Peringati Kemerdekaan Sekaligus Muharram, Warga Perumahan Kalanganyar Gelar Lomba dan Santunan

Warga Perumahan Kalanganyar sedang menggelar perlombaan

PANDEGLANG | Beragam cara dilakukan dalam memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan RI. Salah duanya menggelar kegiatan lomba dan santunan anak yatim. Diselenggarakan oleh masyarakat Perumahan Bumi Kalanganyar Labuan, Kabupaten Pandeglang, pada Minggu, (30/08).

Saat diwawancara, Ketua RW Sobari mengapresiasi kegiatan tersebut. Hal itu dikarenakan warga Perumahan Bumi Kalanganyar melakukan konsep yang berbeda.

“Kami salut melihat jiwa sosial masyarakat Perumahan Bumi Kalanganyar yang luar biasa. Terbukti dari masing-masing warganya mendukung kegiatan ini. Termasuk, alhamdulillah juga bisa berbagi kepada ratusan anak yatim,” tuturnya.

Baca Juga

Senada dengan Sobari, Ketua RT Perumahan Kalanganyar Ujang menuturkan, dalam konsep acara kali ini warga juga memberikan sedikit hiburan bagi anak yatim dengan aneka perlombaan.

“Dalam kesempatan ini pula alhamdulillah kami bisa mengapresiasi warga terutama yang turut serta mengadakan lomba-lomba dan lain sebagainya,” lanjut Ketua RT.

Selain itu, Ujang berharap, gelaran lomba dan santunan ini bisa menyatukan tali silaturahim antar masyarakat khususnya.

“Ke depan, ketika ada hari-hari besar atau hari raya libur lainnya, warga pun berencana mengadakan kegiatan positif dan mengandung sosial seperti ini secara rutin,” ungkap Ujang.

Antusias Membuat Bubur Suro

Selain santunan yatim, warga Komplek Perumahan Kalanganyar juga antusias membuat bubur Suro. Dalam rangka peringatan 10 Muharram.

Warga mencoba selalu mempertahankan tradisi leluhur dengan membuat Bubur Suro setiap tahunnya.

Beberapa bapak-bapak, ibu-ibu nampak sibuk berbagi pekerjaan. Ada yang bergantian mengaduk-aduk bubur di wajan besar, ada juga yang memarut kelapa dan membuat bumbu.

Di samping mushola, mereka bergotong-royong mempersiapkan sajian yang dikenal dengan bubur suro untuk kemudian disantap bersama dan dibagikan ke warga dan sekitarnya.

“Ini tradisi tahunan warga di sini untuk membangun kebersamaan. Semua bahan-bahan pembuatan bubur ini berasal dari patungan warga,” kata Ketua RT Ujang saat ditemui di sela-sela acara.

Menurutnya, membuat bubur Suro dilakukan setiap memasuki 10 hari Bulan Muharram, atau Suro dalam kalender Jawa. Sebelumnya, warga juga ada yang berpuasa sunah pada bulan ini.

“Setahu saya ada yang berpuasa sunnah 2 hari, ada juga yang berpuasa dari tanggal 1 selama 9 hari,” ujar Ujang.

Masih menurut Ujang, tradisi selamatan ini digelar sebagai bentuk penghormatan dan memperingati peristiwa-peristiwa besar Islam pada masa lampau, selain bertujuan untuk membangun kebersamaan.

“Bubur Suro, dibuat dari beras, santan, garam, jahe, sereh, wortel, dan jenis kacang- kacangan seperti kacang tanah, kedelai, dan kacang merah yang di campur menjadi satu. Selain itu, tidak lupa dengan ikan asin sebagai lauknya agar lebih lengkap,” jelasnya.

Dari pantauan media di lokasi acara, pembuatan bubur oleh warga perumahan ini sangat antusias sekali. Terlihat saat membuatnya pun dengan penuh canda tawa. Tujuan digelarnya acara ini untuk meningkatkan sinergitas dan tali silaturahmi warga yang jarang berkumpul bersama.

Kegiatan bakti sosial santunan anak yatim ini digawangi oleh pemuda-pemudi yang mengatasnamakan Perumahan Muda Mudi Bersatu yang memiliki rasa kepedulian terhadap sesama.

