Surat Kasih Mahasiswa Untuk Bupati Tangerang Soal Karantina Wilayah

Peta Kabupaten Tangerang

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Teriring salam hormat dan doa, semoga Bapak Bupati senantiasa diberikan kesehatan dalam menjalankan tugas sehari-hari.

Perkenalkan pak, nama saya Bagus Muhamad Rijal, mahasiswa yang pernah belajar di Jurusan Hubungan Internasional. Bukan siapa-siapa, hanya salah satu warga yang mengagumi kepemimpinan dan program bapak dalam pembangunan di Kabupaten Tangerang.

Sebagaimana kita ketahui, beberapa waktu terakhir bangsa kita sedang mengalami musibah. Sangat menggemparkan: Covid-19.

Secara nasional, penyebarannya semakin meluas. Sejak kasus pertama terkonfirmasi. Tepatnya, 02 Maret 2020. Hingga hari ini, Senin, (29/03/2020) tercatat ada 1.285 kasus positif, 114 meninggal, dan 64 orang sembuh.

Tak terkecuali di Kabupaten Tangerang. Sejak pertama hingga hari ini, setidaknya ada 307 kasus ODP dan PDP, 18 orang positif, 1 orang sembuh, dan 1 orang meninggal.

Pak bupati, tentu kita semua berduka dengan terus menyebarnya virus ini. Berharap untuk segera teratasi tanpa ada lagi korban-korban berikutnya. Sehingga kita tidak menghabiskan waktu untuk saling menyalahkan. Namun dalam upaya menuntaskan kasus ini, kita harus sepakat bahwa: TIDAK CUKUP dengan imbauan semata.

Pak Bupati, saya dengar dan baca; Kabupaten yang sama-sama kita cintai ini sudah masuk dalam zona merah. Ini mengerikan pak.

Baru tadi saya mendapat kesempatan berbincang dengan salah satu penjual makanan disalah satu perumahan yang menggambarkan betapa ketatnya imbauan di kampung halamannya: Bandung. Aktivitas benar-benar berkurang, tapi di sini masih seperti biasa. Laki-laki asal Bandung itu pun keheranan.

Baru-baru ini juga, saya melakukan riset kecil soal Covid-19, mayoritas warganet kita ingin imbauan dan aksi yang lebih tegas bahkan sebagian lagi mendorong: Karantina Wilayah.

Saya mengapresiasi 4 langkah bapak dalam menetapkan status darurat, hingga meliburkan sekolah, melarang kerumunan, dan menunda kegiatan-kegiatan besar.

Tapi saya dan masyarakat kecil lain mempertanyakan, soal libur sekolah mungkin anak-anak yang diliburkan itu tidak akan tertular di sekolah tapi bagaimana dengan virus yang sangat besar kemungkinannya untuk dibawa oleh orang tua ke rumah?

Lagi pula kalau boleh jujur, imbauan pemerintah kepada masyarakat terbukti tidak mempan membatasi mobilitas.

Pak Bupati kalau boleh jujur lagi, penyebaran di daerah kita ini cukup cepat bahkan mungkin sangat cepat. Tapi bapak beruntung, masyarakat Kabupaten Tangerang sangat solid, di mana-mana warga melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri, organisasi banyak yang melakukan kegiatan berbagi masker, hand sanitizer, serta APD. Sehingga, pemerintah tetap terlihat memberikan solusi ditengah pandemi.

Mohon maaf jika tulisan ini mengganggu bapak, tapi akhir-akhir ini, saya perhatikan di media sosial Pemerintah Kabupaten dan Bapak pribadi belum ada kebijakan baru merespon zona merah ini.

Pak Bupati, saya pernah membaca adagium: Keselamatan Rakyat Adalah Hukum Tertinggi. Daerah-daerah lain, Tegal, Tasikmalaya, hingga Kalimantan Timur pelan tapi pasti rasanya memaknai adagium di atas dengan mulai melakukan Karantina Wilayah.

