Peringati Kemerdekaan Sekaligus Muharram, Warga Perumahan Kalanganyar Gelar Lomba dan Santunan

Warga Perumahan Kalanganyar sedang menggelar perlombaan

PANDEGLANG | Beragam cara dilakukan dalam memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan RI. Salah duanya menggelar kegiatan lomba dan santunan anak yatim. Diselenggarakan oleh masyarakat Perumahan Bumi Kalanganyar Labuan, Kabupaten Pandeglang, pada Minggu, (30/08).

Saat diwawancara, Ketua RW Sobari mengapresiasi kegiatan tersebut. Hal itu dikarenakan warga Perumahan Bumi Kalanganyar melakukan konsep yang berbeda.

“Kami salut melihat jiwa sosial masyarakat Perumahan Bumi Kalanganyar yang luar biasa. Terbukti dari masing-masing warganya mendukung kegiatan ini. Termasuk, alhamdulillah juga bisa berbagi kepada ratusan anak yatim,” tuturnya.

Baca Juga

Senada dengan Sobari, Ketua RT Perumahan Kalanganyar Ujang menuturkan, dalam konsep acara kali ini warga juga memberikan sedikit hiburan bagi anak yatim dengan aneka perlombaan.

“Dalam kesempatan ini pula alhamdulillah kami bisa mengapresiasi warga terutama yang turut serta mengadakan lomba-lomba dan lain sebagainya,” lanjut Ketua RT.

Selain itu, Ujang berharap, gelaran lomba dan santunan ini bisa menyatukan tali silaturahim antar masyarakat khususnya.

“Ke depan, ketika ada hari-hari besar atau hari raya libur lainnya, warga pun berencana mengadakan kegiatan positif dan mengandung sosial seperti ini secara rutin,” ungkap Ujang.

Antusias Membuat Bubur Suro

Selain santunan yatim, warga Komplek Perumahan Kalanganyar juga antusias membuat bubur Suro. Dalam rangka peringatan 10 Muharram.

Warga mencoba selalu mempertahankan tradisi leluhur dengan membuat Bubur Suro setiap tahunnya.

Beberapa bapak-bapak, ibu-ibu nampak sibuk berbagi pekerjaan. Ada yang bergantian mengaduk-aduk bubur di wajan besar, ada juga yang memarut kelapa dan membuat bumbu.

Di samping mushola, mereka bergotong-royong mempersiapkan sajian yang dikenal dengan bubur suro untuk kemudian disantap bersama dan dibagikan ke warga dan sekitarnya.

“Ini tradisi tahunan warga di sini untuk membangun kebersamaan. Semua bahan-bahan pembuatan bubur ini berasal dari patungan warga,” kata Ketua RT Ujang saat ditemui di sela-sela acara.

Menurutnya, membuat bubur Suro dilakukan setiap memasuki 10 hari Bulan Muharram, atau Suro dalam kalender Jawa. Sebelumnya, warga juga ada yang berpuasa sunah pada bulan ini.

“Setahu saya ada yang berpuasa sunnah 2 hari, ada juga yang berpuasa dari tanggal 1 selama 9 hari,” ujar Ujang.

Masih menurut Ujang, tradisi selamatan ini digelar sebagai bentuk penghormatan dan memperingati peristiwa-peristiwa besar Islam pada masa lampau, selain bertujuan untuk membangun kebersamaan.

“Bubur Suro, dibuat dari beras, santan, garam, jahe, sereh, wortel, dan jenis kacang- kacangan seperti kacang tanah, kedelai, dan kacang merah yang di campur menjadi satu. Selain itu, tidak lupa dengan ikan asin sebagai lauknya agar lebih lengkap,” jelasnya.

Dari pantauan media di lokasi acara, pembuatan bubur oleh warga perumahan ini sangat antusias sekali. Terlihat saat membuatnya pun dengan penuh canda tawa. Tujuan digelarnya acara ini untuk meningkatkan sinergitas dan tali silaturahmi warga yang jarang berkumpul bersama.

Kegiatan bakti sosial santunan anak yatim ini digawangi oleh pemuda-pemudi yang mengatasnamakan Perumahan Muda Mudi Bersatu yang memiliki rasa kepedulian terhadap sesama.