Rheno, salah satu pengurus Perumahan Muda Mudi Bersatu menjelaskan, pada peringatan HUT ke-75 RI ini antusiasme masyarakat sangat tinggi dan kompak, ada kebersamaan dan kepedulian pemuda-pemudi di perumahan.

“Mereka sangat kompak, hal ini bertujuan agar kita selalu mengingat dan mengenang jasa para pahlawan kita yang telah gugur dan rela mengorbankan jiwa dan raganya demi merebut kemerdekaan Indonesia,” kata Rheno.

Sementara itu, Welly Zofie penyelenggara dari ibu-ibu perumahan mengatakan, pada acara peringatan HUT ke-75 RI , masyarakat mangadakan kegiatan yang berbeda yaitu bakti sosial santunan anak yatim dan berbagai macam perlombaan.

“Alhamdulilah, mudah-mudahan setiap tahunnya bisa memberi santunan kepada anak yatim. Biaya untuk kegiatan ini diperoleh dari parsitipasi warga dan donatur secara kebersamaan dan kepedulian hingga bisa terwujud,” ujarnya.

Baca Juga

Karnaval dan Sepeda Hias

Dalam rangka menyambut HUT RI ke 75, warga juga melakukan karnaval dengan berbagai aneka ragam penampilan. Mulai dari sepeda hias seperti peralatan perang tank baja dan berbagai macam rias gaya pejuang dan lainnya.

Anak-anak yang diikutsertakan dalam kegiatan tersebut pun, bernyanyi bersama selama pelaksanaan pawai berlangsung dengan membawa bendera merah putih.

 “Indonesia Raya, Merdeka,” teriak anak-anak peserta pawai karnaval.

Di tempat yang sama, salah satu tokoh masyarakat setempat Eko Supriatno mengatakan, semaraknya kegiatan pawai ditahun ini, berkat kekompakan warga yang menginginkan adanya pawai dalam bentuk karnaval. Pihaknya hanya bisa membangun dan memberikan apresiasi.

“Kegiatan pawai karnaval dan sepeda hias yang memadati jalan penuh antusiasme tersebut telah lancar dan tanpa ada kendala apa pun. Semua itu berkat kekompakan dan partisipasi warga,” ujar Eko.

Lomba sepeda hias yang dimulai pukul 07.00 WIB itu dibanjiri ratusan peserta.

Terus terang saya bangga terhadap masyarakat Komplek Perumahan Bumi Kalanganyar yang melaksanakan kegiatan pawai HUT RI ini dengan tertib dan kami mengapresiasi kegiatan ini,” tambahnya.

Menariknya para orang tua juga terlihat sigap mengawal anak-anak mereka. Apalagi, sepeda anak-anak itu terlihat cantik dan indah dengan penuh hiasan kertas warna-warni dan bendera merah putih.

Padahal, bahan-bahan yang dipergunakan untuk menghias dan aksesoris sepeda tersebut menggunakan barang bekas sebagai penambahnya.

Peserta melalui rute yang telah ditentukan mulai dan kembali finish di Lapangan Komplek Perumahan Kalanganyar. Sedangkan jarak tempuh pawai sepanjang Satu kilometer. Pelaksanaan pawai berjalan tertib dan lancar.

“Semua peserta lomba tidak saja anak-anak tapi ibu-ibu dan bapak-bapak. Sehingga, terjalin kebersamaan dan kekeluargaan diantara warga komplek perumahan,” kata Eko.

Selain sepeda hias, pihaknya juga menggelar berbagai macam lomba. Diantaranya, main bola pakai daster, kata berantai, permainan air, lomba Karaoke, Lomba Joget, dll.

“Sesuai kesepakatan, misal sepeda hias ini selain untuk memperkuat tali silaturahmi juga upaya trauma healing pada anak-anak guna menghilangkan kebosanan mereka akibat pandemi Covid-19 yang tidak tahu kapan akan selesai,” tandas Eko Supriatno. I HR

 1,841 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

TANGERANG | Perhelatan Musyawarah Daerah (Musda) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Tangerang tinggal menghitung hari. Beberapa figur mulai bermunculan. Salah satu kandidat yang siap...