Karantina Wilayah adalah upaya untuk menutup sementara akses masuk dan keluar disuatu wilayah. Dengan basic ilmu Hubungan Internasional, saya membaca beberapa referensi, Karantina Wilayah ini pernah diterapkan dibeberapa wilayah di dunia. Misalnya, partial atau local lockdown di Provinsi Hubei, China telah terbukti efektif menurunkan kasus 37% lebih rendah dibandingkan kota lain yang tidak menerapkan sistem ini.

Simulasi model oleh Lai Shengjie dan Andrew Tatem dari University of Southampton, UK menunjukkan, jika sistem deteksi dini dan isolasi ini diberlakukan 1 minggu lebih awal, dapat mencegah 67% kasus, dan jika diimplentasikan 3 minggu lebih awal, dapat memotong 95% dari jumlah total yang terinfeksi, bahkan bukan hanya negara tapi kota, tempat awal virus ini muncul yakni Kota Wuhan, mereka sukses menekan angka penyebaran dengan karantina wilayah.

Karantina Wilayah mungkin akan menggangu stabilitas ekonomi terlebih kita kota seribu industri. Namun, rasanya disaat seperti ini, keselamatan warga Kabupaten Tangerang jauh lebih penting daripada perihal ekonomi itu. Seperti adagium yang tadi saya sebutkan, “Keselamatan Rakyat Adalah Hukum Tertinggi”. Kita semua tidak ingin mendengar korban lebih banyak lagi.

Pak Bupati, saya mengapresiasi dengan sigapnya Pemda mengalokasikan anggaran 47 Mliyar untuk pencegahan Covid-19. Walau belum tahu untuk pencegahan yang seperti apa (?).

Tapi ini menjadi harapan, bahwa sekalipun mengharuskan karantina wilayah, Pemda pasti punya solusi untuk menyiasati pengelolaan dan penggunaan anggaran untuk membantu pemerintah pusat. Jika diperlukan anggaran kunjungan kerja para anggota dewan misalnya, atau pengeluaran SKPD yang tidak prioritas itu bisa dialihkan untuk mensubsidi kebutuhan pokok masyarakat selama Karantina Wilayah nanti.

Pak Bupati, kita pasti sepakat, Covid-19 ini pandemi global yang tidak bisa dianggap remeh. Wabah ini musibah yang luar biasa, sehingga penangananya tidak boleh dengan kebijakan yang biasa saja, seperti yang sudah dilakukan.

Pahit memang juga mengerikan, tapi kita tidak punya banyak waktu dan tidak punya banyak pilihan. Saya kira Karantina Wilayah harus segera dibahas dan direncanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang.

Terlebih pemerintah pusat sedang mempersiapkan Peraturan Pemerintah (PP) soal Karantina Wilayah.

Jadi tak ada salahnya kalau kita bergerak lebih awal seperti kota-kota lain? Sehingga memiliki waktu yang lebih lama untuk membuat formulasinya. Juga memiliki waktu yang lebih lama untuk berkoordinasi dengan Kepolisian dan Dinas Perhubungan, serta instansi terkait.

Pak, saya yakin, saya tidak sendiri, aktivis organisasi lain juga rasanya sedang mempersiapkan hal serupa, meminta bapak untuk melakukan dan mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang lebih solutif, termasuk Karantina Wilayah.

Pak Bupati, terakhir saya dengar mungkin salah satu rencana mulia bapak, membuat Wisma Atlet Griya Anabatic, Perumahan Dasana Indah, Kelurahan Bojong Nangka, Kecamatan Kelapa Dua, sebagai tempat isolasi. Tapi dayung tak bersambut, rencana tersebut mendapat penolakan dari warga setempat. Semoga menjadi pertimbangan.

Akhirul kalam, saya berdoa semoga Covid-19 segera menghilang dari Kabupaten yang sama-sama kita cintai ini.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Tangerang, 30 Maret 2020

Bagus M. Rijal

 4,443 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

TANGERANG | Paradigma Indonesia baru-baru ini merilis hasil survei. Potret suara publik terkait beberapa tokoh yang layak menjadi Gubernur Banten. Survei Menuju Pilgub 2024 ini...

BANTEN | Temuan hasil survei jelang Pilgub Banten 2024 oleh Paradigma Indonesia menunjukan Rano Karno berada di posisi teratas. Baik tingkat keterkenalan maupun kesukaan. Hal...