Rheno, salah satu pengurus Perumahan Muda Mudi Bersatu menjelaskan, pada peringatan HUT ke-75 RI ini antusiasme masyarakat sangat tinggi dan kompak, ada kebersamaan dan kepedulian pemuda-pemudi di perumahan.

“Mereka sangat kompak, hal ini bertujuan agar kita selalu mengingat dan mengenang jasa para pahlawan kita yang telah gugur dan rela mengorbankan jiwa dan raganya demi merebut kemerdekaan Indonesia,” kata Rheno.

Sementara itu, Welly Zofie penyelenggara dari ibu-ibu perumahan mengatakan, pada acara peringatan HUT ke-75 RI , masyarakat mangadakan kegiatan yang berbeda yaitu bakti sosial santunan anak yatim dan berbagai macam perlombaan.

“Alhamdulilah, mudah-mudahan setiap tahunnya bisa memberi santunan kepada anak yatim. Biaya untuk kegiatan ini diperoleh dari parsitipasi warga dan donatur secara kebersamaan dan kepedulian hingga bisa terwujud,” ujarnya.

Baca Juga

Karnaval dan Sepeda Hias

Dalam rangka menyambut HUT RI ke 75, warga juga melakukan karnaval dengan berbagai aneka ragam penampilan. Mulai dari sepeda hias seperti peralatan perang tank baja dan berbagai macam rias gaya pejuang dan lainnya.

Anak-anak yang diikutsertakan dalam kegiatan tersebut pun, bernyanyi bersama selama pelaksanaan pawai berlangsung dengan membawa bendera merah putih.

 “Indonesia Raya, Merdeka,” teriak anak-anak peserta pawai karnaval.

Di tempat yang sama, salah satu tokoh masyarakat setempat Eko Supriatno mengatakan, semaraknya kegiatan pawai ditahun ini, berkat kekompakan warga yang menginginkan adanya pawai dalam bentuk karnaval. Pihaknya hanya bisa membangun dan memberikan apresiasi.

“Kegiatan pawai karnaval dan sepeda hias yang memadati jalan penuh antusiasme tersebut telah lancar dan tanpa ada kendala apa pun. Semua itu berkat kekompakan dan partisipasi warga,” ujar Eko.

Lomba sepeda hias yang dimulai pukul 07.00 WIB itu dibanjiri ratusan peserta.

Terus terang saya bangga terhadap masyarakat Komplek Perumahan Bumi Kalanganyar yang melaksanakan kegiatan pawai HUT RI ini dengan tertib dan kami mengapresiasi kegiatan ini,” tambahnya.

Menariknya para orang tua juga terlihat sigap mengawal anak-anak mereka. Apalagi, sepeda anak-anak itu terlihat cantik dan indah dengan penuh hiasan kertas warna-warni dan bendera merah putih.

Padahal, bahan-bahan yang dipergunakan untuk menghias dan aksesoris sepeda tersebut menggunakan barang bekas sebagai penambahnya.

Peserta melalui rute yang telah ditentukan mulai dan kembali finish di Lapangan Komplek Perumahan Kalanganyar. Sedangkan jarak tempuh pawai sepanjang Satu kilometer. Pelaksanaan pawai berjalan tertib dan lancar.

“Semua peserta lomba tidak saja anak-anak tapi ibu-ibu dan bapak-bapak. Sehingga, terjalin kebersamaan dan kekeluargaan diantara warga komplek perumahan,” kata Eko.

Selain sepeda hias, pihaknya juga menggelar berbagai macam lomba. Diantaranya, main bola pakai daster, kata berantai, permainan air, lomba Karaoke, Lomba Joget, dll.

“Sesuai kesepakatan, misal sepeda hias ini selain untuk memperkuat tali silaturahmi juga upaya trauma healing pada anak-anak guna menghilangkan kebosanan mereka akibat pandemi Covid-19 yang tidak tahu kapan akan selesai,” tandas Eko Supriatno. I HR

 1,686 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

TANGERANG | Peraturan Bupati Tangerang Nomor 16 Tahun 2021 tentang Tata Cara Pemilihan Kepala Desa Serentak Dalam Kondisi Bencana Non Alam Covid-19 telah diterbitkan...