TANGERANG | Seorang Balita di Desa Pasir Muncang Kecamatan Jayanti mengalami kurang gizi. Kondisi bayi usia 8 bulan tersebut begitu memprihatinkan. Bayi bernama Maudi itu...

Oleh: Muhdi Perdiansyah* SANTRI, ketika mendengar kata ini apa yang terlitas di pikiran ? Ya, mungkin jawabannya ialah kaum sarungan, berkopiah, atau pun yang mengkaji...

TANGERANG | Saya siap maju memperebutkan kursi Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Tangerang pada Musda XV mendatang. Kesiapan perebutan pucuk pimpinan induk organisasi...

VINUS TV

BERITA TERBARU

Diduga Perampokan, Sopir Duel dengan Penumpang 

TANGERANG | Duel antara sopir taksi online dengan penumpangnya terjadi di Desa Sindang Sono, Kecamatan Sindang Jaya pada Jumat, (22/10) pukul 23.00. Diduga akan dirampok penumpangnya,...

Nok Ida Daftar Calon Ketua KNPI, Tim Pemenangan: Ini Bukti Keseriusan

TANGERANG | Ketua KNPI Kecamatan Rajeg Nok Ida datangi Graha Pemuda. Mendaftarkan diri sebagai bakal calon ketua KNPI Kabupaten Tangerang. Kedatangan Nok Ida didampingi oleh...

Memaknai Hari Santri Nasional

Oleh: Muhdi Perdiansyah* SANTRI, ketika mendengar kata ini apa yang terlitas di pikiran ? Ya, mungkin jawabannya ialah kaum sarungan, berkopiah, atau pun yang mengkaji...

Andika Hazrumy: Banten Pengekspor Ekonomi Kreatif Terbesar, Tapi Partisipasi Generasi Milenial Masih Rendah

BANTEN | Berdasarkan data Kemenparekraf RI, Provinsi Banten merupakan pengekspor ekonomi kreatif ketiga terbesar nasional. Namun, di sisi lain partisipasi generasi milenial pada sektor...

Peringati Hari Santri, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Launching Aplikasi NU Tangerang

TANGERANG | Peringatan Hari Santri Nasional yang jatuh pada bulan Oktober, selalu dirayakan setiap tahunnya. Tak terkecuali oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Tangerang. Tahun...

Panitia Musda KNPI: Setelah Verifikasi Jumlah Pemilih Ada 107 Suara

TANGERANG | Steering Committee (SC) Musda ke-XV KNPI Kabupaten Tangerang telah menetapkan peserta dan peninjau. Termasuk jumlah undangan.  Hari ini, rangkaian Musda memasuki tahapan pendaftaran...

Jelang Musda, Nok Ida Nyatakan Siap Maju Sebagai Calon Ketua KNPI   

TANGERANG | Perhelatan Musyawarah Daerah (Musda) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Tangerang tinggal menghitung hari. Beberapa figur mulai bermunculan. Salah satu kandidat yang siap...

Maudi, Balita Asal Tangerang Derita Kurang Gizi

TANGERANG | Seorang Balita di Desa Pasir Muncang Kecamatan Jayanti mengalami kurang gizi. Kondisi bayi usia 8 bulan tersebut begitu memprihatinkan. Bayi bernama Maudi itu...

Rakernas JMSI Akan Dihadiri Ketua DPR dan Dewan Pers

SEMARANG | Walikota Semarang Hendrar Prihadi menyambut baik dan sangat mendukung penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) di Kota...

IKLAN

BERITA TERPOPULER

Bendera Negara Asing Berkibar di Klinik Milik PNS, Warga Minta Aparat Bertindak Tegas

TANGERANG | Pemandangan kurang pantas terjadi di Perumahan Villa Tangerang Elok Kelurahan Kuta Jaya Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang. Berkibar bendera Palestina tanpa berdampingan...

Setelah Didemo Warga Terkait BLT, Kepala Desa Lebak Wangi Gantung Diri

TANGERANG | Kabar duka datang dari Kepala Desa Lebak Wangi Kecamatan Sepatan Timur Kabupaten Tangerang. Setelah sebelumya didemo masyarakat terkait transparansi bantuan Covid-19, Kepala...