SERANG | Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menyambut baik kerja sama yang digagas PT Serang Berkah Mandiri (SBM) selaku BUMD Pemkab Serang dengan produsen...

TANGERANG | Kabar duka, Pengasuh Pondok Pesantren Al Istiqlaliyah Cilongok Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang, Abuya Uci Cilongok tutup usia. Informasi yang dihimpun Vinus, Abuya...

VINUS TV

BERITA TERBARU

Lantik GEKRAFS Banten, Sandiaga Uno: Pelaku Ekonomi Kreatif Harus Menjadi Lokomotif Kesejahteraan

BANTEN | Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (DPW-GEKRAFS) Banten periode 2021-2024 resmi dilantik pada Sabtu, (04/12). Pelantikan yang bertempat di Bilangan Karawaci ini,...

Perempuan Cisadane Gandeng LUMINA, Ajak Pemuda Tangerang Lebih Produktif

TANGERANG | Perempuan Cisadane menyelenggarakan Seminar Pemuda. Tentang pengangguran di Tangerang. Menghadirkan beberapa pembicara dari berbagai latar belakang. Giat bareng ini mendapat dukungan dari LUMINA....

Gerebek Panti Pijat di Citra Raya, Polisi Tetapkan 3 Tersangka

TANGERANG | Panti pijat di Mardigras Citra Raya Kecamatan Cikupa digerebek Petugas Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Banten. Penggerebekan dilakukan lantaran panti pijat diduga...

LAKPESDAM NU Tangerang Ajak Civil Society Melek Isu Desa

TANGERANG | Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (LAKPESDAM) Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Tangerang mengajak penggerak Civil Society Organization dan intelektual melek isu...

Gandeng Nalaktak Kai, Taman Ide Gelar Workshop Olah Limbah Kayu

TANGERANG | Mengolah barang bekas menjadi bernilai ekonomis merupakan salah satu tujuan gelaran workshop yang digagas Taman Ide bersama pengrajin kayu Nalaktak Kai dan perusahaan...

Soal Putusan MK, Mahasiswa Minta Presiden Revisi UU Cipta Kerja

BANTEN | Mahkamah Konstitusi (MK) akhirnya memutuskan bahwa Undang-undang (UU) No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja inkonstitusional bersyarat. Meski demikian, dalam telekonferensi pers, Presiden...

Ribuan Warga Demo Bupati Lebak, Minta Perbaikan Jalan

LEBAK | Aliansi Masyarakat Peduli Pembangunan (AMPP) melakukan aksi. Menuntut agar ruas jalan Cikumpay–Ciparay, Kecamatan Panggarangan Kabupetan Lebak segera dibangun. Ribuan warga yang tersebar di...

BUMD Serang Gandeng Produsen Sepatu Berdayakan UMKM

SERANG | Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menyambut baik kerja sama yang digagas PT Serang Berkah Mandiri (SBM) selaku BUMD Pemkab Serang dengan produsen...

Rano Karno Masih Paling Populer di Banten, Ungguli Seluruh Kepala Daerah

BANTEN | Temuan hasil survei jelang Pilgub Banten 2024 oleh Paradigma Indonesia menunjukan Rano Karno berada di posisi teratas. Baik tingkat keterkenalan maupun kesukaan. Hal...

IKLAN

BERITA TERPOPULER

Bendera Negara Asing Berkibar di Klinik Milik PNS, Warga Minta Aparat Bertindak Tegas

TANGERANG | Pemandangan kurang pantas terjadi di Perumahan Villa Tangerang Elok Kelurahan Kuta Jaya Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang. Berkibar bendera Palestina tanpa berdampingan...

Setelah Didemo Warga Terkait BLT, Kepala Desa Lebak Wangi Gantung Diri

TANGERANG | Kabar duka datang dari Kepala Desa Lebak Wangi Kecamatan Sepatan Timur Kabupaten Tangerang. Setelah sebelumya didemo masyarakat terkait transparansi bantuan Covid-19, Kepala...