JAKARTA | Elemen pemuda yang tergabung dalam Forum Pemuda Kebangsaan menggelar diskusi dengan tema Peluang Kepala Daerah Pada Pilpres 2024. Bertempat di Bakoel Koffie...

TANGERANG | Pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) bagi pekerja atau buruh wajib dibayarkan perusahaan secara penuh sekali dalam satu tahun. Hal ini mengacu pada Peraturan...

Oleh: Siska Marini* TANGGAL 21 April diperingati sebagai hari Kartini. Seorang pahlawan perempuan yang paling terkenal tanpa mengesampingkan peran dan jasa pahlawan perempuan lainnya. Perempuan, merupakan...

VINUS TV

BERITA TERBARU

Segera Ditertibkan, Pedagang Liar Akan Direlokasi Ke Pasar Pelangi Sepatan

TANGERANG | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang berencana segera melakukan penertiban pedagang liar di sejumlah lokasi Kecamatan Sepatan. Hal tersebut terungkap saat acara Sosialisasi Penertiban, pada...

Terkait THR Tahun Ini, Abdul Rohman: Perusahaan Harus Bayar Penuh

TANGERANG | Pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) bagi pekerja atau buruh wajib dibayarkan perusahaan secara penuh sekali dalam satu tahun. Hal ini mengacu pada Peraturan...

Menjadi Perempuan, Sebuah Refleksi Hari Kartini

Oleh: Siska Marini* TANGGAL 21 April diperingati sebagai hari Kartini. Seorang pahlawan perempuan yang paling terkenal tanpa mengesampingkan peran dan jasa pahlawan perempuan lainnya. Perempuan, merupakan...

Selama Ramadan, Rumah Tani Bagi-Bagi Takjil

LEBAK | Ramadan selalu menjadi bulan yang disambut penuh sukacita dan dinantikan karena begitu banyak hal yang dapat dirindukan. Misal berbuka puasa, tarawih, serta...

Gelar Diskusi, Forum Pemuda Kebangsaan Sepakat Calon Presiden 2024 Berangkat Dari Kepala Daerah

JAKARTA | Elemen pemuda yang tergabung dalam Forum Pemuda Kebangsaan menggelar diskusi dengan tema Peluang Kepala Daerah Pada Pilpres 2024. Bertempat di Bakoel Koffie...

Soroti Izin Lokasi Agung Intiland Group, Yunihar Arsyad: Pemkab Harus Tegas

TANGERANG | Pengembang Agung Intiland Group kembali mendapat sorotan lantaran diduga tidak konsisten melaksanakan izin lokasi yang diberikan Pemkab Tangerang. Kali ini datang dari Pengamat...

Peringati Harlah, PMII Se- Tangerang Gelar Dialog Publik dan Istigasah

TANGERANG | Puluhan Kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) se- Tangerang memperingati Hari Lahir (Harlah) PMII ke- 61, pada Sabtu, (17/04). Peringatan harlah juga dibarengi...

Polemik Sertifikat Tanah, Kades Cibugel: Mari Duduk Bersama

TANGERANG | Kepala Desa Cibugel Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang Haerul Saleh membantah menggelapkan sertifikat tanah. Bantahan ini keluar setelah beredar berita terkait pernyataan Haji...

Perekat Demokrasi Soroti Pelaksanaan Pilkades Serentak

TANGERANG | Peraturan Bupati Tangerang Nomor 16 Tahun 2021 tentang Tata Cara Pemilihan Kepala Desa Serentak Dalam Kondisi Bencana Non Alam Covid-19 telah diterbitkan...

IKLAN

BERITA TERPOPULER

Setelah Didemo Warga Terkait BLT, Kepala Desa Lebak Wangi Gantung Diri

TANGERANG | Kabar duka datang dari Kepala Desa Lebak Wangi Kecamatan Sepatan Timur Kabupaten Tangerang. Setelah sebelumya didemo masyarakat terkait transparansi bantuan Covid-19, Kepala...

Warga Sekitar Kawasan Millenium Butuh Pekerjaan, Pabrik Lebih Memilih Titipan Dinas

TANGERANG | Puluhan warga berunjuk rasa di depan PT Green Source Indonesia (GSI) yang berlokasi Kawasan Industri Millenium Kelurahan Kaduagung Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang. Tidak...