Warga Sekitar Kawasan Millenium Butuh Pekerjaan, Pabrik Lebih Memilih Titipan Dinas

TANGERANG | Puluhan warga berunjuk rasa di depan PT Green Source Indonesia (GSI) yang berlokasi Kawasan Industri Millenium Kelurahan Kaduagung Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang. Tidak...

Miris, BLT Pusat Terindikasi Diselewengkan Aparat Kelurahan Sukamulya

TANGERANG | Merasa janggal terkait undangan pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari APBN melalui Kantor Pos, Siti Aminah mempertanyakan bantuan yang hendak...

Ingin Mengajukan Bantuan Presiden Tanpa Antre, Begini Caranya

TANGERANG | Kabar baik bagi para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UMKM). Khususnya yang terdampak pandemi Covid-19. Lantaran pemerintah akan memberikan langsung Bantuan Presiden Produktif...

Banten Berduka, Qori Internasional Hawasyi Nawawi Tutup Usia

TANGERANG | Kabar duka datang dari Qori Internasional sekaligus pimpinan Pondok Pesantren Quran Annawawiyah, KH. Hawasyi Nawawi. Kepastian kabar duka itu dibagikan keluarga besar, santri,...

Ini Jadwal dan Tahapan Pilkades Serentak Kabupaten Tangerang

TANGERANG | Jadwal tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 77 desa se-Kabupaten Tangerang telah selesai dibahas. Bahkan sudah mulai disosialisasikan oleh dinas terkait. Mulai...

AGENDA

BERITA TERKAIT

Geger Kerajaan Angling Dharma, Eko Supriatno: Ini Sebuah Kritik Absennya Peran Pemerintah

PANDEGLANG | Warga Banten khususnya Pandeglang digegerkan dengan kemunculan kerajaan baru, yakni Kerajaan Angling Dharma. Selain menjadi perhatian publik, fenomena kemunculan kerajaan di Kampung Salangsari...

Babak Akhir Heboh Kerajaan Angling Darma, Juru Bicara Baginda: Dari Awal Kami Tidak Mengatakan Kerajaan

PANDEGLANG | Bupati Pandeglang Irna Narulita buka suara terkait munculnya Kerajaan Angling Dharma. Setelah musyawarah para pihak dilakukan. Kepada publik, Irna menyampaikan, pria yang dijuluki...

Kabar Bahagia! Populasi Badak Jawa Bertambah Dua Ekor

PANDEGLANG | Kabar bahagia datang dari Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK). Pasalnya dua anak Badak Jawa (Rhenoceros Sondaicus) kembali terlihat pada kamera video trap. Melalui...

Komunitas Baraya Labuan Gagas Diskusi Publik Bulanan

PANDEGLANG | Komunitas Baraya Labuan menggagas Diskusi Publik Bulanan sebagai media pengembangan nalar dan pengetahuan. Diskusi Publik Bulanan tersebut memiliki fungsi sebagai tempat berkumpul, silaturrahmi,...

Protes Keputusan Muhaimin Iskandar, Belasan Pengurus PKB di Banten Keluar Dari Partai

PANDEGLANG | Musyawarah Cabang Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten menyisakan cerita. Muscab ke-5 ini diwarnai aksi walkout dan pengunduran diri beberapa Ketua...

Dukung Raperda Kebudayaan, Perkumpuan Seni Budaya Datangi DPRD Pandeglang

PANDEGLANG | Dewan Pengurus Daerah Perkumpulan Seni Budaya (PSB) Kabupaten Pandeglang mendukung lahirnya Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kebudayaan. Hal itu dibuktikan dengan hadirnya PSB Banten...

Cetak Kader Militan, GP Ansor Cimanuk dan Mandalawangi Gelar Diklatsar

PANDEGLANG| Gabungan Pengurus Anak Cabang Gerakan Pemuda ANSOR di Kabupaten Pandeglang menggelar Diklat Terpadu Dasar (DTD) Banser. Berlokasi di Pondok Pesantren Taajul Ulum Kecamatan...

IKLAN

SEPUTAR BANTEN

Andika Hazrumy: Banten Pengekspor Ekonomi Kreatif Terbesar, Tapi Partisipasi Generasi Milenial Masih Rendah

BANTEN | Berdasarkan data Kemenparekraf RI, Provinsi Banten merupakan pengekspor ekonomi kreatif ketiga terbesar nasional. Namun, di sisi lain partisipasi generasi milenial pada sektor...