Warga Sekitar Kawasan Millenium Butuh Pekerjaan, Pabrik Lebih Memilih Titipan Dinas

TANGERANG | Puluhan warga berunjuk rasa di depan PT Green Source Indonesia (GSI) yang berlokasi Kawasan Industri Millenium Kelurahan Kaduagung Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang. Tidak...

Banten Berduka, Abuya Uci Cilongok Tutup Usia

TANGERANG | Kabar duka, Pengasuh Pondok Pesantren Al Istiqlaliyah Cilongok Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang, Abuya Uci Cilongok tutup usia. Informasi yang dihimpun Vinus, Abuya...

Banten Berduka, Qori Internasional Hawasyi Nawawi Tutup Usia

TANGERANG | Kabar duka datang dari Qori Internasional sekaligus pimpinan Pondok Pesantren Quran Annawawiyah, KH. Hawasyi Nawawi. Kepastian kabar duka itu dibagikan keluarga besar, santri,...

Miris, BLT Pusat Terindikasi Diselewengkan Aparat Kelurahan Sukamulya

TANGERANG | Merasa janggal terkait undangan pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari APBN melalui Kantor Pos, Siti Aminah mempertanyakan bantuan yang hendak...

Dampak Covid-19, Ratusan Pekerja PT Universal Luggage Indonesia Diberhentikan

TANGERANG | Di tengah pandemi Covid-19, sebanyak 300 lebih tenaga kerja kontrak diberhentikan sepihak oleh PT Universal Luggage Indonesia. Perusahaan yang berlokasi di Desa...

AGENDA

BERITA TERKAIT

Perempuan Cisadane Gandeng LUMINA, Ajak Pemuda Tangerang Lebih Produktif

TANGERANG | Perempuan Cisadane menyelenggarakan Seminar Pemuda. Tentang pengangguran di Tangerang. Menghadirkan beberapa pembicara dari berbagai latar belakang. Giat bareng ini mendapat dukungan dari LUMINA....

Gerebek Panti Pijat di Citra Raya, Polisi Tetapkan 3 Tersangka

TANGERANG | Panti pijat di Mardigras Citra Raya Kecamatan Cikupa digerebek Petugas Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Banten. Penggerebekan dilakukan lantaran panti pijat diduga...

LAKPESDAM NU Tangerang Ajak Civil Society Melek Isu Desa

TANGERANG | Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (LAKPESDAM) Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Tangerang mengajak penggerak Civil Society Organization dan intelektual melek isu...

Gandeng Nalaktak Kai, Taman Ide Gelar Workshop Olah Limbah Kayu

TANGERANG | Mengolah barang bekas menjadi bernilai ekonomis merupakan salah satu tujuan gelaran workshop yang digagas Taman Ide bersama pengrajin kayu Nalaktak Kai dan perusahaan...

Ada Kotak Uang di Toilet SPBU Bugel, Katanya Kencing Rp2000

  TANGERANG | Warga Tigaraksa mengeluh, masuk toilet SPBU Bugel Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang harus mengeluarkan uang. Untuk kencing saja Rp2000. Keluhan itu salah satunya datang...

Bikin Malu! Rebutan Limbah, Kades Pasir Bolang Kerahkan Warga Demo Perusahaan

TANGERANG | Warga Desa Pasir Bolang Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang mendatangi Gudang Alfamart. Menyampaikan tuntutan pengelolaan limbah kardus. Kedatangan puluhan warga diduga kuat karena kepentingan...

Warga Demo Alfamart, Minta Perhatikan Lingkungan Sekitar

TANGERANG | Kami minta PT Sumber Alfaria Tri Jaya atau gudang Alfamart memberikan hak pengelolaan limbah kepada warga sekitar. Demikian disampaikan masyarakat Desa Pasir Bolang...

IKLAN

SEPUTAR BANTEN

Lantik GEKRAFS Banten, Sandiaga Uno: Pelaku Ekonomi Kreatif Harus Menjadi Lokomotif Kesejahteraan

BANTEN | Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (DPW-GEKRAFS) Banten periode 2021-2024 resmi dilantik pada Sabtu, (04/12). Pelantikan yang bertempat di Bilangan Karawaci ini,...