Miris, BLT Pusat Terindikasi Diselewengkan Aparat Kelurahan Sukamulya

TANGERANG | Merasa janggal terkait undangan pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari APBN melalui Kantor Pos, Siti Aminah mempertanyakan bantuan yang hendak...

Ingin Mengajukan Bantuan Presiden Tanpa Antre, Begini Caranya

TANGERANG | Kabar baik bagi para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UMKM). Khususnya yang terdampak pandemi Covid-19. Lantaran pemerintah akan memberikan langsung Bantuan Presiden Produktif...

Digugat LBH Ansor, Alfian Tanjung Tak Punya Nyali Datangi Pengadilan

TANGERANG | Kasus penghinaan oleh Alfian Tanjung terhadap Banser terus berlanjut. Ketua Umum GP Ansor Gus Yaqut Cholil Qoumas didampingi pengacara LBH Ansor beserta...

Orang Tidak Dikenal Robek Al Qur’an dan Coret Musala di Tangerang

TANGERANG | Sebuah musala di Perumahan Villa Tangerang Elok Kelurahan Kutajaya Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang penuh dengan coretan. Setidaknya ada empat tulisan di dinding...

Pungli Masuk Sekolah SMPN 1 Jambe Disoal

TANGERANG | Pungutan liar kerap dilakukan di berbagai institusi oleh oknum berwatak korup. Tak terkecuali pada lembaga pendidikan. Terlebih pada proses Penerimaan Peserta Didik...

AGENDA

BERITA TERKAIT

Protes Keputusan Muhaimin Iskandar, Belasan Pengurus PKB di Banten Keluar Dari Partai

PANDEGLANG | Musyawarah Cabang Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten menyisakan cerita. Muscab ke-5 ini diwarnai aksi walkout dan pengunduran diri beberapa Ketua...

Dukung Raperda Kebudayaan, Perkumpuan Seni Budaya Datangi DPRD Pandeglang

PANDEGLANG | Dewan Pengurus Daerah Perkumpulan Seni Budaya (PSB) Kabupaten Pandeglang mendukung lahirnya Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kebudayaan. Hal itu dibuktikan dengan hadirnya PSB Banten...

Cetak Kader Militan, GP Ansor Cimanuk dan Mandalawangi Gelar Diklatsar

PANDEGLANG| Gabungan Pengurus Anak Cabang Gerakan Pemuda ANSOR di Kabupaten Pandeglang menggelar Diklat Terpadu Dasar (DTD) Banser. Berlokasi di Pondok Pesantren Taajul Ulum Kecamatan...

Lomrah Warga Pandeglang, 16 Tahun Terbaring Lemah, Sangat Butuh Bantuan

PANDEGLANG | Lomrah (26) hanya bisa terbaring di rumah selama 16 tahun. Warga Cikupaen, Desa Bojongmanik, Kecamatan Sindangresmi, Pandeglang ini menderita lumpuh dan membuat...

Berawal Hendak Membuat Kopi, Kapolres Pandeglang: Keponakan Tikam Paman Sampai Mati

PANDEGLANG | Peristiwa nahas menimpa Raiman. Warga Desa Kadu Gadung Kecamatan Cipeucang Kabupaten Pandeglang ini tewas usai ditusuk HM yang tidak lain adalah keponakannya...

Tingkatkan Pengetahuan Organisasi, DPP GEMA MA Selenggarakan Leadership Camp 2020

PANDEGLANG | DPP Generasi Muda Mathla'ul Anwar (GEMA MA) terus meningkatkan pengetahuan dan kapasitas pengurus. Terutama terkait keorganisasian. Hal itu dibuktikan dengan suksesnya penyelenggaraan kegiatan...

Diketuk Malam Hari, Pengesahan APBD Pandeglang Dikritik Kelompok Cipayung

PANGEGLANG | Pelaksanaan rapat paripurna pengesahan APBD Kabupaten Pandeglang tahun 2021 menuai kritik dari aktivis mahasiswa Kelompok Cipayung. Selain dibahas pada malam hari, juga tidak...