Bus Rombongan Ziarah Asal Curug Alami Kecelakaan Beruntun

TANGERANG | Empat bus pariwisata yang membawa rombongan peziarah mengalami kecelakaan beruntun di Tol Tangerang-Merak KM 69, pada Sabtu, (16/10). Dalam rekaman video amatir yang...

Respons Tindakan Polisi, GEMA Mathla’ul Anwar Banten: Seharusnya Tidak Dengan Kekerasan

BANTEN | Reaksi terhadap aksi polisi yang membanting mahasiswa saat unjuk rasa di Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang mendapat tanggapan dari berbagai kalangan. Kali ini datang...

GEMA Mathla’ul Anwar Dukung Erick Tohir Bersihkan Indikasi Korupsi Krakatau Steel

BANTEN | Dewan Pimpinan Pusat Generasi Muda (DPP GEMA) Mathla'ul Anwar mendukung langkah Erick Thohir bersih-bersih BUMN. Termasuk PT Krakatau Steel. Pasalnya, perusahaan pelat merah...

Keterbukaan Informasi Publik Sebuah Keniscayaan

BANTEN | Informasi publik merupakan satu kebutuhan dan suatu keniscayaan di tengah masyarakat yang semakin terbuka. Sebab seluruh masyarakat berhak mengakses informasi yang dimiliki...

Dinilai Cacat Hukum, HPN Se-Banten Menolak Konferwil Mambruk

BANTEN | Konferensi Wilayah (Konferwil) Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) yang sedianya akan digelar pada Sabtu, (09/10) mendatang, mendapat penolakan dari Pengurus Cabang (PC) HPN...

Refleksi HUT Banten ke-21: Korupsi, Kemiskinan, dan Pengangguran Masih Jadi Persoalan

BANTEN | Provinsi Banten genap berusia 21 tahun, tepat hari ini, Senin 04 Oktober 2021. Peringatan HUT tahun ini Pemprov mengusung tema ‘Banten Sehat,...

IKLAN

SEPUTAR DESA

Ini Jadwal dan Tahapan Pilkades Serentak Kabupaten Tangerang

TANGERANG | Jadwal tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 77 desa se-Kabupaten Tangerang telah selesai dibahas. Bahkan sudah mulai disosialisasikan oleh dinas terkait. Mulai...

Banyak Kejanggalan, Belasan Warga Cibadak Datangi Kecamatan, Persoalkan Penggunaan Dana Desa

TANGERANG | Penggunaan dana desa sejatinya diprioritaskan untuk membiayai pembangunan, pemberdayaan, dan penyelenggaraan pemerintahan desa. Transparansi penggunaan Dana Desa mutlak adanya. Agar publik bisa mengetahui....

Realisasi Pembangunan Desa Bantar Panjang Banyak Masalah, Camat Tigaraksa Tetap Rekomendasi Pencairan

TANGERANG | Carut-marut realisasi pembangunan Desa Bantar Panjang Kecamatan Tigaraksa tidak berarti kucuran dana dari pemerintah tersendat. Hal ini terbukti dari terus berlangsung pencairan dana...

Refleksi 7 Tahun UU Desa: Ingat, Desa Membangun, Bukan Membangun Desa

TANGERANG | Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa sudah memasuki tahun ketujuh. Sejak disahkan pada 15 Januari 2014. Dalam rangka refleksi 7 tahun terbitnya...

Pemdes Pete Tetapkan 362 Penerima BLT Dana Desa

TANGERANG | Pemerintahan Desa Pete Kecamatan Tigaraksa melakukan Musyawarah Desa. Agenda tersebut membahas validasi, finalisasi, serta penetapan calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang...

Pengumuman: Pilkades Tangerang Digelar Juli 2021

TANGERANG | Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 77 desa se-Kabupaten Tangerang akan digelar bulan Juli tahun ini. Adapun terkait tahapan dimulai pada...

Serdang Wetan Wakili Banten Dalam Ajang Pemilihan Desa Brilian Bacth 1 Tingkat Nasional

TANGERANG | Penghargaan tingkat nasional diberikan kepada 10 desa pada program Desa Brilian Bacth 1 tahun 2021 oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI). Salah satunya...