Ribuan Warga Demo Bupati Lebak, Minta Perbaikan Jalan

LEBAK | Aliansi Masyarakat Peduli Pembangunan (AMPP) melakukan aksi. Menuntut agar ruas jalan Cikumpay–Ciparay, Kecamatan Panggarangan Kabupetan Lebak segera dibangun. Ribuan warga yang tersebar di...

BUMD Serang Gandeng Produsen Sepatu Berdayakan UMKM

SERANG | Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menyambut baik kerja sama yang digagas PT Serang Berkah Mandiri (SBM) selaku BUMD Pemkab Serang dengan produsen...

Kisah Rizki, Anak Tukang Kue Berhasil Lolos Tes Polisi

BANTEN | Meski terlahir dari keluarga kurang mampu, tak menyurutkan niat Rizki untuk menggapai cita-citanya menjadi seorang anggota polisi. Hal itu terungkap saat tim Humas...

Indikasi Gelapkan Uang BLT, Mantan Kepala Desa Ini Terancam Penjara Seumur Hidup

LEBAK | AU, mantan Kepala Desa Pasindangan (49), Kecamatan Cileles, Kabupaten Lebak diduga telah menggelapkan uang Bantuan Langsung Tunai (BLT) milik warganya. Informasi yang dihimpun,...

Tol Serang-Rangkas Diresmikan, Gubernur Banten: Saya Bangga

BANTEN | Jalan Tol Serang-Panimbang, Seksi I Serang-Rangkasbitung akhirnya diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Berlangsung di Gerbang Tol Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, pada Selasa, (16/11). Peresmian...

Perhatian! Mulai Besok Polisi Lakukan Operasi Zebra

  TANGERANG | Selama dua pekan, Direktorat Lalu lintas (Ditlantas) Polda Banten dan jajaran akan menggelar operasi Zebra Maung 2021. Mulai Senin, 15 hingga 28...

IKLAN

SEPUTAR DESA

Ini Jadwal dan Tahapan Pilkades Serentak Kabupaten Tangerang

TANGERANG | Jadwal tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 77 desa se-Kabupaten Tangerang telah selesai dibahas. Bahkan sudah mulai disosialisasikan oleh dinas terkait. Mulai...

Banyak Kejanggalan, Belasan Warga Cibadak Datangi Kecamatan, Persoalkan Penggunaan Dana Desa

TANGERANG | Penggunaan dana desa sejatinya diprioritaskan untuk membiayai pembangunan, pemberdayaan, dan penyelenggaraan pemerintahan desa. Transparansi penggunaan Dana Desa mutlak adanya. Agar publik bisa mengetahui....

Realisasi Pembangunan Desa Bantar Panjang Banyak Masalah, Camat Tigaraksa Tetap Rekomendasi Pencairan

TANGERANG | Carut-marut realisasi pembangunan Desa Bantar Panjang Kecamatan Tigaraksa tidak berarti kucuran dana dari pemerintah tersendat. Hal ini terbukti dari terus berlangsung pencairan dana...

Refleksi 7 Tahun UU Desa: Ingat, Desa Membangun, Bukan Membangun Desa

TANGERANG | Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa sudah memasuki tahun ketujuh. Sejak disahkan pada 15 Januari 2014. Dalam rangka refleksi 7 tahun terbitnya...

Pengumuman: Pilkades Tangerang Digelar Juli 2021

TANGERANG | Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 77 desa se-Kabupaten Tangerang akan digelar bulan Juli tahun ini. Adapun terkait tahapan dimulai pada...

Pemdes Pete Tetapkan 362 Penerima BLT Dana Desa

TANGERANG | Pemerintahan Desa Pete Kecamatan Tigaraksa melakukan Musyawarah Desa. Agenda tersebut membahas validasi, finalisasi, serta penetapan calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang...

Serdang Wetan Wakili Banten Dalam Ajang Pemilihan Desa Brilian Bacth 1 Tingkat Nasional

TANGERANG | Penghargaan tingkat nasional diberikan kepada 10 desa pada program Desa Brilian Bacth 1 tahun 2021 oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI). Salah satunya...