’an dan Coret Musala di Tangerang

TANGERANG | Sebuah musala di Perumahan Villa Tangerang Elok Kelurahan Kutajaya Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang penuh dengan coretan. Setidaknya ada empat tulisan di dinding...

Dampak Covid-19, Ratusan Pekerja PT Universal Luggage Indonesia Diberhentikan

TANGERANG | Di tengah pandemi Covid-19, sebanyak 300 lebih tenaga kerja kontrak diberhentikan sepihak oleh PT Universal Luggage Indonesia. Perusahaan yang berlokasi di Desa...

AGENDA

BERITA TERKAIT

Batara Festival Hadir di Solear, Menyediakan Food and Drink

TANGERANG | Guna memajukan atau meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat sekitar, khususnya warga Perumahan Batara, kini hadir gerai kuliner Batara Festival. Lokasinya sangat strategis, di pintu...

Konflik Agraria Semakin Nyata, Isu Mafia Tanah Belum Juga Terurai

TANGERANG | Penyelesaian sengketa tanah yang merupakan salah satu fokus dari program reformasi agraria Presiden Joko Widodo hingga kini belum terlaksana dengan baik. Terutama jika...

Pilkades Serentak Ditunda Lagi

TANGERANG | Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Tangerang kembali ditunda. Setelah tiga kali tidak jadi. Penundaan Pilkades ini disampaikan langsung oleh Bupati, Wakil...

Warga Protes Penutupan Akses, Bupati Tangerang: Sedang Proses Mediasi

TANGERANG | Penutupan akses pintu keluar Pasar Cisoka oleh pengembang beberapa hari lalu menuai polemik. Pasalnya, ada banyak warga yang terisolir dan tidak bisa...

Polresta Tangerang Ajak HMI ke Pemakaman Covid-19 dan RSUD Balaraja

TANGERANG | Setelah aksi di depan Gedung Bupati, Polresta Tangerang mengajak belasan Aktivis HMI ke pemakaman khusus Covid-19 dan RSUD Balaraja, pada Selasa malam,...

Demo Ricuh, Belasan Aktivis HMI Tangerang Dibawa Polisi

  TANGERANG | Belasan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dibawa ke Mapolresta Tangerang. Tidak lama saat demonstrasi menolak pemberlakukan PPKM, di depan Kantor Bupati, pada...

Inspirasi Usaha Dari Tangerang, Budi Daya Maggot

TANGERANG | Beberapa bulan terakhir, budi daya maggot mulai dilirik masyarakat. Lantaran maggot memiliki banyak keunggulan, seperti mengandung protein tinggi dan berkualitas yang dibutuhkan...

IKLAN

SEPUTAR BANTEN

Edukasi Masyarakat, Mahasiswa UNIBA Gelar Seminar Penyuluhan Kesehatan

SERANG | Sekelompok mahasiswa dari Universitas Bina Bangsa yang sedang menjalankan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM), menggelar seminar penyuluhan kesehatan masyarakat. Kegiatan yang bertemakan "Upaya Pencegahan...

Setelah Dikritik, Sekwan Banten Batal Beli Mobil Mewah

BANTEN | Setelah mendapat kritik dari berbagai kalangan masyarakat, rencana pembelian empat mobil mewah sebagai kendaraan dinas untuk Pimpinan DPRD Provinsi Banten, akhirnya dibatalkan. Kepada...

Banten Terima Bantuan 120 Ton Oksigen

BANTEN | PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. (Chandra Asri) memberikan bantuan 120 Ton oksigen medis kepada pemerintah Provinsi Banten, pada Senin, (19/07). Bantuan tersebut diterima...

Babad Banten: Kebijakan PPKM Darurat Harus Diiringi Pemenuhan Kebutuhan Pokok

BANTEN | Ketua Umum DPP Ormas Kerabat dan Sahabat Kesultanan Banten (Babad Banten) Tubagus Soleh memahami realitas sosial politik yang sudah, sedang, dan akan...

Mathlab El Awam Kenalkan Pola Hidup Sehat Saat Pandemi

SERANG | Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Mathlab El Awam menggelar kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, bertempat di Desa Koper Kecamatan Cikande Kabupaten Serang, pada...

PPDB SMA Banyak Masalah, Ombudsman Panggil Dinas Pendidikan Provinsi Banten

BANTEN | Karut-marut proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA di Provinsi Banten berbuntut pemanggilan beberapa kepala dinas oleh Ombudsman RI Perwakilan Banten. Pemanggilan itu...

Pemuda Muhammadiyah Banten dan Pemuda PKS Gagas Gerakan Bersama

SERANG | Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Banten menerima kunjungan silaturahmi Bidang Kepemudaan Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (DPW PKS) Provinsi Banten di Gedung...

IKLAN

SEPUTAR DESA

Ini Jadwal dan Tahapan Pilkades Serentak Kabupaten Tangerang

TANGERANG | Jadwal tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 77 desa se-Kabupaten Tangerang telah selesai dibahas. Bahkan sudah mulai disosialisasikan oleh dinas terkait. Mulai...

Banyak Kejanggalan, Belasan Warga Cibadak Datangi Kecamatan, Persoalkan Penggunaan Dana Desa

TANGERANG | Penggunaan dana desa sejatinya diprioritaskan untuk membiayai pembangunan, pemberdayaan, dan penyelenggaraan pemerintahan desa. Transparansi penggunaan Dana Desa mutlak adanya. Agar publik bisa mengetahui....

Refleksi 7 Tahun UU Desa: Ingat, Desa Membangun, Bukan Membangun Desa

TANGERANG | Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa sudah memasuki tahun ketujuh. Sejak disahkan pada 15 Januari 2014. Dalam rangka refleksi 7 tahun terbitnya...

Pemdes Pete Tetapkan 362 Penerima BLT Dana Desa

TANGERANG | Pemerintahan Desa Pete Kecamatan Tigaraksa melakukan Musyawarah Desa. Agenda tersebut membahas validasi, finalisasi, serta penetapan calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang...

Realisasi Pembangunan Desa Bantar Panjang Banyak Masalah, Camat Tigaraksa Tetap Rekomendasi Pencairan

TANGERANG | Carut-marut realisasi pembangunan Desa Bantar Panjang Kecamatan Tigaraksa tidak berarti kucuran dana dari pemerintah tersendat. Hal ini terbukti dari terus berlangsung pencairan dana...

Pengumuman: Pilkades Tangerang Digelar Juli 2021

TANGERANG | Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 77 desa se-Kabupaten Tangerang akan digelar bulan Juli tahun ini. Adapun terkait tahapan dimulai pada...

Serdang Wetan Wakili Banten Dalam Ajang Pemilihan Desa Brilian Bacth 1 Tingkat Nasional

TANGERANG | Penghargaan tingkat nasional diberikan kepada 10 desa pada program Desa Brilian Bacth 1 tahun 2021 oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI). Salah satunya...