IKLAN

SEPUTAR BANTEN

Selama Ramadan, Rumah Tani Bagi-Bagi Takjil

LEBAK | Ramadan selalu menjadi bulan yang disambut penuh sukacita dan dinantikan karena begitu banyak hal yang dapat dirindukan. Misal berbuka puasa, tarawih, serta...

Sah! Akhmad Muklis Darmawan Pimpin PMII Kota Serang

SERANG | Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Serang sukses menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) ke-XXII. Akhmad Muklis Darmawan terpilih sebagai ketua, masa khidmat 2021-2022. Satu...

Optimalisasi Kerja Sama Pengelolaan Pelabuhan, Isbandi Ardiwinata: Kita Awali Hari Ini

SERANG | Kerja sama antara PT Serang Berkah Mandiri (Perseroda) dan PT Inter Trias Abadi Indonesia memasuki babak baru. Setelah hampir satu tahun berjalan...

Terpilih Sebagai Koordinator Banten, BEM Untirta Akan Sampaikan Beberapa Gagasan Kepada Gubernur

BANTEN | Musyawarah Nasional Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) ke-14 memilih Untirta sebagai Koordinator Daerah Banten periode 2021-2022. Munas itu digelar dan dihadiri...

Presma Untirta: Tudingan Nasir Terhadap PT Krakatau Steel Tidak Berdasar

SERANG | Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menyikapi tudingan Anggota Komisi VII DPR RI, Muhammad Nasir...

HPN Banten Siap Awali Go Digital Dengan Membentuk Starup

BANTEN | Pengurus Wilayah (PW) Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) Provinsi Banten akan mengirim 19 pengusaha untuk mengikuti Digital Business Forum yang akan dilaksanakan di...

Kejati Banten: Kehadiran Media Penting Untuk Mencerdaskan Masyarakat

SERANG | Kehadiran Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) di Provinsi Banten diharapkan dapat mewujudkan informasi yang baik, sehat, dan berimbang. Menjadikan media sebagai alat...

IKLAN

SEPUTAR DESA

Banyak Kejanggalan, Belasan Warga Cibadak Datangi Kecamatan, Persoalkan Penggunaan Dana Desa

TANGERANG | Penggunaan dana desa sejatinya diprioritaskan untuk membiayai pembangunan, pemberdayaan, dan penyelenggaraan pemerintahan desa. Transparansi penggunaan Dana Desa mutlak adanya. Agar publik bisa mengetahui....

Refleksi 7 Tahun UU Desa: Ingat, Desa Membangun, Bukan Membangun Desa

TANGERANG | Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa sudah memasuki tahun ketujuh. Sejak disahkan pada 15 Januari 2014. Dalam rangka refleksi 7 tahun terbitnya...

Pemdes Pete Tetapkan 362 Penerima BLT Dana Desa

TANGERANG | Pemerintahan Desa Pete Kecamatan Tigaraksa melakukan Musyawarah Desa. Agenda tersebut membahas validasi, finalisasi, serta penetapan calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang...

Ini Jadwal dan Tahapan Pilkades Serentak Kabupaten Tangerang

TANGERANG | Jadwal tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 77 desa se-Kabupaten Tangerang telah selesai dibahas. Bahkan sudah mulai disosialisasikan oleh dinas terkait. Mulai...

Realisasi Pembangunan Desa Bantar Panjang Banyak Masalah, Camat Tigaraksa Tetap Rekomendasi Pencairan

TANGERANG | Carut-marut realisasi pembangunan Desa Bantar Panjang Kecamatan Tigaraksa tidak berarti kucuran dana dari pemerintah tersendat. Hal ini terbukti dari terus berlangsung pencairan dana...

Pengumuman: Pilkades Tangerang Digelar Juli 2021

TANGERANG | Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 77 desa se-Kabupaten Tangerang akan digelar bulan Juli tahun ini. Adapun terkait tahapan dimulai pada...

Soal Potongan Dana BLT, TSW Minta Polres Panggil Kepala Desa Pasanggrahan

TANGERANG | Musibah tidak menjadi pelajaran dan bahan muhasabah bagi Pemerintahan Desa Pasanggrahan Kecamatan Solear. Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebagai bentuk Jaring Pengaman Sosial (JPS)...